Senin, 01 Agustus 2016


Latihan untuk kelas X:

Kerjakan dengan melacak informasi lewat media, lalu jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut, dan kirimkan jawaban Anda lewat komen dalam blog ini!
  1. Setelah membaca teks di atas, jawablah pertanyaan di bawah ini secara tepat.
  2. Apakah D’topeng Museum Angkut itu?
  3. Sebutkan topeng apa yang disimpan di D’topeng?
  4. Jelaskan bagaimana gambaran barang tradisional koleksi D’topeng?
  5. Jelaskan bagaimana gambaran barang kuno koleksi D’topeng?
  6. Apa manfaat D’topeng?

56 komentar:

Bella Ridiannita mengatakan...

2. Museum Topeng adalah salah satu tempat wisata yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur. tempat tersebut berisi topeng dengan berbagai model dan bentuk. Namun, tempat itu tidak hanya berisi topeng, tetapi juga berisi pameran benda-benda berupa barang tradisional dan barang antik. Topeng, barang tradisional, dan barang antik dalam museum ini dapat dikelompokkan menjadi lima jenis berdasarkan bahan pembuatannya, yaitu berbahan kayu, batu, logam, kain, dan keramik.

3. Tempat tersebut dapat dikelompokkan menjadi dua bagian
berdasarkan bahan dasarnya, yaitu yang berbahan dasar kayu dan batu.
• Topeng berbahan kayu sebagian besar berasal dari daerah Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jakarta, dan Jawa Barat.
• Topeng yang berbahan batu berasal dari daerah sekitar Sulawesi dan Maluku.

4. Barang-barang tradisional yang mengisi etalase-etalase yang berisi perhiasan wanita zaman dahulu yang berbahan dasar logam, batik-batik motif lama, dan hiasan rumah kuno. Berdasarkan bahan dasarnya, barang-barang tersebut juga dapat dikelompokkan menjadi empat, yaitu :
• berbahan dasar kayu seperti hiasan rumah berupa kepala kerbau asal
Toraja,
• berbahan dasar batuseperti alat penusuk jeruk asal Batak,
• berbahan dasar logam seperti pisau sunat dan perhiasan logam asal
Sumba, dan yang
• berbahan dasar kain seperti batik berbagai motif asal Yogyakarta
dan Jawa Tengah.

5. barang kuno yang masih dianggap bernilai seni tinggi atau biasa disebut barang antik. Barang-barang antik seperti guci tua, kursi antik, bantal arwah, mata uang zaman kerajaan-kerajaan. Barang-barang tersebut dapat pula digolongkan menjadi dua jenis berdasarkan bahan pembuatannya, yaitu:
• Barang antik berbahan dasar keramik di museum ini adalah guci-guci
tua peninggalan salah satu dinasti di China dan bantal yang
digunakan untuk bangsawan Dinasti Yuan (China) yang sudah meninggal.
• barang antik berbahan dasar logam adalah jinggaran coin (Kerajaan
Gowa), mata uang kerajaan Majapatih, koin VOC, dan kursi antik
asal Jawa Tengah.

6. a. sebagai media pelestarian budaya
b. sebagai konservasi benda-benda langkah agar terhindar dari
perdagangan illegal
c. sebagai sarana pembelajaran ilmu sejarah

Unknown mengatakan...

Nama : Ervina Sefa Guardiola
No. : 14
Kelas: X IIS 3
1. Salah satu tempat wisata yang terletak di Kota Batu Jawa Timur.
2. Topeng dari bahan kayu sebagian besar berasal dari daerah:Bali,Jawa Timur,Jawa Tengah,Yogyakarta,Jakarta dan Jawa Barat. Lalu,topeng yang berbahan batu berasal dari daerah sekitar Sulawesi dan Maluku.
3. Barang-barang tradisional seperti:senjata tradisional,perhiasan wanita jaman dahulu,benda berbahan dasar logam,batik batik motif lama dan hiasan rumah kuno.
4. Barang-barang kuno seperti:guci tua,kursi antik,bantal arwah,mata uang jaman kerajaan-kerajaan.
5. Benda-benda d'topeng dimanfaatkan sebagai media pelestarian budaya.

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Afandi mengatakan...

2. Museum Topeng adalah salah satu tempat wisata yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur. Tepatnya di Jl. Terusan Sultan Agung No. 2 Batu, Malang. Museum yang baru dibuka untuk umum pada 23 Mei 2014 ini didirikan oleh Reno Halsamer, seorang kolektor dari Surabaya.Disana dapat kita temui banyak topeng dan rekam jejak peninggalan agama Hindu, Buddha sampai Islam.

3. koleksi topeng di museum tersebut dibedakan menjadi 3:

-Topeng dari kayu: sebagian besarnya berasal dari daerah Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jakarta, dan Jawa Barat.

-Topeng dari batu: sebagian berasal dari daerah sekitar Sulawesi dan Maluku.

-Topeng dari Logam

4. Koleksi topeng-topeng tersebut diletakkan dalam lemari kaca besar yang terpisah berdasar asal daerahnya. Ada topeng dan pusaka khas asal Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi, Kalimantan hingga Papua. Namun yang paling berkesan adalah sebuah topeng asal Jawa Tengah yang menggambarkan figur Buddha dan pendeta Tionghoa. Topeng yang ditemukan di sekitar Candi Borobudur ini merupakan satu-satunya topeng yang memiliki ciri khas tersendiri. Sebab penutup muka kuno tersebut memiliki lima lapisan cat berbahan perada, sejenis tepung atau serbuk berwarna emas atau perak.

5. a. Salah satu koleksi yang cukup langka dan terkenal adalah kursi kerajaan Singaraja dari Bali. Ada pula patung kesuburan dari Pulau Lombok dan patung Yeni dari Pulau Leti di Nusa Tenggara Timur. Patung yang terbuat dari batu setinggi kurang lebih 50 cm ini diduga berasal dari masa Dong Song pada awal Masehi. Yang menarik, ada juga koleksi tertua dan sangat sakral di D’Topeng Kingdom yaitu topeng kematian dari daerah Sulawesi yang disebut patung Tao-tao. Menurut kepercayaan masyarakat Toraja, patung Tao-tao diyakini sebagai patung penjaga makam. Benda yang dianggap sakral dan magis ini cukup sulit didapatkan sebab usianya sudah sangat tua dan langka.

b. Koleksi berupa kitab suci Al-Quran kuno berusia ratusan tahun dan berbagai jenis wayang juga terpajang rapi di sebuah lemari kaca. Kitab-kitab tersebut konon merupakan peninggalan Sunan Kalijaga. Selain itu, terdapat keramik berbentuk piring dengan tulisan Arab yang bertuliskan surat Yasin dan beberapa jenis kaligrafi. Keramik-keramik itu berasal dari abad XIII sampai XIX, termasuk keramik berkaligrafi Arab peninggalan Dinasti Ming.

6.a.Indonesia dapat lebih terkenal di dunia dengan kekayaan budayanya.
b.dijadikan wahana pendidikan sejarah bagi anak-anak sekolah.
c.berfingsi untuk mendatangkan para wisatawan.
d.berguna untuk menambah devisa negara.
e.Sebagai tempat pelestarian topeng-topeng di Indonesia.
f.Pengenalan dan penghayatan peninggalan di Indonesia.

Nama : Afandi Nur C
Kelas : X IIS 3
No Abs : 3
Blog : http://www.cyberdimzalex007.co.vu/

Zahrani Firdaus / X IPS 2 mengatakan...

2. D' topeng museum angkut adalah salah satu tempat wisata yang terletak di Kota Batu , Jawa Timur yang keberadaanya tidak bisa dipisahkan dengan Museum Angkut karena kedua tempat ini berada di satu tempat yang sama dan berisi berabagai macam model topeng , barang antik , dan benda - benda tradisional.
3. topeng yang disimpan di D' topeng, yakni :
- topeng yang berbahan dasar kayu yang berasal dari daerah Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah , Yogyakarta , dan Jawa Barat .
- topeng yang berbahan dasar batu yang berasal dari daerah sekitar Sulawesi dan Maluku
4. Gambaran koleksi barang tradisional di D' topeng, yakni :
- barang - barang tradisional yang disimpan di dalam etalase, contohnya senjata, motif batik lama.
-hiasan rumah berbahan dasar kayu yang berbentuk kepala kerbau asal Toraja
-alat penusuk jeruk berbahan batu asal Batak
-alat pisau sunat berbahan dasar logam dari Sumba
- berbagai motif batik berbahan dasar kain asal Yogyakarata dan Jawa Tengah
5. Gambaran koleksi barang kuno di D'topeng, yakni :
- guci tua berbahan dasar keramik peninggalan Dinasti China dan bantal yang digunakan untuk bangsawan Dinasti Yuan (China) yang sudah meninggal.
-Jinggaran koin berbahan dasar logam peninggalan Kerajaan Gowa
- mata uang berbahan dasar logam peninggalan kerajaan Majapahit
- Koin berabahan logam peninggalan VOC
- Kursi antik berbahan dasar logam asal Jawa Tengah
6. Manfaat D'topeng, yakni :
- sebagai ajang pameran
- sebagai media pelestarian budaya
- sebagai museum
- sebagai konservasi barang - barang langka agar terhindar dari perdangangan illegal.

arma zalfa nadifah mengatakan...

nama : arma zalfa nadifah
no : 8
kelas : x ips 2


2.d'topeng adalah salah satu tempat wisata di kota batu,jawa timur
yang tidak dapat dipisahkan dengan museum angkut karena dua tempat ini berada di satu tempat yang sama.museum ini tidak hanya berisi topeng,tetapi juga berisi barang tradisional dan barang antik.


3.topeng yang disimpan di museum d'topeng dikelompokkan menjadi 2 kelompok berdasarkan bahan dasarnya,yaitu berbahan dasar kayu yang sebagian besar berasal dari daerah bali,jawa timur,jawa tengah,yogyakarta,jakarta,dan jawa barat.sementara itu,topeng yang berbahan batu berasal dari daerah sekitarsulawesi dan maluku.


4.barang-barang tradisonal yang dipamerkan di museum ini adalah senjata tradisional,perhiasan wanita zaman dahulu yang berbahan dasar logam,batik-batik motif lama,dan hiasan rumah kuno.barang-barang tersebut dapat dikelompokkan menjadi 4 berdasarkan bahan dasarnya yaitu berbahan dasar kayu seperti hiasan rumah berupa kepla kerbau asal toraja,berbahan dasar batu seperti alat penusuk jeruk asal batak,berbahan dasar logam seperti pisau sunat dan perhiasan logam asal sumba,dan berbhan dasar kain seperti batik berbagai motif asal yogyakarta dan jawa tengah.


5.barang-barang kuno yang disimpan di museum ini adalah barang kuno yang sampai saat ini masih bernilai seni tinggi tau barang antik.seperti guci tua,kursi antik,bantal arwah.mata uang zaman kerajaan-kerajaan,dan lain sebagainya.barang-barang tersebut digolongkan menjadi 2 jenis berdasarkan bahan pembuatannya yaitu kermik,misalnya guci-guci tua peninggalan salah satu dinasti china dan bantal yang digunakan untuk bangsawan dinasti yuan (china) yang sudah meninggal.golongan yang kedua adalah barang yang berbahan dasar logam,misalnya jinggaran koin (kerajaan gowa),mata uang kerajaan,majapatih,koin voc,dan kursi antik asal jawa tengah.


6.fungsi museum d'topeng : 1.benda-benda yang berada di museum ini dipamerkan.2 dimnfaatkan sebagai media pelestarian budaya.3 berfungsi sebagai museum,sebagai konservasi benda-benda langka agar terhindar dari perdagangan ilegal.

catatan : sebelumnya saya minta maaf,karena tombol capslock pada laptop saya error,maka saya tidak bisa menggunakan huruf kapital pada kata-kata tertentu atau awalan kalimat yang seharusnya menggunakan huruf kapital.terima kasih :)

Unknown mengatakan...

Nama : Abdul Manaf
Kelas : X IPS 3
No Absen : 1



1. D’topeng adalah salah satu tempat wisata yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur. Keberadaan D’topeng tidak dapat dipisahkan dengan Museum Angkut karena kedua tempat ini berada di satu tempat yang sama. Tempat wisata ini seringkali disebut pula sebagai Museum Topeng karena memang berisi topeng dengan berbagai model dan bentuk.

2. yaitu yang berbahan dasar kayu dan batu. Topeng berbahan kayu sebagian besar berasal dari daerah Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jakarta, dan Jawa Barat. Sementara itu, topeng yang berbahan batu berasal dari daerah sekitar Sulawesi dan Maluku.

3. Barang-barang tradisional yang mengisi etalase-etalase museum ini adalah senjata tradisional, perhiasan wanita zaman dahulu yang berbahan dasar logam, batik-batik motif lama, dan hiasan rumah kuno. Berdasarkan bahan dasarnya, barang-barang tersebut juga dapat dikelompokkan menjadi empat, yaitu berbahan dasar kayu seperti hiasan rumah berupa kepala kerbau asal Toraja, berbahan dasar batu seperti alat penusuk jeruk asal Batak, berbahan dasar logam seperti pisau sunat dan perhiasan logam asal Sumba, dan yang berbahan dasar kain seperti batik berbagai motif asal Yogyakarta dan Jawa Tengah.


4. barang kuno yang sampai saat ini masih dianggap bernilai seni tinggi atau biasa disebut barang antik. Barang-barang antik seperti guci tua, kursi antik, bantal arwah, mata uang zaman kerajaan-kerajaan, dan benda-benda lain dapat dijumpai di dalam museum D’topeng. yaitu keramik dan logam. Barang antik berbahan dasar keramik di museum ini adalah guci-guci tua peninggalan salah satu dinasti di China dan bantal yang digunakan untuk bangsawan Dinasti Yuan (China) yang sudah meninggal.
yang berbahan dasar logam adalah jinggaran coin (Kerajaan Gowa), mata uang kerajaan Majapatih, koin VOC, dan kursi antik asal Jawa Tengah.


5. D’topeng ini juga dimanfaatkan sebagai media pelestarian budaya. Selanjutnya, D’topeng berfungsi pula sebagai museum, yaitu sebagai konservasi benda-benda langka agar terhindar dari perdagangan illegal.

Anonim mengatakan...

Nama :Rahma Esnaeni W.O
No :25
Kelas :X IPS 3


2. D'topeng museum angkut adalah salah satu tempat wisata yang terletak di kota Batu,Jawa Timur. Tempat ini sering disebut museum topeng karena berisi topeng dengan berbagai model dan bentuk. Tidak hanya itu,museum ini juga berisi pameran benda-benda berupa barang tradisional dan barang antik.

3. Topeng-topeng yang disimpan di D'topeng dikelompokkan menjadi 2 bagian berdasarkan bahan dasarnya,yaitu berbahan dasar kayu dan batu.
Berbahan kayu,sebagian besar berasal dari daerah Bali,Jawa Timur,Jawa Tengah,Yogyakarta,Jakarta,dan Jawa Barat.
Sedangkan topeng yang berbahan batu berasal dari daerah sekitar Sulawesi dan Maluku.

4. Gambaran barang trasisional koleksi D'topeng menurut bahan dasarnya dibedakan menjadi 4 yaitu :
- berbahan kayu
Hiasan rumah berupa kepala kerbau asal Toraja
- berbahan batu
Alat penusuk jeruk asal batak
-berbahan logam
Pisau sunat dan perhiasan logam asal Sumba
- berbahan kain
Seperti batik berbagai motif asal Yogyakarta dan Jawa Tengah.

5. Gambaran barang kuno koleksi D'topeng menurut bahan dasar pembuatannya dibedakan menjadi 2,yaitu :
- berbahan keramik
Guci tua peninggalan salah satu dinasti China dan bantal yang digunakan untuk bangsawan dinasti Yuan (China) yang sudah meninggal.
- berbahan logam
Jinggaran coin (Kerajaan Gowa),mata uang (Kerajaan Majapahit),koin VOC dan kursi antik asal Jawa Tengah.

6. Manfaat D'topeng adalah
- Digunakan untuk pameran
- Digunakan sebagai media pelestarian budaya
- Digunakan sebagai konservasi benda-benda langka agar terhindar dari perdagangan ilegal
- Sebagai sarana pendidikan.


Rahmaesnaeni mengatakan...

Nama :Rahma Esnaeni W.O
No :25
Kelas :X IPS 3


2. D'topeng museum angkut adalah salah satu tempat wisata yang terletak di kota Batu,Jawa Timur. Tempat ini sering disebut museum topeng karena berisi topeng dengan berbagai model dan bentuk. Tidak hanya itu,museum ini juga berisi pameran benda-benda berupa barang tradisional dan barang antik.

3. Topeng-topeng yang disimpan di D'topeng dikelompokkan menjadi 2 bagian berdasarkan bahan dasarnya,yaitu berbahan dasar kayu dan batu.
Berbahan kayu,sebagian besar berasal dari daerah Bali,Jawa Timur,Jawa Tengah,Yogyakarta,Jakarta,dan Jawa Barat.
Sedangkan topeng yang berbahan batu berasal dari daerah sekitar Sulawesi dan Maluku.

4. Gambaran barang trasisional koleksi D'topeng menurut bahan dasarnya dibedakan menjadi 4 yaitu :
- berbahan kayu
Hiasan rumah berupa kepala kerbau asal Toraja
- berbahan batu
Alat penusuk jeruk asal batak
-berbahan logam
Pisau sunat dan perhiasan logam asal Sumba
- berbahan kain
Seperti batik berbagai motif asal Yogyakarta dan Jawa Tengah.

5. Gambaran barang kuno koleksi D'topeng menurut bahan dasar pembuatannya dibedakan menjadi 2,yaitu :
- berbahan keramik
Guci tua peninggalan salah satu dinasti China dan bantal yang digunakan untuk bangsawan dinasti Yuan (China) yang sudah meninggal.
- berbahan logam
Jinggaran coin (Kerajaan Gowa),mata uang (Kerajaan Majapahit),koin VOC dan kursi antik asal Jawa Tengah.

6. Manfaat D'topeng adalah
- Digunakan untuk pameran
- Digunakan sebagai media pelestarian budaya
- Digunakan sebagai konservasi benda-benda langka agar terhindar dari perdagangan ilegal
- Sebagai sarana pendidikan.


Unknown mengatakan...

Nama : Fachrunisa Irwan
No : 15
Kelas : X IPS 3

2.Museum Topeng adalah salah satu tempat wisata yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur. Tepatnya di Jl. Terusan Sultan Agung No. 2 Batu, Malang. Museum yang baru dibuka untuk umum pada 23 Mei 2014 ini didirikan oleh Reno Halsamer, seorang kolektor dari Surabaya.

3.Topeng yang disimpan di museum tersebut dibedakan menjadi 2 yaitu:

Topeng dari kayu: sebagian besarnya berasal dari daerah Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jakarta, dan Jawa Barat.
Topeng dari batu: sebagian berasal dari daerah sekitar Sulawesi dan Maluku.

4.Gambaran barang tradisional koleksi D'topeng menurut bahan dasarnya dibedakan menjadi 4 yaitu :
a. Berbahan kayu, Hiasan rumah berupa kepala kerbau asal Toraja
b. Berbahan batu, Alat penusuk jeruk asal batak
c. Berbahan logam, Pisau sunat dan perhiasan logam asal Sumba
d. Berbahan kain, Seperti batik berbagai motif asal Yogyakarta dan Jawa Tengah.

5. Barang-barang antik seperti guci tua, kursi antik, bantal arwah, mata uang zaman kerajaan-kerajaan, dan benda-benda lain dapat dijumpai di dalam museum D’topeng. yaitu keramik dan logam. Barang antik berbahan dasar keramik di museum ini adalah guci-guci tua peninggalan salah satu dinasti di China dan bantal yang digunakan untuk bangsawan Dinasti Yuan (China) yang sudah meninggal.
yang berbahan dasar logam adalah jinggaran coin (Kerajaan Gowa), mata uang kerajaan Majapatih, koin VOC, dan kursi antik asal Jawa Tengah.

6.Manfaat D'topeng adalah sebagai berikut :
a. Digunakan untuk pameran
b. Digunakan sebagai media pelestarian budaya
c. Digunakan sebagai konservasi benda-benda langka agar terhindar dari perdagangan ilegal
d. Sebagai sarana pendidikan.

Unknown mengatakan...

Violetta Tantri Sekar Arum
No: 29
X IPS 3
2.Museum D'topeng merupakan museum yang berada di Jawa Timur.Letaknya satu tempat dengan museum angkut.Museum ini berisi barang-barang tradisioanal dan kuno,serta topeng
3.Topeng yang berada di Museum D'topeng,seperti berikut ini :
-Topeng Buto Terong
-Topeng Panji Asmorobangun dan Dewi Sekartaji
-Topeng penolak bala dan kematian dari Sulawesi
4.Gambaran Barang Tradisional museum D'Topeng :
-Mata uang zaman kerajaan
-Pisau sunat
-Penusuk jeruk dari Sumba
-hiasan rumah kepala kerbau terbuat dari kayu yang berasal dari Toraja
-Senjata dan perhiasan wanita zaman dahulu dari logam
5.Gambaran barang kuno Museum D'topeng:
a.Batik Motif lama
b.Guci Tua dari dinasti Cina
c.Bantal Arwah bangsawan dinasti Yuan(Cina)
d.Kursi antik
6.Manfaat D'topeng:
-Menambah wawasan dan pengetahuan tentang barang-barang peninggalan sejarah
-Media untuk pelestarian budaya
-Untuk rekreasi dan hiburan

Unknown mengatakan...

Nama : Eldiana Irine CO
No : 12
kelas: X IPS 3

1. D'topeng Museum Angkut adalah museum yang hadir dengan konsep unik dan beda, walaupun mengusung nama D'topeng. Museum ini bukan hanya menyimpan topeng-topeng saja. Namun, terdapat berbagai macam peninggalan bersejarah lainnya.

2. Topeng-topeng di D'topeng dibedakan menjadi 2 berdasarkan bahan dasarnya. Yaitu kayu dan batu diantaranya adalah Topeng Panji Asmarabangun & Dewi Sekartaji, Topeng Buto Terong, Topeng Gajah, Topeng Kera, dll.

3. Barang tradisional di D'topeng yang mengisi etalase-etalase museum diantaranya adalah senjata, perhiasan wanita zaman dahulu yang berbahan dasar logam, batik-batik motif lama, dan hiaaan rumah kuno

4. Barang kuno atau biasa disebut barang antik yang sampai saat ini masih dianggap bernilai seni tinggi. Koleksi museum D'topeng diantaranya seperti guci tua, kursi tua, bantal arwah, dan mata uang zaman kerajaan-kerajaan.

5. Manfaat dari D'topeng museum adalah sebagai tempat yang cocok digunakan untuk wisata edukasi bernilai tinggi dan sebagai konservasi benda-benda langka agar terhindar dari perdagangan ilegal.

Unknown mengatakan...

Violetta Tantri Sekar Arum
No: 29
X IPS 3
2.Museum D'topeng merupakan museum yang berada di Jawa Timur.Letaknya satu tempat dengan museum angkut.Museum ini berisi barang-barang tradisioanal dan kuno,serta topeng
3.Topeng yang berada di Museum D'topeng,seperti berikut ini :
-Topeng Buto Terong
-Topeng Panji Asmorobangun dan Dewi Sekartaji
-Topeng penolak bala dan kematian dari Sulawesi
4.Gambaran Barang Tradisional museum D'Topeng :
-Mata uang zaman kerajaan
-Pisau sunat
-Penusuk jeruk dari Sumba
-hiasan rumah kepala kerbau terbuat dari kayu yang berasal dari Toraja
-Senjata dan perhiasan wanita zaman dahulu dari logam
5.Gambaran barang kuno Museum D'topeng:
a.Batik Motif lama
b.Guci Tua dari dinasti Cina
c.Bantal Arwah bangsawan dinasti Yuan(Cina)
d.Kursi antik
6.Manfaat D'topeng:
-Menambah wawasan dan pengetahuan tentang barang-barang peninggalan sejarah
-Media untuk pelestarian budaya
-Untuk rekreasi dan hiburan

Unknown mengatakan...

Nama : Zickha Rahmania D.A
No:30
Kelas : X IPS 3

2. D' topeng museum angkut adalah salah satu tempat wisata yang terletak di Kota Batu , Jawa Timur yang keberadaanya tidak bisa dipisahkan dengan Museum Angkut.

3.Topeng yang disimpan di D' topeng, yakni :
- topeng yang berbahan dasar kayu
- topeng yang berbahan dasar batu
-topeng yang berbahan dasar logan

4.Gambaran barang trasisional koleksi D'topeng menurut bahan dasarnya dibedakan menjadi 4 yaitu :
- berbahan kayu
Hiasan rumah berupa kepala kerbau
- berbahan batu
Alat penusuk jeruk
-berbahan logam
Pisau sunat dan perhiasan logam
- berbahan kain
Seperti batik berbagai motif

5. Gambaran barang kuno koleksi D'topeng menurut bahan dasar pembuatannya dibedakan menjadi 2,yaitu :
- berbahan keramik
Guci tua peninggalan salah satu dinasti China dan bantal yang digunakan untuk bangsawan dinasti Yuan (China) yang sudah meninggal.
- berbahan logam
Jinggaran coin (Kerajaan Gowa),mata uang (Kerajaan Majapahit)

6.a.sebagai media pelestarian budaya
b. sebagai konservasi benda-benda langkah agar terhindar dari
perdagangan illegal
c. sebagai sarana pembelajaran ilmu sejarah

Unknown mengatakan...

Nama:dhia al fajr
absen: 12
kelas: XIPS1

D’topeng adalah salah satu tempat wisata yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur. Keberadaan D’topeng tidak dapat dipisahkan dengan Museum Angkut karena kedua tempat ini berada di satu tempat yang sama. Tempat wisata ini seringkali disebut pula sebagai museum topeng karena memang berisi topeng dengan berbagai model dan bentuk. Namun, D’topeng tidak hanya berisi topeng, tetapi juga berisi pameran benda-benda berupa barang tradisional dan barang antik.

2. topeng disana dikategorikan berdasarkan bahan dasarnya :
a.Kayu:banyak ditemiukan di bali, jawa timur, jawa tengah, Yogyakarta,Jakarta ,dan jawa barat
b.Batu: banyak ditemiukan disekitar Sulawesi dan Maluku
3. Barang-barang tradisional yang mengisi etalase-etalase museum ini adalah senjata tradisional, perhiasan wanita zaman dahulu yang berbahan dasar logam, batik-batik motif lama, dan hiasan rumah kuno. Berdasarkan bahan dasarnya, barang-barang tersebut juga dapat dikelompokkan menjadi empat, yaitu berbahan dasar kayu seperti hiasan rumah berupa kepala kerbau asal Toraja, berbahan dasar batu seperti alat penusuk jeruk asal Batak, berbahan dasar logam seperti pisau sunat dan perhiasan logam asal Sumba, dan yang berbahan dasar kain seperti batik berbagai motif asal Yogyakarta dan Jawa Tengah.

4.barang kuno di d’topeng adalah baranng-barang yang masih dianggap bernilai seni tinggi atau sering dikatakan sebagai barang antic seperti guci tua, kursi antik, bantal arwah, mata uang zaman kerajaan-kerajaan, dan benda-benda lain, barang antic di d’topeng bias digolong kan berdasarkan bahan pembuatannya yaitu keramik dan logam. Barang antik berbahan dasar keramik di museum ini adalah guci-guci tua peninggalan salah satu dinasti di China dan bantal yang digunakan untuk bangsawan Dinasti Yuan (China) yang sudah meninggal. Sementara itu, barang antik yang berbahan dasar logam adalah jinggaran coin (Kerajaan Gowa), mata uang kerajaan majapatih, koin VOC, dan kursi antik asal jawa Tengah
5. fungsi d’topeng : 1. Sebagai media pelestarian kebudayaan
2. Sebagai museum
3. Sebagai konversi benda langka agar tidak diperjual belikan

Jovanka Alka mengatakan...

Jovanka Alka Rizky M.A.C
X IPS 3 / 20

2.D’Topeng Museum Angkut itu adalah tempat wisata yang terletak di kota Batu, Jawa Timur. Yang berisi berbagai model dan bentuk, tetapi tidak hanya berisi topeng saja. Ada juga pameran yang berupa barang tradisional dan barang antik.

3.Topeng yang disimpan di D’Topeng dapat dikelompokkan menjadi dua bagian berdasarkan bahan dasarnya, yaitu berbahan dasar kayu dan batu.
a)Topeng berbahan dasar kayu sebagian besar berasal dari daerah Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jakarta, dan Jawa Barat.
b)Topeng yang berbahan dasar batu berasal dari daerah sekitar Sulawesi dan Maluku.

4.Barang-barang tradisional koleksi D’Topeng yang mengisi etalase-etalase yaitu senjata tradisional, perhiasan wanita zaman dahulu yang berbahan dasar logam, batik-batik motif lama, dan hiasan rumah kuno.
Berdasarkan bahan dasarnya, barang-barang tersebut dapat dikelompokkan menjadi empat yaitu :
a)Berbahan dasar kayu yaitu hiasan rumah berupa kepala kerbau asal Toraja.
b)Berbahan dasar batu yaitu alat penusuk jeruk asal Batak.
c)Berbahan dasar logam yaitu pisau sunat dan perhiasan logam asal Sunda.
d)Berbahan dasar kain yaitu batik berbagai motif asal Yogyakarta dan Jawa Tengah.

5.Barang-barang kuno atau antik koleksi D’Topeng seperti guci tua, kursi antik, bantal arwah, mata uang zaman kerajaan-kerajaan, dan benda-benda lain.
Berdasarkan bahan pembuatannya, barang-barang tersebut dapat dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu :
a)Berbahan dasar keramik yaitu guci-guci tua peninggalan salah satu dinasti di China dan bantal yang digunakan untuk bangsawan Dinasti Yuan (China) yang sudah meninggal.
b)Berbahan dasar logam yaitu jinggaran coin (Kerajaan Gowa), mata uang kerajaan Majapahit, koin VOC, dan kursi antik asal Jawa Tengah.

6.Manfaat D’Topeng yaitu sebagai media pelestarian budaya, sebagai konservasi benda-benda langka agar terhindar dari perdagangan ilegal, sebagai sarana pendidikan.

Cindykurniadewi mengatakan...

1. D'topeng museum angkut ialah salah satu tempat wisata yang terletak di kota Batu,Jawa Timur.
2. Topeng yang di simpan d D'topeng adalah topeng yang berbahan kayu dan topeng berbahan batu.
3. Barang tradisional koleksi D'topeng sangat di gunakan untuk mengisi elase-elase museum agar lebih menarik
4. Berbagai barang kuno di pamerkan di D'topeng dan merupakan hasil karya dari sabang sampai merauke.
5. Manfaat D'topeng adalah sebagai sarana wisata dan juga bisa digunakan sebagai sarana pendidikan.
Nama:cindy nur kurnia dewi
Kelas; X ips 3
No: 09

Unknown mengatakan...

Nama : HAFIDZ ARDIYANSYAH E
Kelas : 10 IIS 3
No : 18


1. Tempat Wisata yang terletak di Kota Batu,Jawa Timur.Tempat wisata ini seringkali disebut juga sebagai Museum Topeng karena memang berbagai model dan bentuk topeng.
2. Topeng yg disimpan di MUseum D'Topeng yaitu :

* Topeng yang berbahan kayu sebagian besar berasal dari daerah Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jakarta, dan Jawa Barat.
* Topeng yang berbahan batu berasal dari daerah sekitar Sulawesi dan Maluku.

3. Barang-barang tradisional yang mengisi etalase etalase Museum D'Topeng adalah senjata tradisional, perhiasan wanita zaman dahulu yang berbahan dasar logam, batik- batik motif lama, dan hiasan rumah kuno. Berdasarkan bahan dasarnya, barang-barang tersebut juga dapat dikelompokkan menjadi empat, yaitu berbahan dasar kayu seperti hiasan rumah berupa kepala kerbau asal Toraja, berbahan dasar batu seperti alat penusuk jeruk asal Batak, berbahan dasar logam seperti pisau sunat dan perhiasan logam asal Sumba, dan yang berbahan dasar kain seperti batik berbagai motif asal Yogyakarta dan Jawa Tengah.

4. Salah satu koleksi yang cukup langka dan terkenal di Museum D'Topeng adalah kursi kerajaan Singaraja dari Bali. Ada pula patung kesuburan dari Pulau Lombok dan patung Yeni dari Pulau Leti di Nusa Tenggara Timur. Patung yang terbuat dari batu setinggi kurang lebih 50 cm ini diduga berasal dari masa Dong Song pada awal Masehi. Yang menarik, ada juga koleksi tertua dan sangat sakral di Museum D’Topeng yaitu topeng kematian dari daerah Sulawesi yang disebut patung Tao-tao. Menurut kepercayaan masyarakat Toraja, patung Tao-tao diyakini sebagai patung penjaga makam. Benda yang dianggap sakral dan magis ini cukup sulit didapatkan sebab usianya sudah sangat tua dan langka.

Koleksi berupa kitab suci Al-Quran kuno yang berusia ratusan tahun dan berbagai jenis wayang juga terpajang dengan rapi di sebuah lemari kaca. Kitab-kitab tersebut konon merupakan peninggalan Sunan Kalijaga. Selain itu, di Museum D'Topeng juga terdapat keramik berbentuk piring dengan tulisan Arab yang bertuliskan surat Yasin dan beberapa jenis kaligrafi.Keramik-keramik itu berasal dari abad XIII sampai XIX, termasuk keramik berkaligrafi Arab peninggalan Dinasti Ming.

5. 1.Dijadikan Tempat Wisata
2.Tempat untuk pameran
3.Tempat digunakan sebagai media pelestarian budaya
4.Tempat digunakan sebagai konservasi benda-benda langka agar terhindar dari perdagangan ilegal
5.Tempat untuk ebagai sarana pendidikan.

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Nama : Sefa Avinka
No :28
Kelas : X IPS 3


2. D’topeng Museum Angkut adalah salah satu tempat wisata yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur yang berada di satu tempat yang sama dengan Museum Angkut. Tempat wisata ini memamerkan topeng dengan berbagai model dan barang – barang tradisional seperti senjata tradisional, perhiasan wanita zaman dahulu, batik – batik motif lama, dan hiasan rumah kuno.
3. Topeng yang disimpan di D’topeng antara lain :
- topeng yang berbahan dasar kayu : dari daerah Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah , Yogyakarta , dan Jawa Barat .
- topeng yang berbahan dasar batu : dari daerah sekitar Sulawesi dan Maluku
4. Barang tradisional koleksi D’topeng disimpan di etalase – etalase museum. Barang – barang tradisional tersebut berupa senjata tradisional, perhiasan wanita zaman dahulu yang berbahan dasar logam, batik-batik motif lama, dan hiasan rumah kuno. Barang – barang tradisional tersebut dikelompokkan berdasarkan bahan dasarnya menjadi empat :
- dari kayu : hiasan rumah berupa kepala kerbau asal Toraja,
- dari batu : alat penusuk jeruk asal Batak,
- dari logam : pisau sunat dan perhiasan logam asal Sumba, dan
- dari kain: batik berbagai motif asal Yogyakarta dan Jawa Tengah.
5. Barang kuno koleksi D’topeng sampai saat ini masih bernilai seni tinggi atau biasa disebut dengan istilah barang antik. Barang-barang antik seperti guci tua, kursi antik, bantal arwah, mata uang zaman kerajaan-kerajaan, dan benda-benda lain dapat dijumpai di dalam museum D’topeng. Barang – barang antik tersebut dikelompokkan berdasarkan bahan pembuatannya menjadi dua :
- dari keramik : guci-guci tua peninggalan dinasti di China dan bantal bangsawan China yang sudah meninggal
- dari logam : jinggaran coin (Kerajaan Gowa), mata uang kerajaan majapatih, koin VOC, dan kursi antik asal Jawa Tengah
6. manfaat D’topeng antara lain :
- sebagai tempat untuk merawat / melestarikan barang – barang yang sudah lama atau antik seperti topeng – topeng yang ada di museum D’topeng,
- sebagai sumber edukasi atau sarana pendidikan
- sebagai tempat rekreasi
- sebagai konservasi benda-benda langka agar terhindar dari perdagangan ilegal.

Unknown mengatakan...

Nama:Muh Duta Raflie z
No:22
Kelas:X IIS 3

2.D'topeng adalah salah satu tempat wisatayang terletak dikota batu Jawa Timur.Tempat wisata ini sering disebut museumtopeng karenabanyak terdapat topeng dengan motif dan asal yang berbeda-beda.D'topeng jugaberisi barang-barang tradisional dan barang antik.

3.Ada beragamJenis topeng di museum ini,topeng-topeng tersebut dapat dikelompokkan menjadi 2,yaitu yang berbahan dasar kayu dan batu.topeng berbahan dasar kayu sebagian besar berasal dari daerah Bali,Jawa timur,Jawa tengah,jogjakarta,jakarta,dan jawa barat.Sementara yang terbuat dari batu berasal dari daerah sekitar Sulawesi dan Maluku.

4.Barang-barang tradisional banyak mengisi etalase-etalase museum ini,seperti senjata tradisional,perhiasan wanita zaman dahulu yang terbuat dari logam,batik-batik motif lama,dan hiasan rumah kuno.

5.Barang-barang antik seperti guci tua,kursi antik,bantal arwah,mata uang zaman kerajaan-kerajaan,dan benda-benda lain dapat dijumpai di museum D'Topeng.yaitu keramik dan logam.Barang antik berbahan dasar keramik di museum ini adalah guci-guci tua peninggalan salah satu dinasti di China dan bantal yang digunakan untuk bangsawan dinasti yuan(china)yang sudah meninggal.yang berbahan dasar logam adalah jinggaran coin (kerajaan gowa) mata uang kerajaan majapahit,koin VOC dan kursi antik asal jawa tengah.

6.selain untuk pameran museum D'topeng juga dimanfaatkan sebagai media pelestarian budaya selanjutnya D'Topeng berfungsi juga sebagai museum,yaitu sebagai konservasi benda-benda langka agar terhindar dari perdagangan-perdagangan secara ilegal.

Unknown mengatakan...

Nama:Muh Duta Raflie z
No:22
Kelas:X IIS 3

2.D'topeng adalah salah satu tempat wisatayang terletak dikota batu Jawa Timur.Tempat wisata ini sering disebut museumtopeng karenabanyak terdapat topeng dengan motif dan asal yang berbeda-beda.D'topeng jugaberisi barang-barang tradisional dan barang antik.

3.Ada beragamJenis topeng di museum ini,topeng-topeng tersebut dapat dikelompokkan menjadi 2,yaitu yang berbahan dasar kayu dan batu.topeng berbahan dasar kayu sebagian besar berasal dari daerah Bali,Jawa timur,Jawa tengah,jogjakarta,jakarta,dan jawa barat.Sementara yang terbuat dari batu berasal dari daerah sekitar Sulawesi dan Maluku.

4.Barang-barang tradisional banyak mengisi etalase-etalase museum ini,seperti senjata tradisional,perhiasan wanita zaman dahulu yang terbuat dari logam,batik-batik motif lama,dan hiasan rumah kuno.

5.Barang-barang antik seperti guci tua,kursi antik,bantal arwah,mata uang zaman kerajaan-kerajaan,dan benda-benda lain dapat dijumpai di museum D'Topeng.yaitu keramik dan logam.Barang antik berbahan dasar keramik di museum ini adalah guci-guci tua peninggalan salah satu dinasti di China dan bantal yang digunakan untuk bangsawan dinasti yuan(china)yang sudah meninggal.yang berbahan dasar logam adalah jinggaran coin (kerajaan gowa) mata uang kerajaan majapahit,koin VOC dan kursi antik asal jawa tengah.

6.selain untuk pameran museum D'topeng juga dimanfaatkan sebagai media pelestarian budaya selanjutnya D'Topeng berfungsi juga sebagai museum,yaitu sebagai konservasi benda-benda langka agar terhindar dari perdagangan-perdagangan secara ilegal.

aikadea2583 mengatakan...

Nama:Nuraika Dea A
Kelas: X IPS 3
No : 24

2. D'topeng museum angkut adalah salah satu tempat wisata di kota batu,Jawa Timur.disebut juga dengan museum topeng karena berisi topeng berbagai model dan bentuk. tidak hanya topeng di situ juga terdapat barang kuno(barang antik).
3. Topeng yang di simpan di D'topeng dikelompokkan menjadi dua menurut bahannya adalah :
-berbahan kayu, dari daerah. Bali,Jawa Timur,Jawa Tengah,Yogyakarta,Jakarta,dan Jawa Barat
-berbahan batu, dari daerah Sulawesi dan Maluku.
4.gambaran barang tradisional koleksi D'topeng yang mengisi etalase-etalase museum ini adalah
-senjata tradisional
-perhiasan wanita zaman dahulu berbahan dasar logam(contoh :perhiasan logam asal Sumba)
-batik-batik motif lama,ct :motif batik dari Yogyakarta
-Hiasan rumah kuno(contoh :kepala kerbau asal Toraja)
-alat penusuk jeruk asal Batak
-pisau sunat dari Sumba
5.gambaran barang kuno koleksi D'topeng adalah masih dianggap bernilai seni tinggi(barang antik) contoh :
-guci tua,peninggalan dinasthi di China
-kursi antik
-bantal arwah,digunakan untuk bangsawan Dinasti Yuan(China)yang sudah meninggal
-mata uang zaman kerajaan-kerajaan
6.Manfaat D'topeng adalah sebagai media pelestarian budaya dan museum agar konservasi benda-benda langka agar terhindar dari perdagangan ilegal


Unknown mengatakan...

Dea Rahmawati
X IPS 3 / 10

2. D’topeng adalah salah satu tempat wisata yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur. Tempat wisata ini seringkali disebut pula sebagai Museum Topeng karena memang berisi topeng dengan berbagai model dan bentuk. Namun, D’topeng tidak hanya berisi topeng, tetapi juga berisi pameran benda-benda berupa barang tradisional dan barang antik. Topeng, barang tradisional, dan barang antik dalam museum ini dikelompokkan menjadi lima jenis berdasarkan bahan pembuatannya, yaitu berbahan kayu, batu, logam, kain, dan keramik.

3. Topeng yang di simpan di D’topeng dikelompokkan menjadi dua bagian berdasarkan bahan dasarnya, yaitu yang berbahan kayu dan batu. Topeng berbahan kayu sebagian besar berasal dari daerah Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jakarta, dan Jawa Barat. Sementara itu, topeng yang berbahan batu berasal dari daerah sekitar Sulawesi dan Maluku.

4. Barang-barang tradisional yang ada di museum D’topeng ini adalah senjata tradisional, perhiasan zaman dahulu yang berbahan dasar logam, batik-batik motif lama, dan hiasan rumah kuno. Berdasarkan bahan dasarnya, barang-barang tersebut juga dapat dikelompokkan menjadi empat :
 Berbahan dasar kayu -> seperti hiasan rumah berupa kepala kerbau asal Toraja.
 Berbahan dasar batu -> seperti alat penusuk jeruk asal Batak.
 Berbahan dasar logam -> seperti pisau sunat dan perhiasan logam asal Sumba.
 Berbahan dasar kain -> seperti batik berbagai motif asal Yogyakarta dan Jawa Tengah.

5. Koleksi barang-barang kuno museum D’topeng seperti guci tua, kursi antik, bantal arwah, mata uang zaman kerajaan-kerajaan, dan benda-benda antik lainnya. Barang-barang tersebut dapat pula dikelompokkan menjadi dua berdasarkan bahan pembuatannya, yaitu keramik dan logam.
 Barang antik berbahan dasar keramik di museum ini adalah guci-guci tua peninggalan salah satu dinasti di China dan bantal yang digunakan untuk bangsawan Dinasti Yuan (China) yang sudah meninggal.
 Barang antik berbahan dasar logam di museum ini adalah jinggaran coin (Kerajaan Gowa), mata uang kerajaan Majapahit, koin VOC, dan kursi antik asal Jawa Tengah.

6. Selain untuk dipamerkan, benda-benda di D’topeng ini juga dimanfaatkan sebagai media pelestarian budaya. Selanjutnya, D’topeng berfungsi pula sebagai museum, yaitu sebagai konservasi benda-benda langka agar terhindar dari perdagangan illegal.

daadisana mengatakan...

2. Museum Topeng adalah salah satu tempat wisata yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur. Tepatnya di Jl. Terusan Sultan Agung No. 2 Batu, Malang. Museum yang baru dibuka untuk umum pada 23 Mei 2014 ini didirikan oleh Reno Halsamer, seorang kolektor dari Surabaya.Disana dapat kita temui banyak topeng dan rekam jejak peninggalan agama Hindu, Buddha sampai Islam.

3. koleksi topeng di museum tersebut dibedakan menjadi 3:

-Topeng dari kayu: sebagian besarnya berasal dari daerah Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jakarta, dan Jawa Barat.

-Topeng dari batu: sebagian berasal dari daerah sekitar Sulawesi dan Maluku.

-Topeng dari Logam

4. Koleksi topeng-topeng tersebut diletakkan dalam lemari kaca besar yang terpisah berdasar asal daerahnya. Ada topeng dan pusaka khas asal Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi, Kalimantan hingga Papua. Namun yang paling berkesan adalah sebuah topeng asal Jawa Tengah yang menggambarkan figur Buddha dan pendeta Tionghoa. Topeng yang ditemukan di sekitar Candi Borobudur ini merupakan satu-satunya topeng yang memiliki ciri khas tersendiri. Sebab penutup muka kuno tersebut memiliki lima lapisan cat berbahan perada, sejenis tepung atau serbuk berwarna emas atau perak.

5. a. Salah satu koleksi yang cukup langka dan terkenal adalah kursi kerajaan Singaraja dari Bali. Ada pula patung kesuburan dari Pulau Lombok dan patung Yeni dari Pulau Leti di Nusa Tenggara Timur. Patung yang terbuat dari batu setinggi kurang lebih 50 cm ini diduga berasal dari masa Dong Song pada awal Masehi. Yang menarik, ada juga koleksi tertua dan sangat sakral di D’Topeng Kingdom yaitu topeng kematian dari daerah Sulawesi yang disebut patung Tao-tao. Menurut kepercayaan masyarakat Toraja, patung Tao-tao diyakini sebagai patung penjaga makam. Benda yang dianggap sakral dan magis ini cukup sulit didapatkan sebab usianya sudah sangat tua dan langka.

b. Koleksi berupa kitab suci Al-Quran kuno berusia ratusan tahun dan berbagai jenis wayang juga terpajang rapi di sebuah lemari kaca. Kitab-kitab tersebut konon merupakan peninggalan Sunan Kalijaga. Selain itu, terdapat keramik berbentuk piring dengan tulisan Arab yang bertuliskan surat Yasin dan beberapa jenis kaligrafi. Keramik-keramik itu berasal dari abad XIII sampai XIX, termasuk keramik berkaligrafi Arab peninggalan Dinasti Ming.

6. a.Indonesia dapat lebih terkenal di dunia dengan kekayaan budayanya.
b.dijadikan wahana pendidikan sejarah bagi anak-anak sekolah.
c.berfingsi untuk mendatangkan para wisatawan.
d.berguna untuk menambah devisa negara.
e.Sebagai tempat pelestarian topeng-topeng di Indonesia.
f.Pengenalan dan penghayatan peninggalan di Indonesia.

Unknown mengatakan...

NAMA : ADITYA DENY ISWOKO.
NO : 02.
KELAS : X IIS 3.

2. D'Topeng museum angkut adalah museum yang didirikan oleh Keno Halmaser seorang kolektor dari Surabaya yang di dalmnya terdapat konsep unik, beda, dan wajib dikunjungi.

3. - Topeng yang berasal dari daerah Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jakarta, dan Jawa Barat berbahan dasar kayu.
- Topeng yang berasal dari daerah Sulawesi dan Maluku berbahan dasar batu.

4. Tradisional:
- Hiasan rumah berupa kepala kerbau asal Toraja ->> berbahan dasar kayu.
- Alat penusuk jeruk asal Batak ->> berbahan dasar batu.
- Pisau sunat dan perhiasan logam asal Sumba ->> Berbahan dasar logam.
- Batik berbagai motif asal Yogyakarta dan Jawa Tengah ->> berbahan dasar kain.

5. Kuno:
- Dari keramik:
Guci tua peninggalan dinasti China dan bantal yang digunakan untuk bangsawan dinasti Yuan (China) yang sudah meninggal.
- Dari logam:
Jinggaran coin (Kerajaan Gowa),mata uang (Kerajaan Majapahit).

6. Manfaat D'Topeng:
>> Sarana pendidikan.
>> Sarana rekreasi.
>> Media pelestarian benda bersejarah.
>> sarana informasi.
>> menambahkan rasa cinta pada bendaa bersejarah.

Aprillya Tri Yanti (IPS 3) mengatakan...

2. D’topeng adalah salah satu tempat wisata yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur. Keberadaan D’topeng tidak dapat dipisahkan dengan Museum Angkut karena kedua tempat ini berada di satu tempat yang sama. Tempat wisata ini seringkali disebut pula sebagai Museum Topeng karena memang berisi topeng dengan berbagai model dan bentuk. D’topeng tidak hanya berisi topeng, tetapi juga berisi pameran benda-benda berupa barang tradisional dan barang antik. Topeng, barang tradisional, dan barang antik dalam museum ini dapat dikelompokkan menjadi lima jenis berdasarkan bahan pembuatannya, yaitu berbahan kayu, batu, logam, kain, dan keramik.
3. Ada beragam jenis topeng di museum ini. Topeng-topeng tersebut dapat dikelompokkan menjadi dua bagian berdasarkan bahan dasarnya, yaitu:
- Topeng berbahan kayu sebagian besar berasal dari daerah Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jakarta, dan Jawa Barat.
- Topeng berbahan batu berasal dari daerah sekitar Sulawesi dan Maluku.
4. Barang-barang tradisional juga dipamerkan di D’topeng. Barang-barang tradisional yang mengisi etalase-etalase museum ini adalah senjata tradisional, perhiasan wanita zaman dahulu yang berbahan dasar logam, batik-batik motif lama, dan hiasan rumah kuno. Berdasarkan bahan dasarnya, barang-barang tersebut juga dapat dikelompokkan menjadi empat, yaitu:
- berbahan dasar kayu seperti hiasan rumah berupa kepala kerbau asal Toraja,
- berbahan dasar batu seperti alat penusuk jeruk asal Batak,
- berbahan dasar logam seperti pisau sunat dan perhiasan logam asal Sumba,
- berbahan dasar kain seperti batik berbagai motif asal Yogyakarta dan Jawa Tengah.
5. Barang kuno yang sampai saat ini masih dianggap bernilai seni tinggi atau biasa disebut barang antik juga mengisi museum ini. Barang-barang antik seperti guci tua, kursi antik, bantal arwah, mata uang zaman kerajaan-kerajaan, dan benda-benda lain dapat dijumpai di dalam museum D’topeng. Barang-barang tersebut dapat pula digolongkan menjadi dua jenis berdasarkan bahan pembuatannya, yaitu:
- Barang antik berbahan dasar keramik adalah guci-guci tua peninggalan salah satu dinasti di China dan bantal yang digunakan untuk bangsawan Dinasti Yuan (China) yang sudah meninggal.
- Barang antik yang berbahan dasar logam adalah jinggaran coin (Kerajaan Gowa), mata uang kerajaan Majapatih, koin VOC, dan kursi antik asal Jawa Tengah.
6. Selain untuk dipamerkan, benda-benda di D’topeng ini juga dimanfaatkan sebagai media pelestarian budaya. D’topeng juga berfungsi sebagai museum, yaitu sebagai konservasi benda-benda langka agar terhindar dari perdagangan illegal.

Unknown mengatakan...

Nama : Gusnani Rizkya N
Nomor : 17
Kelas : X IPS 3

2. D'topeng Museum Angkut yaitu museum topeng yang terletak di kota Batu, Jawa Timur. Museum topeng berisi topeng dengan berbagai model dan bentuk. Namun, D'topeng tidak hanya berisi topeng, tetapi juga berisi pameran benda-benda berupa barang tradisional dan barang antik.

3. Ada berbagai jenis topeng. Topeng-topeng tersebut dikelompokkan menjadi 2 bagian berdasarkan bahan dasarnya, yaitu yang berbahan dasar kayu dan batu. Yang kayu sebagian besar dari daerah Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jakarta, dan Jawa Barat. Sedangkan yang batu berasal dari daerah sekitar Sulawesi dan Maluku.

4. Barang-barang tradisionl koleksi D'topeng yaitu senjata tradisional, perhiasan wanita zaman dahulu yang berbhan dasar logam, batik-batik motif lama, dan hiasan rumah kuno.

5. Barang-barang kuno koleksi D'topeng yaitu guci tua, kursi antik, bantal arwah, mata uang zaman kerajaan-kerajaan, benda-benda lain yang dapat dijumpai di dalam museum D'topeng.

6. Manfaat D'topeng :
- media pelestarian budaya
- sebagai museum yaitu sebagian konservasi benda-benda langka agar terhindar dari perdagangan ilegal
- untuk dipamerkan.

Anonim mengatakan...

Nama : Lucia Desi Vitriana
No. : 20
Kelas: X IPS 1

2.D’topeng adalah salah satu tempat wisata yang terletak di Kota Batu,Jawa Timur.Keberadaan D’topeng tidak dapat dipisahkan dengan Museum Angkut karena kedua tempat ini berada di satu tempat yang sama.Tempat wisata ini seringkali disebut pula sebagai Museum Topeng karena memang berisi topeng dengan berbagai model dan bentuk.Namun,D’topeng tidak hanya berisi topeng,tetapi juga berisi pameran benda-benda berupa barang tradisional dan barang antik.Topeng,barang tradisional,dan barang antik dalam museum ini dapat dikelompokkan menjadi lima jenis berdasarkan bahan pembuatannya, yaitu berbahan kayu,batu,logam, kain,dan keramik.

3.Topeng-topeng tersebut dikelompokkan menjadi dua bagian berdasarkan bahan dasarnya,yaitu:
1.Topeng berbahan kayu sebagian besar berasal dari daerah Bali,Jawa Timur,Jawa Tengah,Yogyakarta,Jakarta,dan Jawa Barat.
2.Topeng yang berbahan batu berasal dari daerah sekitar Sulawesi dan Maluku.

4.Barang-barang tradisional yang ada di museum adalah senjata tradisional,perhiasan wanita zaman dahulu yang berbahan dasar logam,batik-batik motif lama,dan hiasan rumah kuno.Berdasarkan bahan dasarnya,barang-barang tersebut juga dapat dikelompokkan menjadi empat,yaitu berbahan dasar kayu seperti hiasan rumah berupa kepala kerbau asal Toraja,berbahan dasar batu
seperti alat penusuk jeruk asal Batak,berbahan dasar logam seperti pisau sunat dan perhiasan logam asal Sumba,dan yang berbahan dasar kain seperti batik berbagai motif asal Yogyakarta dan Jawa Tengah.

5.Barang-barang antik seperti guci tua,kursi antik,bantal arwah,mata uang zaman kerajaan-kerajaan,dan benda-benda lain dapat dijumpai di dalam museum D’topeng.Barang-barang tersebut dapat pula digolongkan menjadi dua jenis berdasarkan bahan pembuatannya,yaitu keramik dan logam.Barang antik berbahan dasar keramik di museum ini adalah guci-guci tua peninggalan salah satu dinasti di China dan bantal yang digunakan untuk bangsawan Dinasti Yuan (China) yang sudah meninggal.Sementara itu,barang antik yang berbahan dasar logam adalah jinggaran coin(Kerajaan Gowa),mata uang kerajaan Majapatih,koin VOC,dan kursi antik asal Jawa Tengah.

6.Selain untuk dipamerkan, benda-benda di D’topeng ini juga dimanfaatkan sebagai media pelestarian budaya,sebagai museum,yaitu sebagai konservasi benda-benda langka agar terhindar dari perdagangan illegal.

ilma mengatakan...

nama ; ilma elfina
no ; 19
kelas; x IIS 3


1.D'topeng adalah salah satu tempat wisata yang terletak di kota Batu Jawa Timur.D'topeng sering disebut museum topeng karena berisi topeng dengan berbagai model dan bentuk. Tidak hanya itu,museum ini juga berisi pameran benda-benda berupa barang tradisional dan barang antik.


2. Topeng tersebut dapat dikelompokkan menjadi 2 bagian berdasarkan bahan dasarnya, yaitu yang berbahan dasar kayu dan batu ;
* Topeng berbahan kayu sebagian besar berasal dari daerah Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jakarta, dan Jawa Barat.
* Topeng yang berbahan batu berasal dari daerah sekitar Sulawesi dan Maluku.

3. Barang-barang tradisional yang mengisi etalase-etalase yang berisi perhiasan wanita zaman dahulu yang berbahan dasar logam, batik-batik motif lama, dan hiasan rumah kuno. Berdasarkan bahan dasarnya, barang-barang tersebut juga dapat dikelompokkan menjadi empat, yaitu : berbahan dasar kayu seperti hiasan rumah berupa kepala kerbau asal Toraja, berbahan dasar batuseperti alat penusuk jeruk asal Batak, berbahan dasar logam seperti pisau sunat dan perhiasan logam asal Sumba, dan yang berbahan dasar kain seperti batik berbagai motif asal Yogyakartadan Jawa Tengah.
4. Barang kuno di D'topeng, yaitu ;
* Guci tua berbahan dasar keramik peninggalan Dinasti China dan bantal yang digunakan untuk bangsawan Dinasti Yuan (China) yang sudah meninggal.
*Jinggaran koin berbahan dasar logam peninggalan Kerajaan Gowa
* mata uang berbahan dasar logam peninggalan kerajaan Majapahit
* Koin berabahan logam peninggalan VOC
* Kursi antik berbahan dasar logam asal Jawa Tengah.

5.Mnfaat D'topeng yaitu ;
* Sebagai media pendidikan
* Sebagai media pelestarian budaya
* Sebagai konservasi benda - benda langka agar terhindar dari perdagangan illegal.
* Sebagai museum.

fyfa mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
sania mengatakan...

2. D'topeng atau disebut pula museum topeng merupakan tempat wisata yang terletak di kota Batu,Jawa Timur. Keberadaannya tidak dapat dipisahkan dengan museum angkut karena kedua tempat ini berada di satu tempat yang sama.
3. Jenis topeng di museum dikelompokkan menjadi 2 bagian berdadarkan bahan dasarnya yaitu Kayu dan Batu
• bahan kayu, berasal dari daerah Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jakarta, Jawa Barat.
• bahan batu, berasal dari daerah sulawesi dan maluku
4. Gambaran barang kuno koleksi D'topeng menurut bahan dasar dibedakan menjadi 4 macam
1) Kayu : sebagai hiasan rumah seperti kepala kerbau asal Toraja.
2) Batu : sebagai alat penusuk jeruk asal Batak
3) Logam sebagai pisau sunat dan perhiasan asal Sumba
4) Kain : seperti batik berbagai motif asal Yogayakarta dan Jawa te gah.
5. Gambaran barang kuno di D'topeng
° Guci tua berbahan dasar keramik peninggalan Dinasti China dan bantal yang digunakan bangsawan Dinasti Yuan yang sudah meninggal dunia
° Jinggara koin bahan dasarnya logam peninggalan kerjaan Gowa
° Mata uang yang berbahan dasar logam peninggalan kerajaan Majapahit
° Koin berbahan dasar logam peninggalan VOC
° Kursi antik bahan dasarnya dari logam asal Jawa Tengah
6. Manfaat D'topeng yaitu, sebagai tempat pelestarian topeng - topeng di indonesia, sebagai konservasi barang barang langka, sebagai museum agar terhindar dari penjualan ilegal.


Nama : Sania Nur Hapsari
Kelas : X IPS 3
No. Absen : 27

fyfa mengatakan...

Nama : Eka Afifah O
Kelas : X IIS 1
No : 13
1.D’topeng adalah salah satu tempat wisata yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur.

2.Topeng-topeng di museum ini dapat dikelompokkan menjadi dua bagian berdasarkan bahan dasarnya, yaitu yang berbahan dasar kayu yang sebagian besar berasal dari daerah Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jakarta, dan Jawa dan yang berbahan dasar batu yang sebagian besar berasal dari daerah sekitar Sulawesi dan Maluku


3.Barang-barang tradisional yang mengisi etalase-etalase museum ini adalah senjata tradisional, perhiasan wanita zaman dahulu yang berbahan dasar logam, batik-batik motif lama, dan hiasan rumah kuno. Berdasarkan bahan dasarnya, barang-barang tersebut juga dapat dikelompokkan menjadi empat, yaitu:
a.berbahan dasar kayu seperti hiasan rumah berupa kepala kerbau asal Toraja,
b.berbahan dasar batu seperti alat penusuk jeruk asal Batak,
c.berbahan dasar logam seperti pisau sunat dan perhiasan logam asal Sumba, dan
d.yang berbahan dasar kain seperti batik berbagai motif asal Yogyakarta dan Jawa Tengah

4.Barang kuno yang sampai saat ini masih dianggap bernilai seni tinggi atau biasa disebut barang antik. Barang-barang antik seperti guci tua, kursi antik, bantal arwah, mata uang zaman kerajaan-kerajaan, dan benda-benda lain dapat dijumpai di dalam museum D’topeng.

5.Manfaat D’topeng adalah ;
a.Untuk dipamerkan
b.Sebagai media pelestarian budaya.
c.Sebagai museum, yaitu sebagai konservasi benda-benda langka agar terhindar dari perdagangan illegal

Oktavia Shinta mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Oktavia Shinta mengatakan...

Nama : Oktavia Shinta Anugraheny (Shinta)
Kelas : X IPS 1
Nomor : 23

Buku Bahasa Indonesia hal 17 Tugas 1

1.Apakah D’Topeng Museum Angkut itu ?
D’Topeng adalah salah satu tempat wisata yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur. D’Topeng berada di satu tempat yang sama dengan Museum Angkut. D’Topeng sering disebut Museum Topeng karena berisi topeng dengan berbagai model dan bentuk.

2.Sebutkan topeng apa yang disimpan di D’Topeng ?
Ada beragam jenis topeng di museum ini. Topeng-topeng tersebut dikelompokkan menjadi 2 berdasarkan bahan dasarnya, yaitu :
a).Topeng berbahan dasar kayu sebagian besar berasal dari Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jakarta, dan Jawa Barat.
b).Topeng berbahan dasar batu berasal dari sekitar Sulawesi dan Maluku.

3.Jelaskan bagaimana gambaran barang tradisional koleksi D’Topeng ?
Barang-barang tradisional di museum ini yaitu senjata tradisional, perhiasan wanita zaman dahulu yang berbahan dasar logam, batik-batik motif lama, dan hiasan rumah kuno. Berdasarkan bahan dasarnya, barang-barang tersebut dikelompokkan menjadi 4, yaitu :
a).Barang tradisional berbahan dasar kayu seperti hiasan rumah berupa kepala kerbau asal Toraja.
b).Barang tradisional berbahan dasar batu seperti alat penusuk jeruk asal Batak.
c).Barang tradisional berbahan dasar logam seperti pisau sunat dan perhiasan logam asal Sumba.
d).Barang tradisional berbahan dasar kain seperti batik berbagai motif asal Yogyakarta dan Jawa Tengah.

4.Jelaskan bagaimana gambaran barang kuno koleksi D’Topeng ?
Barang-barang kuno yang ada di museum ini yaitu guci tua, kursi antik, bantal arwah, mata uang zaman kerajaan-kerajaan, dan lain-lain. Berdasarkan bahan pembuatannya, barang-barang kuno atau antik digolongkan menjadi 2, yaitu :
a).Barang kuno berbahan dasar keramik, contohya guci-guci tua peninggalan salah satu dinasti di China dan bantal yang digunakan untuk bangsawan Dinasti Yuan (China) yang sudah meninggal.
b).Barang kuno berbahan dasar logam, contohnya jinggaran coin (Kerajaan Gowa), mata uang Kerajaan Majapahit, koin VOC, dan kursi antik asal Jawa Tengah.

5.Apa manfaat D’Topeng ?
a).Untuk memamerkan benda-benda yang ada di D’Topeng.
b).Sebagai media pelestarian budaya.
c).Sebagai museum yaitu konservasi benda-benda langka agar terhindar dari perdagangan ilegal.

Unknown mengatakan...

Nama : Winna Rebecca
Kelas : X IPS 1
No. Absen : 27


2. D'topeng museum angkut adalah salah satu tempat wisata yang berada di Kota Batu, Jawa Timur. D'topeng dan museum angkut berada di satu tempat yang sama. Disebut museum topeng karena disana berisi topeng dengan berbagai model dan bentuk. Tidak hanya menyimpan topeng, tapo juga ada barang peninggalan tradisional dan kuno lainnya.

3. Topeng yang disimpan, dikelompokkan menjadi dua bagian
berdasarkan bahan dasarnya :
->Topeng berbahan kayu, yang sebagian besar berasal dari daerah Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jakarta, dan Jawa Barat.
->Topeng yang berbahan dasar batu berasal dari daerah sekitar Sulawesi dan Maluku.

4. Gambaran barang tradisional di D' topeng, yaitu :
Barang tradisional yang disimpan didalam etalase, senjata dan motif batik lama. Hiasan rumah yang berbahan dasar kayu dan memiliki bentuk kepala kerbau asal Toraja. Alat penusuk jeruk berbahan batu asal Batak. Alat pisau sunat berbahan dasar logam dari Sumba. Berbagai motif batik berbahan dasar kain asal Yogyakarata dan Jawa Tengah

5. Manfaat D'topeng :
-> Untuk memamerkan benda bersejarah yang ada di D’Topeng.
-> Media pelestarian budaya.
-> Sebagai museum, yaitu konservasi benda-benda langka agar terhindar dari perdagangan ilegal.
-> Sarana pendidikan.

Unknown mengatakan...

Nama : Winna Rebecca
Kelas : X IPS 1
No. Absen : 27


2. D'topeng museum angkut adalah salah satu tempat wisata yang berada di Kota Batu, Jawa Timur. D'topeng dan museum angkut berada di satu tempat yang sama. Disebut museum topeng karena disana berisi topeng dengan berbagai model dan bentuk. Tidak hanya menyimpan topeng, tapo juga ada barang peninggalan tradisional dan kuno lainnya.

3. Topeng yang disimpan, dikelompokkan menjadi dua bagian
berdasarkan bahan dasarnya :
->Topeng berbahan kayu, yang sebagian besar berasal dari daerah Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jakarta, dan Jawa Barat.
->Topeng yang berbahan dasar batu berasal dari daerah sekitar Sulawesi dan Maluku.

4. Gambaran barang tradisional di D' topeng, yaitu :
Barang tradisional yang disimpan didalam etalase, senjata dan motif batik lama. Hiasan rumah yang berbahan dasar kayu dan memiliki bentuk kepala kerbau asal Toraja. Alat penusuk jeruk berbahan batu asal Batak. Alat pisau sunat berbahan dasar logam dari Sumba. Berbagai motif batik berbahan dasar kain asal Yogyakarata dan Jawa Tengah

5. Manfaat D'topeng :
-> Untuk memamerkan benda bersejarah yang ada di D’Topeng.
-> Media pelestarian budaya.
-> Sebagai museum, yaitu konservasi benda-benda langka agar terhindar dari perdagangan ilegal.
-> Sarana pendidikan.

Berliana Maharani mengatakan...

2. D’topeng adalah salah satu tempat wisata yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur yang keberadaannya tidak dapat dipisahkan dengan Museum Angkut karena kedua tempat ini berada di satu tempat yang sama.
3. Topeng yang disimpan di D’topeng yaitu:
- Topeng berbahan dasar kayu yang sebagian besar berasal dari daerah Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jakarta, dan Jawa Barat.
- Topeng yang berbahan dasar besi berasal dari daerah sekitar Sulawesi dan Maluku

4. .Gambaran barang tradisional koleksi D'topeng dibedakan menjadi 4 yaitu :
1. Berbahan kayu, Hiasan rumah berupa kepala kerbau asal Toraja
2. Berbahan batu, Alat penusuk jeruk asal batak
3.Berbahan logam, Pisau sunat dan perhiasan logam asal Sumba
4. Berbahan kain, Seperti batik berbagai motif asal Yogyakarta dan Jawa Tengah.

5. Koleksi barang-barang kuno museum D’topeng seperti
-guci tua,
-kursi antik,
-bantal arwah,
-mata uang zaman kerajaan-kerajaan, dan
-benda-benda antik lainnya.
Barang-barang tersebut dapat pula dikelompokkan menjadi dua berdasarkan
bahan pembuatannya, yaitu keramik dan logam.
1. Barang antik berbahan dasar keramik di museum ini adalah guci-guci tua
peninggalan salah satu dinasti di China dan bantal yang digunakan untuk
bangsawan Dinasti Yuan (China) yang sudah meninggal.
2. Barang antik berbahan dasar logam di museum ini adalah jinggaran coin
(Kerajaan Gowa), mata uang kerajaan Majapahit, koin VOC, dan kursi antik asal
Jawa Tengah.

6. Manfaat D’topeng yakni:
- Untuk pameran
- Untuk media pelestarian budaya bangsa
- Sebagai museum
- Sebagai konservasi benda langka agar terhindar dari perdagangan illegal

Berliana Maharani / X IPS 1 mengatakan...

2. D’topeng adalah salah satu tempat wisata yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur yang keberadaannya tidak dapat dipisahkan dengan Museum Angkut karena kedua tempat ini berada di satu tempat yang sama.
3. Topeng yang disimpan di D’topeng yaitu:
- Topeng berbahan dasar kayu yang sebagian besar berasal dari daerah Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jakarta, dan Jawa Barat.
- Topeng yang berbahan dasar besi berasal dari daerah sekitar Sulawesi dan Maluku

4. .Gambaran barang tradisional koleksi D'topeng dibedakan menjadi 4 yaitu :
1. Berbahan kayu, Hiasan rumah berupa kepala kerbau asal Toraja
2. Berbahan batu, Alat penusuk jeruk asal batak
3.Berbahan logam, Pisau sunat dan perhiasan logam asal Sumba
4. Berbahan kain, Seperti batik berbagai motif asal Yogyakarta dan Jawa Tengah.

5. Koleksi barang-barang kuno museum D’topeng seperti
-guci tua,
-kursi antik,
-bantal arwah,
-mata uang zaman kerajaan-kerajaan, dan
-benda-benda antik lainnya.
Barang-barang tersebut dapat pula dikelompokkan menjadi dua berdasarkan
bahan pembuatannya, yaitu keramik dan logam.
1. Barang antik berbahan dasar keramik di museum ini adalah guci-guci tua
peninggalan salah satu dinasti di China dan bantal yang digunakan untuk
bangsawan Dinasti Yuan (China) yang sudah meninggal.
2. Barang antik berbahan dasar logam di museum ini adalah jinggaran coin
(Kerajaan Gowa), mata uang kerajaan Majapahit, koin VOC, dan kursi antik asal
Jawa Tengah.

6. Manfaat D’topeng yakni:
- Untuk pameran
- Untuk media pelestarian budaya bangsa
- Sebagai museum
- Sebagai konservasi benda langka agar terhindar dari perdagangan illegal

Unknown mengatakan...

NAMA ; KEVIN BACHTIAR
KELAS ; X-IPS-3
NO ; 21

JAWABAN :

1. ya,karena museum d'topeng berada dalam satu tempat dengan museum angkut
2. ada 2 macam....yaitu topeng yang berbahan dasar dari kayu dan batu
3. museum ini adalah senjata tradisional, perhiasan wanita zaman dahulu yang berbahan dasar logam, batik-batik motif lama, dan hiasan rumah kuno. Berdasarkan bahan dasarnya, barang-barang tersebut juga dapat dikelompokkan menjadi empat, yaitu berbahan dasar kayu seperti hiasan rumah berupa kepala kerbau asal Toraja, berbahan dasar batu .seperti alat penusuk jeruk asal Batak, berbahan dasar logam seperti pisau sunat dan perhiasan logam asal Sumba, dan yang berbahan dasar kain seperti batik berbagai motif asal Yogyakarta dan Jawa Tengah.
4. Barang-barang antik seperti guci tua, kursi antik, bantal arwah, mata uang zaman kerajaan-kerajaan, dan benda-benda lain dapat dijumpai di dalam museum D’topeng. Barang-barang tersebut dapat pula digolongkan menjadi dua jenis berdasarkan bahan pembuatannya, yaitu keramik dan logam. Barang antik berbahan dasar keramik di museum ini adalah guci-guci tua peninggalan salah satu dinasti di China dan bantal yang digunakan untuk bangsawan Dinasti Yuan (China) yang sudah meninggal. Sementara itu, barang antik yang berbahan dasar logam adalah jinggaran coin (Kerajaan Gowa), mata uang kerajaan Majapatih, koin VOC, dan kursi antik asal Jawa Tengah.
5. Museum D’TOPENG bermanfaat sebagai media pelestarian budaya,dan
sebagai konservasi benda-benda langka agar terhindar dari perdagangan illegal

Thalita Fitri mengatakan...

Nama: Thalita Fitri Aristawati
Kelas : X IPS 1
No. : 26

1.D'topeng adalah salah satu tempat wisata yang terletak di Kota Batu,Jawa Timur
2. – Topeng berbahan dasar kayu yang sebagian besar berasal dari daerah Bali,Jawa Timur,Jawa Tengah,Yogyakarta,Jakarta,dan Jawa Barat.
– Topeng berbahan dasar batu yang berasal dari daerah Sulawesi dan Maluku.
3.ada senjata tradisional, perhiasan wanita zaman dahulu yang berbahan dasar logam, batik-batik motif lama, dan hiasan rumah kuno. Berdasarkan bahan dasarnya, barang-barang tersebut juga dapat dikelompokkan menjadi empat, yaitu berbahan dasar kayu seperti hiasan rumah berupa kepala kerbau asal Toraja, berbahan dasar batu seperti alat penusuk jeruk asal Batak, berbahan dasar logam seperti pisau sunat dan perhiasan logam asal Sumba, dan yang berbahan dasar kain seperti batik berbagai motif asal Yogyakarta dan Jawa Tengah.
4. Barang-barang antik seperti guci tua, kursi antik, bantal arwah, mata uang zaman kerajaan-kerajaan, dan benda- benda lain dapat dijumpai di dalam museum D’topeng. Barang-barang tersebut dapat pula digolongkan menjadi dua jenis berdasarkan bahan pembuatannya, yaitu keramik dan logam. Barang antik berbahan dasar keramik di museum ini adalah guci-guci tua peninggalan salah satu dinasti di China dan bantal yang digunakan untuk bangsawan Dinasti Yuan (China) yang sudah meninggal. Sementara itu, barang antik yang berbahan dasar logam adalah jinggaran coin (Kerajaan Gowa), mata uang kerajaan Majapatih, koin VOC, dan kursi antik asal Jawa Tengah.
5.dimanfaatkan sebagai media pelestarian budaya.

Unknown mengatakan...

Nama: Zefanya Cristina Caroline
Kelas: X IPS 1
No. Absen: 28

Soal:
1. Apakah D’topeng Museum Angkut itu?
2. Sebutkan topeng apa yang disimpan di D’topeng?
3. Jelaskan bagaimana gambaran barang tradisional koleksi D’topeng?
4. Jelaskan bagaimana gambaran barang kuno koleksi D’topeng?
5. Apa manfaat D’topeng?

Jawaban:
1. D’topeng atau yang biasa disebut museum topeng adalah tempat wisata yang berisi topeng dengan berbagai model dan bentuk, D’topeng juga berisi pameran benda tradisional dan benda antik. Museum ini bertempat di Kota Batu, Jawa Timur.
2. Topeng yang berbahan dasar kayu yang sebagian besar berasal dari daerah Bali, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Jakarta, dan Jawa Barat. Sedangkan, topeng yang berbahan batu berasal dari daerah Sulawesi dan Maluku.
3. Barang tradisional yang dipamerkan di museum D’topeng terbuat dari 4 jenis bahan dasar yaitu kayu, batu, logam, dan kain. Barang yang dipamerkan juga bermacam-macam seperti senjata tradisional, perhiasan wanita zaman dahulu yang berbahan dasar logam, batik-batik motif lama, dan hiasan rumah kuno.
4. Barang kuno atau biasa disebut barang antik masih dianggap bernilai seni tinggi. Berdasarkan pembuatannya digolongkan menjadi dua jenis, yaitu keramik dan logam. Barang tersebut seperti guci tua, kursi antik, bantal arwah, mata uang zaman kerajaan-kerajaan, dan benda-benda lain terdapat di museum ini.
5. Museum D’topeng dimanfaatkan sebagai media pelestarian budaya dan berfungsi pula sebagai musem, yaitu sebagai konservasi benda-benda langka agar terhindar dari perdagangan illegal.

Unknown mengatakan...

Nama: Bintang Putra Pradana
Kelas: X IPS 1
Absen: 9
1. D’topeng adalah salah satu tempat wisata yang terletak di Jalan Terusan Sultan Agung No. 2, Kota Batu, Jawa Timur.
2. Topeng yang terdapat di D’topeng dibagi dalam 2 bagian menurut bahan dasarnya, yaitu bahan dasar kayu dan batu.
Topeng berbahan dasar kayu, sebagian besar berasal dari daerah Bali,Jawa Timur,Jawa Tengah,Yogyakarta,Jakarta,dan Jawa Barat.
Sedangkan topeng yang berbahan batu banyak yang berasal dari daerah sekitar Sulawesi dan Maluku.
3. Barang-barang tradisional yang mengisi etalase-etalase D’topeng adalah senjata tradisional, perhiasan wanita zaman dahulu yang berbahan dasar logam, batik-batik motif lama, dan hiasan rumah kuno. Menurut bahan dasarnya, barang-barang tersebut dibagi menjadi 4, yaitu:
a. Bahan dasar kayu : hiasan rumah berupa kepala kerbau asal Toraja
b. Bahan dasar batu : alat penusuk jeruk asal Batak
c. Bahan dasar logam : pisau sunat dan perhiasaan logam asal Sumba
d. Bahan dasar kain : batik dari Yogyakarta dan Jawa Tengah
4. Barang-barang kuno di D’topeng ini dibedakan menjadi 2 menurut bahan dasar pembuatannya, yaitu:
a. Bahan dasar keramik : guci-guci tua peninggalan salah satu dinasti di China dan bantal yang digunakan untuk bangsawan Dinasti Yuan (China) yang sudah meninggal
b. Bahan dasar logam : jinggaran coin (Kerajaan Gowa), mata uang kerajaan majapatih, koin VOC, dan kursi antik asal Jawa Tengah
5. Manfaat D’topeng:
a. Mengenalkan budaya Indonesia kepada wisatawan asing
b. Melestarikan budaya di Indonesia
c. Sarana belajar bagi para pelajar

Anonim mengatakan...

Nama: Nafiaturrohmah
Kelas/no: X IPS 3/23

2. D'topeng adalah salah satu tempat wisata yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur. Tempat wisata ini berisi topeng dengan berbagai model dan bentuk. Tidak hanya itu saja, d'topeng juga berisi pameran barang tradisional dan barang antik. Barang-barang tersebut dikelompokkan berdasarkan bahan pembuatannya, yaitu dari kayu, batu, logam, kain, dan keramik

3. Beragam jenis topeng di museum ini dikelompokkan berdasarkan bahan dasarnya,yaitu:
-Berbahan dasar kayu (dari Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah,
Yogyakarta, Jakarta, dan Jawa Barat)
-Berbahan dasar batu (dari Sulawesi dan Maluku)

4. Barang tradisional yang juga dipamerkan di D'topeng antara lain senjata tradisional, perhiasan wanita zaman dahulu yang berbahan dasar logam, batik-batik motif lama, dan hiasan rumah kuno. Barang-barang tersebut juga dikelompokkan berdasarkan bahan dasarnya, yaitu:
-Berbahan dasar kayu: hiasan rumah berupa kepala kerbau asal Toraja
-Berbahan dasar batu: alat penusuk jeruk asal Batak
-Berbahan dasar logam: pisau sunat dan perhiasan logam asal Sumba
-Berbahan dasar kain: batik berbagai motif asal Yogyakarta dan Jawa Tengah

5. Ada juga barang kuno (barang antik) yang sampai saat ini masih dianggap bernilai seni tinggi, seperti guci tua, kursi antik, bantal arwah, mata uang zaman kerajaan-kerajaan, dan benda-benda lainnya. Tidak berbeda dengan barang pameran yang lain. Barang-barang kuno ini juga dikelompokkan berdasarkan bahan pembuatannya, yaitu:
-Berbahan dasar keramik: guci-guci tua peninggalan salah satu Dinasti di China dan bantal yang digunakan untuk bangsawan Dinasti Yuan (China) yang sudah meninggal
-Berbahan dasar logam: jinggaran koin, mata uang kerajaan Majapahit, kain VOC, dan kursi-kursi antik asal Jawa Tengah

6. Benda-benda di D'topeng tidak hanya untuk dipamerkan saja, tetapi juga dimanfaatkan sebagai media pelestarian budaya. D'topeng juga berfungsi sebagai museum, yaitu sebagai konservasi benda-benda langka agar terhindar dari perdagangan illegal

Unknown mengatakan...

Nama : Raditya Anung E
Kelas : XIPS1
Absen : 24
1. D’topeng adalah salah satu tempat wisata yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur. Keberadaan D’topeng tidak dapat dipisahkan dengan Museum Angkut karena kedua tempat ini berada di satu tempat yang sama. Tempat wisata ini seringkali disebut pula sebagai Museum Topeng karena memang berisi topeng dengan berbagai model dan bentuk.

2. Yaitu yang berbahan dasar kayu dan batu. Topeng berbahan kayu sebagian besar berasal dari daerah Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jakarta, dan Jawa Barat. Sementara itu, topeng yang berbahan batu berasal dari daerah sekitar Sulawesi dan Maluku.

3. Barang-barang tradisional yang mengisi etalase-etalase museum ini adalah senjata tradisional, perhiasan wanita zaman dahulu yang berbahan dasar logam, batik-batik motif lama, dan hiasan rumah kuno. Berdasarkan bahan dasarnya, barang-barang tersebut juga dapat dikelompokkan menjadi empat, yaitu berbahan dasar kayu seperti hiasan rumah berupa kepala kerbau asal Toraja, berbahan dasar batu seperti alat penusuk jeruk asal Batak, berbahan dasar logam seperti pisau sunat dan perhiasan logam asal Sumba, dan yang berbahan dasar kain seperti batik berbagai motif asal Yogyakarta dan Jawa Tengah.


4. Barang kuno yang sampai saat ini masih dianggap bernilai seni tinggi atau biasa disebut barang antik. Barang-barang antik seperti guci tua, kursi antik, bantal arwah, mata uang zaman kerajaan-kerajaan, dan benda-benda lain dapat dijumpai di dalam museum D’topeng. yaitu keramik dan logam. Barang antik berbahan dasar keramik di museum ini adalah guci-guci tua peninggalan salah satu dinasti di China dan bantal yang digunakan untuk bangsawan Dinasti Yuan (China) yang sudah meninggal.
yang berbahan dasar logam adalah jinggaran coin (Kerajaan Gowa), mata uang kerajaan Majapatih, koin VOC, dan kursi antik asal Jawa Tengah.


5. D’topeng ini juga dimanfaatkan sebagai media pelestarian budaya. Selanjutnya, D’topeng berfungsi pula sebagai museum, yaitu sebagai konservasi benda-benda langka agar terhindar dari perdagangan illegal.

kirina melati mengatakan...

2. salah satu tempat wisata yang terletak di kota Batu, Jawa Timur. D'topeng dan Museum Angkut tidak dapat dipisahkan karna berada di satu tempat yang sama.
3. - topeng yang berbahan dasar dari kayu, berasal dari Bali,Jawa Timur,Jawa Tengah, Yogyakarta, Jakarta, dan Jawa Barat.
- topeng yang berbahan dasar dari batu, berasal dari daerah sekitar Sulawesi dan Maluku.
4. etalase - etalase barang tradisional terdiri dari senjata, perhiasan wanita pada jaman dahulu yang berbahan dasar logam, batik-batik motif lama, dan hiasan rumah kuno.
5. barang-barang kuno di D'topeng terdiri dari guci tua, kursi antik, bantal arwah, mata uang pada jaman kerajaan-kerajaan.
6. sebagai media pelestarian budaya, sebagai konservasi benda-benda langka agar terhindar dari perdagangan ilegal.

Kirina Ardianti M.P.D.H
X IPS 1 / 19

Adyuta Banurasmi Balapradhana mengatakan...

Nama: Adyuta Banurasmi Balapradhana
kelas: X IPS 1
No : 03


1. Museum d'topeng adalah salah satu tempat wisata yang terletak di daerah Batu, Jawa Timur. Museum ini menyimnpan 2 jenis barang koleksi dalam 1 bangunan. barang koleksi itu adalah koleksi Topeng dan barang-barang antik.

2. Topeng yang disimpan ditempat itu adalah topeng yang berbahan dasar kayu dan batu. Topeng yang berbahan dasar kayu sebagian besar berasal dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, D.I Yogyakarta. sedangkan, Topeng yang terbuat dari batu sebagian besar berasal dari Maluku dan Sulawesi.

3. Berikut ini merupakan barang-barang tradisional koleksi museum D'topeng.
- senjata-senjata tradisional
- perhiasan-perhiasan zaman dahulu
- batik-batik motif lama
- Hiasan-hiasan rumah lama
Berdasarkan bahan dasarnya. barang-barang tersebut dikelompokkan menjadi 4, yaitu.
- Hiasan rumah tanduk kerbau asal toraja berbahan dasar kayu
- PIsau sunat asal Sumba yang berbahan dasar logam
- Penusuk jeruk asal batak yang terbuat dari batu
- Berbagai motif batik asal Yogyakarta dan Jawa Tengah yang berbahan dasar kain

4. Barang-barang antik yang dipamerkan di D'topeng museum antara lain.
- Guci-guci antik peninggalan salah satu dinasti di China yang terbuat dari keramik
- koin Jinggaran peninggalan Kerajaan Gowa
- koin VOC
- Kursi antik asal Jawa Tengah

5. Tujuan dibangunnya D'Topeng Museum adalah melestarikan dan menjaga benda-benda peninggalan kebudayaan atau benda cagar budaya supaya tak lekang oleh waktu. dan melindunginya dari perdagangan ilegal.

Anonim mengatakan...

Nama:Endika RS
No:13
Kelas:X IIS 3

1. Museum Angkut D'Topeng adalah salah satu tempat wisata yang terletak di kota Batu, Jawa Timur. Tempat ini berisi topeng dan benda-benda lainnya.Benda-benda di museum ini dikelompokkan menjadi 5 jenis berdasarkan pembuatannya yaitu, kayu, batu, logam, kain, dan kramik.

2. Topeng yang disimpan di museum ini yaitu, topeng dari kayu sebagian berasal dari Jawa Timur, Bali, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Barat, dan Jakarta. Lalu topeng dari batu berasal dari daerah Sulawesi dan Maluku.

3. Barang tradisional yang ada di D'Topeng antara lain, alat penusuk jeruk dari Batak, pisau sunat dari Sumba, batik dari Yogyakarta dan Surakarta, dll.

4. Barang kuno yang ada di D'Topeng antara lain, guci tua, kursi antik, bantal tua, batik motif lama, dll.

5. Manfaat D'Topeng yaitu, untuk sarana mebambah wawasan tentang budaya Indonesia (pendidikan), untuk rekreasi/wisata, dll.

Unknown mengatakan...

Elisabet Nadia Devi
X IPS 1 (14)
2. D’Topeng Kingdom Museum merupakan destinasi wisata baru di Kota Wisata Batu. Museum ini berada di kawasan Museum Angkut di Jalan Abdul Gani dan mulai dibuka untuk umum sejak 23 Mei 2014 yang lalu. Museum ini didirikan atas gagasan dari Reno Halsamer, seorang kolektor dari Surabaya.
3. Topeng yang disimpan di Museum ini adalah topeng yang berbahan dasar kayu dan batu. Topeng yang berbahan dasar kayu sebagian besar berasal dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, D.I Yogyakarta. sedangkan, Topeng yang terbuat dari batu sebagian besar berasal dari Maluku dan Sulawesi.
4. Barang barang tradisional di Museum ini disimpan pada etalase barang barang tersebut antara lain, senjata tradisional, perhiasan wanita zaman dahulu yang berbahan dasar logam, batik-batik motif lama, dan hiasan rumah kuno. Berdasarkan bahan dasarnya, barang-barang tersebut juga dapat dikelompokkan menjadi empat, yaitu berbahan dasar kayu seperti hiasan rumah berupa kepala kerbau asal Toraja, berbahan dasar batu seperti alat penusuk jeruk asal Batak, berbahan dasar logam seperti pisau sunat dan perhiasan logam asal Sumba, dan yang berbahan dasar kain seperti batik berbagai motif asal Yogyakarta dan Jawa Tengah.
4. Barang antik yang berada di D Topeng antara lain, kursi kerajaan Singaraja dari Bali. Ada pula patung kesuburan dari Pulau Lombok dan patung Yeni dari Pulau Leti di Nusa Tenggara Timur. Patung Yeni terbuat dari batu setinggi kurang lebih 50 cm. Patung ini diduga berasal dari masa Dong Song pada awal masehi. Patung Yeni melambangkan kejayaan di masanya dan biasanya diletakkan di air terjun hingga pohon pohon rindang. Reno Halsamer mendapatkan patung ini dari seorang warga negara Perancis yang akan membawa ke negaranya. Ada juga topeng kematian dari daerah Sulawesi yaitu patung Tao­-tao. Menurut kepercayaan masyarakat Toraja, patung Tao-tao diyakini sebagai patung penjaga makam. Pada masa dahulu, raja yang meninggal wajahnya akan ditutupi Topeng Kematian ini. Sebab raja dianggap titisan dewa sehingga wajahnya tidak boleh menyiratkan kesedihan. Topeng-topeng tersebut terbuat dari kayu hingga logam. Topeng inilah cukup sulit mendapatkannya. Patung Tao-Tao ini memiliki kualitas untuk dimuseumkan karena dari bentuknya sangat sempurna di samping usianya sangat tua. Jenis topeng ini juga jarang ditemukan pada patung Tao-Tao yang kini dibuat oleh masyarakat Toraja. Selain itu terdapat pula
Al-Quran kuno yang usianya sudah ratusan tahun dan berbagai jenis wayang juga dipajang rapi di sebuah lemari kaca yang semuanya konon merupakan peninggalan Sunan Kalijaga.
5. Manfaat D'Topeng:
- menjadi wahana pendidikan sejarah bagi anak-anak sekolah.
- menambah wawasan kita tentang kebudayaan nusantara.
- menjadi tempat observasi untuk barang barang langka agar terhindar dari perdangan gelap.
- menjadi tempat wisata yang edukatif

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Elisabet Nadia Devi
X IPS 1 (14)
2. D’Topeng Kingdom Museum merupakan destinasi wisata baru di Kota Wisata Batu. Museum ini berada di kawasan Museum Angkut di Jalan Abdul Gani dan mulai dibuka untuk umum sejak 23 Mei 2014 yang lalu. Museum ini didirikan atas gagasan dari Reno Halsamer, seorang kolektor dari Surabaya.
3. Topeng yang disimpan di Museum ini adalah topeng yang berbahan dasar kayu dan batu. Topeng yang berbahan dasar kayu sebagian besar berasal dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, D.I Yogyakarta. sedangkan, Topeng yang terbuat dari batu sebagian besar berasal dari Maluku dan Sulawesi.
4. Barang barang tradisional di Museum ini disimpan pada etalase barang barang tersebut antara lain, senjata tradisional, perhiasan wanita zaman dahulu yang berbahan dasar logam, batik-batik motif lama, dan hiasan rumah kuno. Berdasarkan bahan dasarnya, barang-barang tersebut juga dapat dikelompokkan menjadi empat, yaitu berbahan dasar kayu seperti hiasan rumah berupa kepala kerbau asal Toraja, berbahan dasar batu seperti alat penusuk jeruk asal Batak, berbahan dasar logam seperti pisau sunat dan perhiasan logam asal Sumba, dan yang berbahan dasar kain seperti batik berbagai motif asal Yogyakarta dan Jawa Tengah.
5. Barang antik yang berada di D Topeng antara lain, kursi kerajaan Singaraja dari Bali. Ada pula patung kesuburan dari Pulau Lombok dan patung Yeni dari Pulau Leti di Nusa Tenggara Timur. Patung Yeni terbuat dari batu setinggi kurang lebih 50 cm. Patung ini diduga berasal dari masa Dong Song pada awal masehi. Patung Yeni melambangkan kejayaan di masanya dan biasanya diletakkan di air terjun hingga pohon pohon rindang. Reno Halsamer mendapatkan patung ini dari seorang warga negara Perancis yang akan membawa ke negaranya. Ada juga topeng kematian dari daerah Sulawesi yaitu patung Tao­-tao. Menurut kepercayaan masyarakat Toraja, patung Tao-tao diyakini sebagai patung penjaga makam. Pada masa dahulu, raja yang meninggal wajahnya akan ditutupi Topeng Kematian ini. Sebab raja dianggap titisan dewa sehingga wajahnya tidak boleh menyiratkan kesedihan. Topeng-topeng tersebut terbuat dari kayu hingga logam. Topeng inilah cukup sulit mendapatkannya. Patung Tao-Tao ini memiliki kualitas untuk dimuseumkan karena dari bentuknya sangat sempurna di samping usianya sangat tua. Jenis topeng ini juga jarang ditemukan pada patung Tao-Tao yang kini dibuat oleh masyarakat Toraja. Selain itu terdapat pula
Al-Quran kuno yang usianya sudah ratusan tahun dan berbagai jenis wayang juga dipajang rapi di sebuah lemari kaca yang semuanya konon merupakan peninggalan Sunan Kalijaga.
6. Manfaat D'Topeng:
- menjadi wahana pendidikan sejarah bagi anak-anak sekolah.
- menambah wawasan kita tentang kebudayaan nusantara.
- menjadi tempat observasi untuk barang barang langka agar terhindar dari perdangan gelap.
- menjadi tempat wisata yang edukatif

Abiyyu Ahmad Patria mengatakan...

Nama : Abiyyu Ahmad Patria
Nomor : 01
Kelas : X IPS 1

1.) Siap pak akan saya coba untuk menjawab dengan tepat.

2.) Salah satu tempat wisata yang berisikan topeng-topeng, barang tradisional, dan barang antik yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur

3.) Barang tradisional di museum D'topeng dipasang di etalase-etalase museum, barang yang dipasang seperti senjata tradisional, perhiasan wanita zaman dahulu yang berbahan logam, batik bermotif lama, dan hiasan rumah kuno.
Barang tradisional di D'topeng dibagi menurut bahan dasarnya menjadi 4 bagian, seperti :
a.Bahan kayu : hiasan rumah kepala kerbau (Toraja)
b.Bahan batu : penusuk jeruk (Batak)
c.Bahan logam : pisau sunat, dan perhiasan logam (Sumba)
d.Bahan kain : batik (Yogyakarta, Jawa Tengah)

4.) Barang kuno yang dianggap bernilai seni tinggi disebut barang antik.
Barang kuno di museum D'topeng dibedakan menjadi 2 yaitu bahan keramik dan bahan logam.
Bahan keramik ada guci tua (China)
Bahan logam ada jinggaran coin (Gowa), mata uang Majapahit, koin VOC, kursi antik (Jawa Tengah)

5.) *Sebagai wadah topeng-topeng, barang tradisional, dan barang antik.
*Sebagai konservasi benda-benda lanhka agar terhindar dari perdagangan ilegal.
*Media pelestarian budaya.

Terima kasih.

Reinaldo Albert Koerniadi mengatakan...

Nama : Reinaldo Albert K
Kelas: X IPS 2
Absen: 19

Jawaban dari pertanyaan

1.D’topeng adalah salah satu tempat wisata yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur. Keberadaan D’topeng tidak dapat dipisahkan dengan Museum Angkut karena kedua tempat ini berada di satu tempat yang sama. Tempat wisata ini seringkali disebut pula sebagai Museum Topeng karena memang berisi topeng dengan berbagai model dan bentuk.

2. Topeng-topeng yang disimpan di D'topeng dikelompokkan menjadi 2 bagian berdasarkan bahan dasarnya,yaitu berbahan dasar kayu dan batu.
Berbahan kayu,sebagian besar berasal dari daerah Bali,Jawa Timur,Jawa Tengah,Yogyakarta,Jakarta,dan Jawa Barat.
Sedangkan topeng yang berbahan batu berasal dari daerah sekitar Sulawesi dan Maluku.

3. Barang-barang tradisional juga dipamerkan di D’topeng. Barang-barang tradisional yang mengisi etalase-etalase museum ini adalah senjata tradisional, perhiasan wanita zaman dahulu yang berbahan dasar logam, batik-batik motif lama, dan hiasan rumah kuno. Berdasarkan bahan dasarnya, barang-barang tersebut juga dapat dikelompokkan menjadi empat, yaitu:
- berbahan dasar kayu seperti hiasan rumah berupa kepala kerbau asal Toraja,
- berbahan dasar batu seperti alat penusuk jeruk asal Batak,
- berbahan dasar logam seperti pisau sunat dan perhiasan logam asal Sumba,
- berbahan dasar kain seperti batik berbagai motif asal Yogyakarta dan Jawa Tengah.

4. Barang-barang kuno yang ada di museum ini yaitu guci tua, kursi antik, bantal arwah, mata uang zaman kerajaan-kerajaan, dan lain-lain. Berdasarkan bahan pembuatannya, barang-barang kuno atau antik digolongkan menjadi 2, yaitu :
a).Barang kuno berbahan dasar keramik, contohya guci-guci tua peninggalan salah satu dinasti di China dan bantal yang digunakan untuk bangsawan Dinasti Yuan (China) yang sudah meninggal.
b).Barang kuno berbahan dasar logam, contohnya jinggaran coin (Kerajaan Gowa), mata uang Kerajaan Majapahit, koin VOC, dan kursi antik asal Jawa Tengah.

5. a).Untuk memamerkan benda-benda yang ada di D’Topeng.
b).Sebagai media pelestarian budaya.
c).Sebagai museum yaitu konservasi benda-benda langka agar terhindar dari perdagangan ilegal.

Anonim mengatakan...

Ainuun Ridayanti
X Ips 2/03

2. D'topeng adalah salah satu tempat wisata yang terletak di kota Batu, Jawa Timur dan keberadaannya tidak terlepaskan dari museum angkut.
3. Topeng yang disimpan di D'topeng dibedakan menurut bahan dasarnya yaitu:
a. Topeng yang terbuat dari kayu berasal dari daerah Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat.
b. Topeng yang terbuat dari batu berasal dari daerah Sulawesi dan Maluku.
4. Barang-barang tradisional yang ada di D'topeng antara lain:
a. Senjata tradisional dari seluruh Indonesia.
b. Hiasan rumah adat yang ada di Indonesia.
c. Perhiasan logam wanita.
d. Batik bermotif tradisional.
5. Barang-barang kuno yang ada di D'topeng antara lain:
a. Hiasan rumah adat Toraja.
b. Guci antik.
c. Bantal arwah.
d. Mata uang kerajaan yang ada di Indonesia
6. Manfaat dari D'topeng yaitu:
a. Untuk sarana rekreasi.
b. Untuk sarana edukasi dan pembelajaran.
c. Untuk media pelestarian budaya.

Anonim mengatakan...

Nama :Ahmad Favian
No :4
Kelas:X IIS 1

1.D`topeng adalah salah satu tempat wisata yang terletak di Kota Batu,Jawa Timur.Tempat ini berisi berbagai barang barang antik yang berasal dari nusantara.
2.Topeng yang disimpan di museum D`topeng dibagi menjadi dua yaitu :
=>topeng yang berbahan dasar kayu sebagian besar berasal dari daerah Bali,Jawa timur,Jawa Tengah,Yogyakarta,Jakarta,dan Jawa Barat.
=>topeng berbahan dasar batu berasal dari daerah sekitar Sulawesi dan Maluku.
+contoh topeng yang tersimpan di museum D`topeng :
topeng kematian,topeng suku dayak,topeng buto terong,topeng panji asmorobangun,dsb.
3.Barang barang tradisional yang mengisi etalase etalase museum ini adalah senjata tradisional,perhiasan wanita zaman dahulu yang berbahan dasar logam,batik batik motif lama,dan hiasan rumah kuno.
=> Berdasarkan bahan dasarnya,barang barang tersebut juga dapat dikelompokkan menjadi empat yaitu :
+berbahan dasar kayu seperti hiasan rumah berupa kepala kerbau asal Toraja.
+berbahan dasar batu seperti alat penusuk jeruk asal Batak.
+berbahan dasar logam seperti pisau sunat dan perhiasan logam asal Sumba.
+berbahan dasar kain seperti batik berbgai motif asal Yogyakarta dan Jawa Tengah.
4.barang barang kuno di museum D`topeng seperti:
a)guci tua
b)kursi antik
c)bantal arwah
d)mata uang zaman kerajaan kerajaan,dsb
Barang barang tersebut dapat pula digolongkan menjadi dua jenis berdasarkan bahan pembuatannya :
a)barang antik berbahan dasar keramik.Contohnya : guci guci tua peninggalan salah satu dinasti di Tiongkok dan bantal yang digunakan untuk bangsawan Dinasti Yuan (Tiongkok)yang sudah meninggal.
b)barang antik berbahan dasar logam.Contohnya jinggaran coin (Kerajaan Gowa),mata uang Kerajaan Majapahit,koin VOC,dan kursi antik asal Jawa Tengah.
5.=>sebagai media pelestarian budaya
=>sebagai media pembelajaran
=>sebagai konservasi benda benda langka agar terhindar dari perdagangan ilegal
=>sebagai media informasi

Anna setyowati mengatakan...

Anna setyowati
05 / X IPS 1

1. Tempat wisata yang seringkali disebut pula sebagai Museum Topeng karena berisi topeng dengan berbagai model dan bentuk dan benda-benda berupa barang tradisional dan barang antik.
2. Topeng-topeng tersebut dikelompokkan menjadi 2 bagian berdasarkan bahan dasarnya, yaitu kayu dan batu. Topeng berbahan kayu sebagian besar berasal dari Bali, JawaTimur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jakarta, dan Jawa Barat. Sedangkan topeng berbahan batu berasal dari Sulawesi dan Maluku.
3. Barang-barang tradisional yang mengisi etalase-etalase museum ini adalah senjata tradisional, perhiasan wanita zaman dahulu, yang berbahan dasar logam, batik-batik motif lama, dan hiasan rumah kuno.
4. Barang yang masih dianggap memiliki nilai seni tinggi atau biasa dibilang antik, seperti guci tua, kursi antik, bantal arwah, mata uang zaman kerajaan-kerajaan, dll.
5. Sebagai media pelestarian budaya, sebagai museum, sebagai konservasi benda-benda langka dari perdagangan illegal.