Selasa, 03 Agustus 2010

FEATURE TOKOH

TUGAS KELAS XII SBI 2 DAN 3:

Kemampuan seseorang untuk merumuskan sebuah wacana sangat dipengaruhi oleh kebiasaannya dalam menulis. Sikap apresiatif dalam berwacana bisa membuahkan kontribusi positif bagi pembaca. Pada latihan berwacana kali ini, siswa kelas XII SBI-2 dan 3 saya beri tugas menyusun wacana tentang unsur menarik dari tokoh yang dipilihnya. Unsur menarik pada diri tokoh dapat berupa kelebihan-kelebihan sang tokoh maupun sisi buruk kehidupannya yang disajikan secara seimbang dan netral (tidak memihak). Rumusan ini sering disebut feature atau profil tokoh! Selamat mengerjakan dan kirimkan lewat komentar pada blog ini. Terima kasih!

19 komentar:

Anonim mengatakan...

Cahyo Yuwono
XII SBI 3
07

Benjamin Franklin, mungkin nama ini sedikit asing di telinga kita, akan tetapi dia merupakan salah satu tokoh yang sangat berpengaruh dalam dunia ilmu pengetahuan. Ia mampu membuktikan bahwa petir itu sebenarnya adalah listrik, selain itu dia juga mampu membuat penangkal petir yang masih digunakan sampai sekarang. Kesuksesan di dunia ilmu pengetahuan ini dibarengi dengan kesuksesannya dibidang yang lain seperti bisnis, sastra, bahkan dalam dunia politik. Keberhasilannya di dunia politik ditunjukkan dengan kemampuannya untuk membangkitkan semangat disamping menjadi organisator masyarakat. Dia adalah pendiri rumah sakit pertama di Philadelphia dan juga mampu mengorganisir perusahaan pemadam kebakaran hingga sukses.Selain itu dia juga merupakan perintis perpustakaan keliling dan kelompok masyarakat ilmuan yang pertama disana. Kesuksesannya tersebut sudah mulai tampak sejak Benjamin berusia 15 tahun, yaitu mampu mencetak koran pertama yang independen dari kolonisasi Inggris.

Anonim mengatakan...

Tak pernah sekalipun saya berusaha untuk dikenang dunia, hidupku ini kubaktikan pada peristiwa-peristiwa di sekitar, bagi generasi dan jamanku. Itulah kata-kata Abraham Lincoln saat ia ingin mengakhiri hidupnya karena tekanan saat usianya 32 tahun. Tetapi Lincoln adalah sosok yang tegar, dia tetap berusaha melawan perbudakan meski penuh tekanan. Lincoln yang telah kehilangan ibu sejak kecil tumbuh menjadi pengacara handal dan jujur dengan belajar dan membaca tanpa mengikuti pendidikan formal. Merintis karir politik dari nol, Abraham Lincoln terus berjuang hingga menjadi presiden amerika serikat yang ke 16. Ditengah puncak karir politiknya Abraham Lincoln mati dibunuh di depan istrinya sendiri. Itulah sosok Abraham Lincoln yang sangat terkenal karena berhasil menghapus perbudakan dan mendamaikan dua pihak yaitu amerika bagian utara dan bagian selatan. Ia yang menginspirasi kita untuk selalu berjuang melawan ketidakadilan.

CHANDRA ISMARTINNO
XII SBI 3
9

Anonim mengatakan...

Semua orang mengenal Bill Gates tentunya, seorang yang begitu cerdas, aktif, kreatif dan kaya raya pastinya. Dengan anugrah Tuhan yang dimilikinya itulah pada tahun 1990 beliau menciptakan system operasi yang sukses di pasaran. Menurut survey suatu majalah, hal tersebut telah mengatarkannya menjadi orang terkaya di dunia berturut-turut selama 1996-2004 dengan jumlah $ 90 milyar. Sungguh jumlah yang tidak bias kita bayangkan, apalagi jika dirupiahkan. Dari kecil beliau terkenal sebagai anak yang cerdas, bahkan karena itulah beliau dijauhi teman-temannya dan membuat orang tuanya memindahkannya ke Lakeside School, sebuah sekolah dasar bergengsi khusus bagi laki-laki. Setelah lulus dari sekolah tersebut, beliau melanjutkan di Harvard University di Cambridge. Disanalah lelaki yang lahir pada 28 Oktober 1955 tersebut mengenal computer. Dari sana pula beliau melahirkan system operasi yang sangat terkenal itu. Sayang, pada tahun 2008 silam, anak kedua dari pasangan William Henry Gates dan Mary Maxwell itu memutuskan berhenti dari jabatannya sebagai manajemen Microsoft untuk berkonsntrasi pada kerja kedermawaan melalui yayasan social yang didirikan bersama istrinya Melinda Gates.

Irham Abdi Fattah
XII SBI 3
19

Anonim mengatakan...

Grace Natha Destiana Saputri
XII SBI 2
10
Sekarang dunia semakin menjauhi kehidupan surga. Banyak orang yang mengaku menerapkan perintah-perintah Tuhan dan menjauhi larangan-Nya dalam hidup mereka, tetapi nyatanya semua itu hanyalah palsu. Ketika orang-orang yang berkata palsu tersebut dihadapakan pada orang yang berniat membawa kematian kepada mereka,apakah mereka sanggup memaafkan orang tersebut dengan setulus hati dan mau mengangkatnya sebagai saudara sendiri? Atau maukah orang-orang yang berkata palsu itu mengorbankan nyawanya demi menghentikan perang di negara yang berisi dengan pembunuh dari ratusan teman-teman mereka? Tentu saja mereka tidak akan melakukannya, tapi hanya satu orang yang sanggup melakukannya. Dialah Paus Yohanes Paulus II. Satu-satunya orang yang sanggup mengangkat Mehmet Ali Aqpa yang nyaris membunuhnya sebagai saudaranya dan memaafkannya dengan setulus hati bahkan meminta jemaatnya di seluruh dunia untuk mendoakan Aqpa. Dan sanggup menyatukan kembali Jerman Barat dan Jerman Timur.

Anonim mengatakan...

Malcom X

Tentu anda merasa asing saat mendengar nama Malcom X. Ia adalah seorang penyebar agama Islam di Amerika Serikat. Ia hidup pada masa di mana Amerika Serikat masih terdapat perang antar ras, yaitu perang antara ras orang berkulit putih dengan ras orang berkulit hitam.
Setelah ayahnya meninggal, kemudian ia menjadi anak yang nakal dan ia pun mengenal dunia hitam. Karena kejahatannya, ia pun akhirnya dipenjarakan. Saat berada di penjara, ia kemudian mengenal agama Islam dari dua orang saudaranya yang sering mengunjunginya. Kemudian ia pun ikut memeluk agama Islam dan mulai mempelajari Islam secara lebih mendalam. Setelah bebas dari penjara ia pun mengikuti sebuah organisasi agama Islam bernama NoI seperti kedua saudaranya. Beberapa lama ia kemudian sadar bahwa ajaran Islam yang dipelajari di NoI merupakan ajaran yang salah. Setelah mengetahui hal tersebut, ia mencari lebih dalam akan kebenaran ajaran Islam yang sesungguhnya dan akhirnya keluar dari NoI.
Setelah mengetahui ajaran Islam yang sesungguhnya ia pun mulai berdakwah. Kemudian ia mendirikan sebuah organisasi Islam bernama Afro-Amerika. Saat akan memberi ceramah di sebuah hotel di New York, ia ditembak oleh orang Afrika-Amerika yang pernah ia tolong sebelumnya. Sungguh mengenaskan sekali nasibnya, namun impian Malcolm X untuk menyebarkan visi antirasisme dan nilai-nilai Islam yang humanis, ikut menggugah semangat kalangan Afro-Amerika dan dunia.
Menurut saya ia adalah sosok yang patut diacungi jempol atas jasanya dalam menyebarkan agama Islam walaupun masa lalunya yang kelam kurang dapat dijadikan sebagai contoh.


Donna Nur Rahima
XII SBI 3
no: 13

Anonim mengatakan...

Maxwell, ya nama tersebut rasanya tidak asing lagi di telinga kita dan hampir banyak orang yang mengenalnya. Teoritikus terbesar di bidang fisika dalam seluruh masa antara Newton dan Einstein. Beliau adalah sosok yang patut dijadikan panutan terutama oleh generasi muda sekarang. Maxwell mampu mencetuskan banyak teori yang sangat bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan. Pria yang lahir di Skotlandia termasuk sosok yang kreatif hal tersebut terlihat dari kemampuannya mengubah sejumlah besar fenomena menjadi satu teori tunggal saja. Satu hal lagi yang tentunya tidak kalah menarik, walaupun sangat cerdas beliau tetap bekerja keras untuk mengembangkan talenta yang beliau miliki secara optimal, bukan hanya untuk dirinya sendiri melainkan untuk orang lain.

Nama : A. Dewi Lukitasari
Kelas : XII SBI 3
No : 02

Anonim mengatakan...

Mozart adalah salah seorang komponis musik klasik Eropa yang paling
penting di zamannya.Dia memiliki kemampuan-kemampuan luar biasa seperti
mengenal nada dengan tepat tanpa bantuan alat apapun, dia bahkan berhasil
menciptakan komposisi pertamanya pada umur 5 tahun.
Perjalanan hidup Mozart diwarnai dengan berbagai tragedi, dia pernah
dipecat secara tak terhormat oleh seorang uskup tetapi hal ini malah
membakar semangat Mozart untuk membuktikan bahwa karyanya pantas dihargai.
Kematian Mozart terselubung berbagai misteri, mulai dari sebab kematian
yang tidak pasti hingga jenazah yang harus dipindahkan karena ketidakmampuan
keluarganya untuk membayar pemakaman.Namun,di balik semua tragedi tersebut,
Mozart berhasil menjadi "Sang Legenda" yang nama dan karya-karyanya tetap
dikenang hingga berabad-abad kemudian, seperti yang selalu diimpikan olehnya.

Nabila Anggita P.L
XII SBI 3
24

Anonim mengatakan...

Nama : Shindy Widha D
Kelas : XII SBI 3
No : 26

Isaac Newton, mungkin nama ini tidak terasa asing di telinga kita. Ya, ia merupakan sosok ilmuwan yang bisa dikatakan hampir menguasai semua bidang ilmu pengetahuan. Bagaimana tidak, selain sebagai seorang fisikawan, Isaac Newton juga menjadi ahli matematika, astronomi, filsafat alam, kimia, dan bahkan ilmu di bidang teologi pun juga ia kuasai. Sosok ilmuwan yang lahir pada tanggal 25 Desember 1642 ini telah meletakkan dasar-dasar teori ilmu pengetahuan yang menjadi pedoman bagi ilmuwan lain dalam melakukan penelitian. Tetapi tahukah anda walaupun Isaac Newton dianugrahi otak yang cemerlang, pada masa kecilnya ia tampak ogah-ogahan dan tidak menarik perhatian dalam sekolah. Ketika menginjak usia 21 tahun ia mulai mampu menunjukkan bakatnya, ia mampu meletakkan dasar-dasar teori ilmu pengetahuan yang mengubah dunia. Melalui dasar-dasarnya ia menjungkirbalikkan teori-teori yang telah dianut banyak orang sebelumnya. Seperti teori ihwal cahaya, pemantulan, dan pembiasan cahaya yang diterapkan pada pembuatan teropong refleksi pertama. Isaac Newton wafat pada tahun 1727 dan dikebumikan di Westminster Abbey. Ia menjadi ilmuwan pertama yang memperoleh penghormatan macam ini.

Anonim mengatakan...

Kecintaan akan tanah air yang sejati membawa Mahatma Gandhi bak semilir angin di tengah kesengsaraan rakyat India. Kharisma sang tokoh memimpin perjuangan India dari penindasan Inggris sudah tak terbantahkan. Bertahun - tahun beliau mengisi perjuangannya dengan pidato serta orasi di muka umum, tanpa rasa takut dengan ancaman dari militer Inggris yang setiap saat bisa datang untuk menangkapnya. Jiwa kepahlawanannya telah mengilhami rakyat India, bahkan beliau identik sebagai tokoh pembawa tonggak berdirinya keberanian rakyat India untuk menentang penjajahan Inggris.

Nama : Nindy Nandira
Kelas : XII SBI 2
No. Absen : 18

Anonim mengatakan...

Imam Syafi'i adalah manusia yang luar biasa, dia terlahir dengan kecerdasan dan kecepatan menghafal di atas rata-rata orang biasa. Dia bisa menghafalkan seluruh ayat al-Qur'an dengan lancar ketika berumur 6 tahun dan bahkan pernah khatam 16 kali dalam perjalanan Mekah-Madinah. Yang lebih hebatnya lagi, umur 15 tahun di angkat menjadi seorang mufti di kotanya, yaitu ulama besar yang ilmunya tidak perlu diragukan lagi. Julukan mufti kecil disandangnya, karena ilmu-ilmu yang telah dikuasainya. Hal inilah yang membuat orang terkagum-kagum dan patut meneladani sosok Imam Syafi'i.


Nama : Yunita Nugrahaini S.
Kelas : XII SBI 3
Absen : 28

World of A Rebel mengatakan...

Mengenal sosok Leonardo da Vinci membuat kita langsung berorientasi pada kejeniusannya. Sebagai orang serba bisa, dia memahami sains , sekaligus ilmu lukis. Banyak menelurkan lukisan, patung atau struktur mekanis. Yang terkenal misalnya lukisan 'The Last Supper' dan 'Monalisa'. Suatu lukisan dengna gaya Leonardo dan tidak terikat aliran yang berkemabng pada masa itu.Alasan mengapa da Vinci terus berkarya tanpa henti adalah tekad tidak pernah berhenti mengejar kemajuan. Selain itu da Vinci mendedikasikan hidupnya pada sains dan ilmu lukis. Prinsip seperti itu banyak menginspirasi banyak orang sampai sekarang. Walaupun begitu, karya da Vinci banyak berbentuk sketsa dan tidak selsai. Sangat disayangkan, mengingat da Vinsi adalah seorang jenius pada jaman itu.

Fati Apriandini M
XII SBI 3
16

NKY mengatakan...

Nelson Mandela, nama yang tidak asing di telinga kita bukan? Nelson merupakan pria keturunan Afrika yang mewarisi profesi ayahnya, menjadi seorang pengacara terkenal. Akan tetapi, profesi itu justru mengantarnya ke hotel prodeo di Robben Island karena kegigihannya menuntut persamaan hak di tengah kuatnya sistem apartheid yang berlaku saat itu. Dari balik jeruji besi, Nelson tetap berjuang. Tidak ada kata menyerah di dalam kamusnya. Karena kegigihannya, pada tahun 1993 Nelson dianugerahi Nobel Perdamaian.


Nuke Kus Yuanita
XII SBI 2
19

Anonim mengatakan...

Nama : Bizal Winawan S
Kelas : XII RSBI 3
06
Baharudin Joseph Habibie atau yang lebih di kenal dengan nama B.J. Habibie beliau yang lahir di Pare-Pare sudah menunjukan bakatnya di bidang teknologi sejak remaja sehingga Habibie dapat melanjutkan sekolah S-2 hingga S-3 di Jerman. Dan karna kejeniusanya Habibie langsung di terima di salah satu perusahaan pembuatan pesawat terbang di Jerman, Habibie langsung di tempatkan di posisi yang tinggi yaitu sebagai Vise Maneger. di masa jabatanya, Habibie sudah membuat banyak rancangan pesawat yang canggih dan modern. meski Habibie sudah memiliki kekayaan dan kekuasaan di Jerman, Habibie masih tetap ingat dan mau mengabdi pada tanah airnya, sehingga dia rela melepas jabatan tertingginya sebagai Vise Manager dan menuju ke Indonesia. Dan karna pemikiranya yang maju dan cerdik, dia di angkat sebagai menteri, dan jabat tertingginya di Indonesia adalah menjadi Presiden RI selama beberapa bulan.

Anonim mengatakan...

Soichiro Honda.

Honda. Yang terbesit pertama dalam pikiran kita ketika mendengar nama tersebut adalah sebuah merek motor atau mobil. Dibalik nama besar, pastilah ada sejarah panjang. Soichiro Honda adalah nama besar pendiri perusahaan motor Honda. Ketika mengingat motor atau mobil yang berlabel "Honda", pasti kita berpikir Soichiro Honda adalah penemu yang jenius. Tapi kenyataannya? Beliau adalah orang yang tidak memiliki otak cemerlang. Semua kesuksesan yang diraihnya tidaklah instan. Semasa kecil, rasa keingintahuannya sangat besar. Beliau suka melihat pesawat dan cara kerja mesin penggiling padi. Pada usia 20an, Honda mulai menemukan piston, ruji dan lain-lain. Dan pada akhirnya beliau berhasil menciptakan motor pertamanya. Salah satu kunci sukses dari Honda adalah ketika anda mengalami kegagalan, mulailah memimpikan hal baru.

Beltian Hanny Priyatna
XII - RSBI - 2
5

Anonim mengatakan...

Thomas Alva Edison sosok yang terkenal di seluruh antero dunia karena berbagai penemuannya yang sangat berguna bagi manusia. Seorang penemu yang sangat gigih ini telah berhasil memberikan penerangan bagi dunia lewat percobaannya terhadap 6000 bahan logam berbeda yang dijadikannya sebuah lampu pijar. Selain itu sudah sekitar 1039 hak paten atas karya yang di akui dan di pakai dunia sudah beliau kantongi. Sungguh prestasi yangluar biasa dari seorang penemu yang masa kecilnya di anggap bodoh dan tidak mengecap rasanya bangku sekolah formal.


M. Bayu Prakoso Aji
XII-SBI-3
23

Anonim mengatakan...

Mengenal seorang gadis penyandang tuna netra dan rungu sejak berumur 19 bulan mengingatkan kita untuk senantiasa bersyukur kepada Tuhan dengan memanfaatkan anugrah yang diberikan kepada kita dengan sebaik-baiknya. Hingga sosok Anne Sullivan muncul sebagai guru privatnya hingga ia bisa lulus Universitas Harvard dengan nilai yang memuaskan setelah 4 tahun menempuh pendidikan. Sungguh menakjubkan karena kegigihan dan kejeniusannya dalam belajar, ia menjadi orang tuna netra dan tuli pertama yang lulus di Perguruan Tinggi. Dia juga ahli dalam ilmu kebumian, sejarah, dan tata bahasa. Tidak berhenti sampai disitu, ia berceramah di hampir seluruh negara bagian Amerika untuk mendapatkan dana bagi penyandang tuna netra dan rungu supaya mereka tetap bisa bersekolah dan lulus Perguruan Tinggi seperti dirinya. Hingga akhirnya tahun 1945 berbagai negara di dunia mulai membuat Undang-Undang perlindungan terhadap orang-orang cacat. Sungguh, sebuah perjuangan yang besar dari seorang penyandang tuna netra dan rungu, Hellen Keller.

CHANTIKA BUNGA NUGRAHA
XII SBI 3/ 10

Anonim mengatakan...

Bukan keinginan seorang Gregor Mendel dilahirkan dari keluarga miskin dan kekurangan. Bukan keinginannya juga ia mengidap epilepsi sejak kecil, yang dikemudian hari membuatnya tidak dihargai dan dipandang sebelah mata oleh orang lain. Namun itu semua tidak menghalangi Gregor Mendel untuk tetap berusaha agar Teori Hereditasnya diterima oleh dunia. tak kurang dari 21.000 jenis tanaman ia gunakan untuk penelitiannya. Usaha dan kerja kerasnya berbuah manis diakhir hidupnya. Walaupun saat ia meninggal Teori Hereditasnya belum diakui dunia, namun beberapa tahun sepeninggalan Gregor Mendel, teori tersebut terbukti kebenaraannya dan mulai diakui dunia. Sehingga sudah sepatasnya bila dunia memberi penghargaan padanya sebagai Bapak Genetika Modern


Lis Martiningsih
XII SBI 2
12

Anonim mengatakan...

Terkenal dengan penemuan cerdasnya yang membuat kemajuan besar di bidang ilmu pengetahuan khususnya fisika dan medis, nama Wilhelm Contrand Rontgen tentu tak asing bagi kita. Dia tak lagi hanya dikenal sebagai dosen fisika beberapa universitas, melainkan sebagai penemu dan peroleh penghargaan Nobel di Bidang Fisika. Kesabarannya menghantarkan Rontgen pada sebuah hasil tak terduga. Siswa cerdas yang difitnah dan berkali-kali ditolak oleh universitas ini memiliki mental yang kokoh. Kecintaanya belajar tak terhalangi oleh keadaan buruk yang dialaminya. Semangat dan perjuangannya kini telah membuka wawasan ilmu pengetahuan dan menyelamatkan nyawa begitu banyak orang.



Rina Dwi Purnamasari
XII SBI 2
23

Anonim mengatakan...

kabarnya aditya poenk bagaimana pak?