MODUL PEMBELAJARAN
………. (mata pelajaran)
……….(pokok materi)
…../….. (kelas/ semester )
|
Oleh
…… (nama penyusun)
SURAKARTA
2011
PENGESAHAN
Modul … ini digunakan peserta didik kelas … semester … SMA Negeri 3 Surakarta
tahun ajaran ….
Mengetahui
|
|
Kepala SMA Negeri 3 Surakarta
|
|
Drs. Makmur Sugeng, M.Pd
|
|
NIP 19600410 198603 1 012
|
|
|
Modul ini telah didokumentasikan
di Perpustakaan SMA Negeri 3 Surakarta
dan dapat diakses lewat blog ….
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat
Allah SWT atas ……………………… ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Modul tentang … ini diharapkan
dapat dijadikan sumber belajar ………………….
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Modul ini disusun sebagai penunjang
............................................................................. ..........................................................................................................................................
.................................................................................................................
Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang
telah membantu penyusunan dan penerbitan modul ini.
Kami menunggu kritik dan saran semua fihak demi penyempurnaan modul
ini. Demikian, semoga modul
ini bermanfaat bagi kita semua, khususnya bagi peserta didik SMA di Surakarta
untuk mata pelajaran ................
Surakarta,
(tanggal)
Penyusun
(nama penyusun)
DAFTAR ISI
JUDUL
PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I. PENDAHULUAN.
PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL
A.
Petunjuk Untuk Guru
B.
Petunjuk Untuk Siswa
C.
Norma Penilaian
BAB
II. BAGIAN ISI
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Pembelajaran
1................................................................
(pokok materi 1)
Latihan 1
.........................................................................................
Tugas 1
...........................................................................................
B. Kegiatan Pembelajaran 2.
(pokok materi 2)
Latihan
2.......................................................................................
Tugas 2
.................................................................................................
C. Kegiatan Pembelajaran 3
(pokok materi 3)
Latihan 3
........................................................................................
Tugas 3
..................................................................................................
D. Kegiatan Pembelajaran 4
(pokok materi 4)
Latihan
4…………………………………………………………………….
Tugas 4……………………………………………………………………..
E. Kegiatan Pembelajaran 5
(pokok materi 5), … dst.
Latihan
5……………………………………………………………………….
Tugas
5………………………………………………………………………..
BAB III.
EVALUASI DAN REFLEKSI
- EVALUASI..............................................................................
1. Soal pilihan ganda
...............................................................................
2. Soal Uraian
.............................................................................................
3. Soal pengayaan
..............................................................................................
- REFLEKSI ………………………………………………………..
KUNCI JAWABAN
.....................................................................
DAFTAR PUSTAKA.........................................................................................
PENDAHULUAN
Modul ini disusun untuk membantu
memecahkan persoalan …………….pada (mapel)
Kegiatan pembelajaran
1 memuat : ……….
Kegiatan
pembelajaran 2 memuat : …………
Kegiatan
pembelajaran 3 memuat : ………….
Kegiatan
pembelajaran 4 memuat : …………..
Kegiatan
pembelajaran 5 memuat : …………..
Standar Kompetensi :
(diisi SK yang
sesuai)
Kompetensi dasar :
(diisi
KD dalam satu SK)
Tujuan Pembelajaran :
(disesuaikan dengan SK, KD, dan indikator)
Indikator :
(dirumuskan dengan memperhatikan 3 ranah
kognisi, afeksi, dan psikomotorik)
Setiap kegiatan pembelajaran terdiri atas kegiatan
belajar yang memuat uraian materi latihan , tugas dan soal soal uji kompetensi
untuk ulangan harian .
Untuk mencapai penguasan modul diharapkan siswa sudah :
- Memahami …………………………………………………………………..
- Mengerjakan latihan …………………………………………………………
- Mengerjagan tugas dan soal secara mandiri tanpa melihat kunci jawaban
- Cara penilaian menggunakan ketentuan yang telah disediakan
- Siaswa dinyatakan lulus, bila mencapai skor 75 ( KKM )
A.
Petunjuk Untuk Guru
Peranan guru dalam modul ini sebagai fasilitator
dengan memberikan bantuan sehingga peserta didik lebih mudah memahami konsep
tentang …. . Agar konsep …. dapat mudah diingat dan dipahami ,
maka guru harus :
1.
Menguasai
konsep tentang … dengan membaca literatur dari buku
atau internet
2.
Menguasai
tujuan pembelajaran.
3.
Mampu
mengembangkan variasi model dan metode pembelajaran
4.
