Kisi-kisi UN Bahasa Indonesia Tahun 2015-2016
Silakan dibaca, dipahami, didiskusikan, dan ditanyakan kepada guru, bila perlu!
| No | Indikator soal |
| 1 | memaknai istilah |
| 2 | mengidentifikasi informasi tersurat |
| 3 | mengidentifikasi kata yang bermakna simbolik/majas/ kias dalam karya sastra |
| 4 | memaknai isi tersurat dalam karya sastra |
| 5 | menentukan istilah/ kata yang tepat sesuai konteks |
| 6 | mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata |
| 7 | mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi |
| 8 | mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat |
| 9 | mengartikan kata |
| 10 | mengidentifikasi kesalahan pengguanaan ejaan (judul sapaan/gelar, nama kota, kata depan) |
| 11 | mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca |
| 12 | menemukan ide pokok |
| 13 | menemukan inti kalimat |
| 14 | menentukan makna rujukan |
| 15 | menyimpulkan isi tersirat dalam teks nonsastra |
| 16 | menyimpulkan isi tersirat dalam teks nonsastra (sebab konflik, akibat konflik, nilai moral) |
| 17 | menyimpulkan hubungan antar bagian cerpen/novel |
| 18 | melengkapi unsur teks eksposisi |
| 19 | melengkapi unsur teks deskripsi |
| 20 | melengkapi unsur teks narasi |
| 21 | melengkapi teks sastra |
| 22 | melengkapi teks ulasan |
| 23 | melengkapi teks prosedur |
| 24 | menggunakan istilah dalam kalimat |
| 25 | menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata) |
| 26 | menggunakan ejaan |
| 27 | menggunakan tanda baca |
| 28 | membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa teks |
| 29 | menyimpulkan perbedaan dan persamaan isi |
| 30 | membandingkan penggunan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks (berita, eksposisi, prosedur, editorial, ulasan/resensi) |
| 31 | mengomentari isi teks |
| 32 | menunjukkan bukti suatu simpulan |
| 33 | membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur) |
| 34 | menganalisis hubungan antar bagian karya sastra |
| 35 | membuktikan simpulan dengan data pada karya sastra (bukti watak, seting, nilai) |
| 36 | mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini |
| 37 | menilai keunggulan/ kelemahan karya sastra |
| 38 | meringkas isi karya sastra |
| 39 | mengurutkan unsur teks |
| 40 | memvariasikan kata yang bermakna sama |
| 41 | memvariasikan kalimat yang bertujuan sama |
| 42 | menyusun paragraf dari beberapa data |
| 43 | menggabungkan beberapa kalimat dengan konjungsi yang sesuai |
| 44 | memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat |
| 45 | memperbaiki kesalahan penggunaan paragraf |
| 46 | menentukan alasan dari segi pilihan kata, kalimat paragraf |
| 47 | memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan |
| 48 | memperbaiki kesalahan pengunaan tanda baca |
| 49 | menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar