KOMPONEN KURIKULUM
Permasalahan:
1.Apa saja yang disebut sebagai komponen kurikulum?
2.Bagaimana hierarki tujuan dalam pendidikan nasional?
3.Apa yang dimaksud organisasi secara vertikal dan horizontal dalam kurikulum?
4.Apa fungsi kurikulum bagi guru dan kepsek?
5.Apa pula fungsi kurikulum bagi orang tua?
1. Komponen Tujuan
Ada dua jenis tujuan yang terkandung di dalam kurikulum sekolah:
1.tujuan yang ingin dicapai sekolah secara keseluruhan
2.tujuan yang ingin dicapai dalam setiap bidang studi
Hierarki Tujuan
Tujuan pendidikan nasional
Tujuan institusional
Tujuan kurikuler
Tujuan instruksional
2. Komponen Materi (Isi & Struktur Program)
Isi Kurikulum
Kur 75: pokok bahasan, bahan pengajaran, sumber bahan, GBPP
Struktur Program
1.Pendidikan Umum (Agama, PMP, Bhs. Ind., Bhs. Inggris, Orkes)
2.Pendidikan Keguruan (Ilmu dan Praktek Keguruan)
3.Pendidikan di SD/ Spesialisasi/ Pengembangan (IPS, Matematika, Seni, dan Ketrampilan)
3. Komponen Organisasi dan Strategi
Organisasi
a.Horisontal
1) Subject centered: biologi, fisika, sejarah, ilmu bumi, dll.)
2) Kelompok mapel (broadfied): IPS, IPA, Kesenian, Matematika, dll.
3) Kesatuan program (integrated program)
Vertikal
1.Sistem Kelas ( I, II, III ) dan kenaikan kelas dilaksanakan setiap tahun
2.Program tanpa kelas (kenaikan tingkat dilaksanakan secara individual, sering disebut sks)
3.Perpaduan keduanya (tetap ada kelas, setiap semester dibebankan berapa sks)
Strategi
Cara yang ditempuh meliputi:
1.Cara dalam melaksanakan pelajaran
2.Cara dalam melaksanakan penilaian
3.Cara dalam bimbingan dan penyuluhan
4.Cara dalam mengatur kegiatan secara keseluruhan
(cara mencakup kegiatan umum maupun metode pada setiap bidang studi)
Pertimbangan
1.Kemampuan guru
2.Lingkungan anak dan sarana yang diperlukan
3.Tujuan dan situasi
4.Sifat polivalent (beberapa metode untuk satu tujuan, dan polipragmatis yang artinya satu metode untuk mencapai lebih dari satu tujuan)
Metode pada kurikulum 1975
1.Ceramah
2.Tanya jawab
3.Demonstrasi
4.Eksperimen
5.Pemberian tugas
6.Karyawisata
7.Sosiodrama
8.Bermain peran
9.Kerja kelompok diskusi
10.Simposium, seminar, dan lain-lain
4. Komponen Sarana dalam Kurikulum Lembaga pendidikan
Sarana Personal (guru, tenaga edukatif, tenaga teknis nonedukatif, tenaga khusus)
Sarana material (bahan instruksional, sarana fisik, sarana operasional)
Sarana Kepemimpinan
Sarana Administratif (pedoman: khusus bidang pengajaran, penyusunan satpel, praktik keguruan, bimbingan siswa, administrasi dan supervisi)
5. Komponen Evaluasi
Penilaian terhadap kurikulum dimaksudkan sebagai feedback terhadap tujuan, materi, metode, dan sarana dalam rangka membina dan mengembangkan kurikulum lebih lanjut
KOMPONEN KURIKULUM
Tujuan, isi atau materi, proses atau sistem penyampaian dan media, serta evaluasi.
Kurikulum harus memiliki relevansi atau kesesuaian. Kesesuaian ini meliputi:
1.Kesesuaian antara kurikulum dengan tuntutan, kebutuhan, kondisi, dan perkembangan masyarakat.
2.Kesesuaian antarkomponen kurikulum
1. Tujuan
Tujuan mengajar dibedakan atas beberapa kategori sesuai dengan perilaku yang menjadi sasarannya.
Gage dan Briggs, 5 kategori tujuan:
1.intellectual skills
2.cognitive strategis
3.verbal information
4.motor skills
5.attitudes
Bloom (3 kategori mengajar)
Domain Kognitif (berkenaan dengan penguasaan kemampuan-kemampuan intelektual atau berpikir)
Domain Afektif (berkenaan dengan penguasaan dan pengembangan perasaan, sikap, minat, dan nilai-nilai)
Domain Psikomotor (penguasaan keterampilam motorik)
Domain kognitif Bloom
Pengetahuan
Pemahaman
Aplikasi
Analisis
Sintesis
Evaluasi
Domain afektif: 5 tingkatan
Menerima
Merespons
Menilai
Mengorganisasi nilai
Nilai-nilai
Domain Psikomotor Anita Harrow (6)
Gerakan refleks
Gerakan-gerakan dasar
Kecakapan mengamati
Kecakapan jasmaniah
Gerakan-gerakan keterampilan
Komunikasi berkesinambungan
2. Bahan Ajar
Resources di mana proses belajar mengajar memperoleh sejumlah pengalaman belajar. Sumber bahan dapat juga berupa tempat (museum, kantor, stasiun, dan sebagainya). Dapat juga berupa orang (camat, kades, petani, sopir, dll.). Barang cetakan (buku, majalah, surat kabar, brosur, dan sebagainya)
3 komentar:
tujuan yg mendasar buat kurikulum tu apa pak,,,,,,,,,,,,,manfaat yg bisa dirasakan langsung ke siswa,guru n komponen lainya
setiap 10 tahun kita selalu ganti kurikum.........menurut bapak kurikulum ktsp masih bisa dikembangkjan lagi atau tidak karena mengikuti perkembangan jaman
hmmm ...
pak mau tanya,sma3 surakarta itu menerima siswa dari luar kota ndak ??
Posting Komentar