Senin, 02 Januari 2012

Tugas Kelompok: Mata Kuliah Dasar-Dasar Kurikulum

Tugas Mata Kuliah
Dasar-dasar Kurikulum

1. Buatlah sebuah makalah berupa pembahasan pokok-pokok masalah dari buku yang Anda baca, di bawah ini!
2. Makalah sedikitnya 3 (tiga) halaman kertas kuarto (A4) ditulis dengan huruf TNR font 12 spasi 1,5 margin 4-3-3-3
3. Isi sampul berupa judul, penjelasan judul, logo UMS, kelompok penyusun (nama lengkap dan NIM), identitas lembaga.
4. Warna sampul Merah untuk kelas D, Hijau untuk kelas E, dan Putih untuk kelas F.
5. Sistematika makalah (pengantar, pendahuluan, rumusan masalah, pembahasan, penutup, dan daftar buku acuan)
6. Diserahkan kepada Drs. Bambang Dwi Sasongko, atau dikumpulkan kepada pengawas ujian selambat-lambatnya pada saat UAS.

Daftar nama kelompok dan Pokok-pokok masalah dan Sumber Acuan adalah:

Kelompok:
1. D
MUALIM ABDUL MAJID
ARIF RAHMAN HAKIM
WAHID FEBRIYANTO
YULIANA ARDIYANTI
AGUSTINA PUTRI REISTANTI
YULI EVA JUMIATI

1. E
HERNOWO JATI
GALIH ENGGAR WICAKSONO
JAMALUDDIN AHMAD
RIBUT SETYARINI
DWI HAPPY SHOLIKAH
DWI ENDAH PARMIAH

1. F
IRFAN QODRI RAMDHAN
DWI SUCI CAHYANI
TITIK PUJIWATI
TRI WAHYUNI
ANGGITYA ALFIANSARI
SEPTIANA DWI PUSPITA SARI
UMI SHOLIKATI
MARLINA ROHMA DHONI

Masalah:
a. Apa Pengertian, Dimensi, Fungsi, dan Peranan Kurikulum?
b. Bagaimana Pendekatan, Model, dan Strategi dalam Pembelajaran yang Baik?

Acuan:
Kurikulum dan Pembelajaran oleh: Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran UPI

Kelompok:
2. D
RISKI ANDREAS
DAVID WISNU AJI
POPY SEPTIANA
LIRING AYU CANDRASARI
MARYANI
WAHITHA AMBAR SARI

2. E
HIMAWAN DWI NUGROHO
RISMA APRIANTO
UBAID ARSYA ZAMAKHSYARI
LOTARI DEVI RIANA
SHOLIKHIN DAROJAD TRI CAHYONO
WIHAYANTI

2. F
ADDYMUKTI WISNUBROTO
SRI RAHAYUNINGSIH
MUTMAINNAH
PUPUT IKA PABRIANTI
FIANDATIKA IRAWATI
NOVITA SULISTYORINI
ARGA NUPITA

Masalah:
a. Apa Landasan yang Digunakan dalam Pengembangan Kurikulum?
b. Bagaimana Inovasi Kurikulum dan Pembelajaran yang Diharapkan di Sekolah?

Acuan:
Kurikulum dan Pembelajaran oleh: Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran UPI

Kelompok:
3. D
SUPRIYADI TRI HARTONO
TEGUH PRASTYA
AYU PARAMITA
DIAH RATNA SARI
ESTER FENY SULISTYANINGRUM
GAYUH SUWARNO PUTRI

3. E
MUHAMMAD JUNATUL ATQIYA AL ROS
FATKUR ROHMAN
AYU LESTARI SUTARNO
HERU SUSANTI
DEWI SURYANTINI
RIRIK NOVITASARI RAHMA DEWI

Masalah:
a. Komponen-komponen apa yang diperlukan dalam pengembangan Kurikulum?
b. Bagaimana Organisasi Kurikulum yang dibutuhkan dalam Pendidikan kita?

Acuan:
Kurikulum dan Pembelajaran oleh: Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran UPI
Tata Laksana Kurikulum oleh: Drs. B. Suryosubroto

Kelompok:
4.D
ERWAN ANDI NUGROHO
SETO ARIF WICAKSONO
NITA RAHAYU
NURHIDAYATI
MERINA RAHMAWATI
ARUM PUJI ASTUTI

4. E
ALFIAN KHOIRUL SUJATMIKO
RIZKY BAGUS ADI PRASETYA
SUSILO SETYASTUTI
RITA
YESI NISNAWATI
PURI KARTIKASARI

Masalah:
a. Prinsip-prinsip apa yang digunakan dalam Pengembangan Kurikulum?
b. Bagaimana Struktur Program Kurikulum dan Implikasinya dalam Kegiatan Administrasi Pendidikan?

Acuan:
Kurikulum dan Pembelajaran oleh: Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran UPI
Tata Laksana Kurikulum oleh: Drs. B. Suryosubroto

Kelompok:
5.D
ARIF JAKA PURNOMO
KISTANTO
RETNO DWI ASTUTI
TANTIA YUKA DAMAYANTI
RINI INDAH NINGRUM
RATNA MANDYA WATI

5. E
MADARINA MADIYAN SAPUTRO
RIZA ARDYANTO
APRIYANI SAFITRI
HASTINI
ITA STYA DEWI
DENI INDAH LESTARI

Masalah:
a. Model-model apa yang ada dalam Pengembangan dan Organisasi Kurikulum?
b. Bamgaimana langkah dalam Menyusun Kalender Pendidikan?

Acuan:
Kurikulum dan Pembelajaran oleh: Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran UPI
Tata Laksana Kurikulum oleh: Drs. B. Suryosubroto

Kelompok:
6.D
TRI KRESNADHITYA ALI MAHMUD
ZAINUL ARIFIN
BAROKAH NUR FITRIANI
DIAN AYUNINGTYAS
EKA WIDIA NINGRUM

6. E
ERWAN PAMBUDI
VERIT ARZIANTO
GALUH TRIA HANDAYANI
WENY LANIA
YULI ASTUTI

Masalah:
a. Apa yang dimaksud dengan Evaluasi dalam Kurikulum?
b. Bagaimana langkah dalam Menyusun Ren cana Pelaksanaan Pembelajaran?

Acuan:
Kurikulum dan Pembelajaran oleh: Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran UPI
Tata Laksana Kurikulum oleh: Drs. B. Suryosubroto

Kelompok:
7.D
YUDHA WAHYU TRY SUKOCO
BASKORO SURYO KUSUMO SRI TUNGG
FRENCY FANNADE STYA
SITI NURANISAH
YULI NURHAYATI

7.E
MIKA MURDIANA
RIDWAN HUSSIN
MAYLANI NURSITA DEWI
NUR HAPSARI OKTININGSIH
ENDAH LESTARI

Masalah:
a. Apa yang dimaksud Konsep dasar Pembelajaran?
b. Bagaimana cara Melaksanakan Sistem Kredit di Sekolah?

Acuan:
Kurikulum dan Pembelajaran oleh: Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran UPI
Tata Laksana Kurikulum oleh: Drs. B. Suryosubroto

Kelompok:
8. D
ANANG SEPTIAWAN
CANGGIH ANGGA NOFATAGRAHA
NURYA SUSANTI
YESSI PURBOSARI
INA NUR PRIYANINGSIH

8. E
HENDRA AHYA PRATAMA
YUGO WINANTO
PURNIATI
NOPIANAH
SARASWATI KARTIKASARI

Masalah:
a. Komponen-komponen apa yang diperlukan dalam Pembelajaran?
b. Bagaimana langkah dalam Menyenggarakan evaluasi Hasil Belajar?

Acuan:
Kurikulum dan Pembelajaran oleh: Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran UPI
Tata Laksana Kurikulum oleh: Drs. B. Suryosubroto

Kelompok:
9. D
TEDY MAULANA SEPTIARSO
MARYANI
RINI HERLINA
INDRI HAPSARI
AYU DWI NUGRAHAENI

9. E
ADITYA MAHENDRA ARIPUTRA
IKSAN DWI PRIAMBODO
RIRIN SETYORINI
AFIFAH WIDYANINGSIH
NIMAS AYU FARIDA

Masalah:
a. Prinsip-prinsip apa yang digunakan dalam pengembangan Pembelajaran?
b. Bagaimana langkah dalam menyusun laoran hasil Pendidikan?

Acuan:
Kurikulum dan Pembelajaran oleh: Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran UPI
Tata Laksana Kurikulum oleh: Drs. B. Suryosubroto

1 komentar:

Gayuh soewarno poetri mengatakan...

pak seandainya buku panduan dan isi tidak hanya dari buku panduan yang ditentukan apakah boleh????? misalnya : mencari bahan referensi dari buku lain, atau internet...

sebelumnya terimakasih...
(gayuh suwarno putri PBSID)