Memberikan
petunjuk cara menggunakan modul dan cara mengerjakan tugas .
5.
Mempunyai
sifat terbuka kreatif agar peserta didik mempunyai isikap mandiri dan aktif di
setiap kegiatan pembelajaran
6.
Membahas
tugas tugas dan memberi penguatan setiap
konsep dan tugas yang terdapat pada modul … (diisi pokok materi yang sesuai) .
B. Petunjuk Untuk Siswa
Petunjuk Penggunaan Modul
1.
Bacalah
modul ini secara berurutan dari kata pengantar sampai cek
kemampuan. Pahami benar isi setiap babnya.
2.
Setelah
anda mengisi cek kemapuan, apakah Anda termasuk kategori orang yang perlu
mempelajari modul ini? Apabila jawaban Anda ya, maka pelajari modul ini!
3.
Laksanakan
semua tugas yang ada dalam modul ini agar kompetensi Anda berkembang sesuai
standar.
4.
Buatlah
rencana belajar Anda dengan menggunakan format seperti yang ada dalam modul,
konsultasikan pada
guru.
5.
Lakukan
kegiatan untuk mendapatkan kompetensi sesuai rencana kegiatan belajar yang
telah Anda susun dan disetujui oleh guru.
6.
Setiap
mempelajari satu kompetensi, Anda harus mulai menguasai pengetahuan pendukung,
melaksanakan tugas, dan mengerjakan lembar latihan.
C. Norma Penilaian
(soal penguasaan sekurang-kurangnya 10 nomor
sesuai pokok materi, kunci jawaban dilampirkan pada akhir halaman modul)
Cocokkan jawaban anda dengan kunci jawaban yang terdapat pada bagian
belakang . Hitunglah nilai dengan
penggunakan rumus :
Jumlah jawaban yang
benar
Tingkat penguasaan =
------------------------------------------ X 100 %
70
Arti tingkat penguasaan yang anda capai :
90% -100% = Baik sekali dan selamat untuk anda
80%- 89 % = Baik dan anda harus tetap bersemangat lagi mempelajai modul ini
70% - 79 % = Sedang dan anda harus tetap bersemangat lagi mempelajai modul ini dan ulangi konsep yag belum jelas.
< 70 % = Kurang dan anda harus lebih giat membaca modul ini .
Kalau tingkat penguasaan materi anda 80 % ke atas, lanjutkan membaca modul berikutnya .Tetapi bila penguasan materi anda
di bawah 80 %, anda harus mengulang materi pembelajaran terutama yang belum anda kuasai.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kompetensi
Dasar :
(kompetensi
dasar sesuai pokok materi)
Indikator :
(rumusan indikator tiap KD)
Pendahuluan
A.
KEGIATAN PEMBELAJARAN 1
Contoh Soal
(berikan satu
contoh soal sesuai pokok materi)
Pembahasan
:
(berika pembahasan secukupnya)
Latihan 1
1.
Jelaskan jenis-jenis …!
2.
Sebutkan … !
Tugas 1
1.
Jelaskan perbedaan!
2.
Sebutkan contoh …!
3.
Sebutkan penerapan …. dalam kehidupan sehari-hari!
B. KEGIATAN PEMEBELAJARAN 2
Contoh Soal
(berikan satu
contoh soal sesuai pokok materi)
Pembahasan
:
(berika pembahasan secukupnya)
Latihan 2
Tugas 2
C. KEGIATAN PEMEBELAJARAN 3
Contoh Soal
(berikan satu contoh soal sesuai
pokok materi)
Pembahasan :
(berika pembahasan
secukupnya)
Latihan 3
Tugas 3
D. KEGIATAN PEMEBELAJARAN 4
Contoh soal :
Pembahasan
Latihan 4
Tugas 4
E. KEGIATAN PEMEBELAJARAN 5
Contoh Soal
|
Latihan 5
Tugas 5
EVALUASI DAN REFLEKSI
A. EVALUASI .
SOAL PILIHAN GANDA
(sekurang-kurangnya 25 nomor)
SOAL URAIAN
(sekurang-kurangnya 5 nomor)
SOAL PENGAYAAN
(sekurang-kurangnya
5 nomor)
NORMA PENILAIAN
- Soal pilihan ganda …….
- Soal uraian ….
B. REFLEKSI .
Pada akhir sub bab modul ini , anda telah mendapat
tugas berupa …
KUNCI JAWABAN
SOAL OBJEKTIF
SOAL URAIAN
DAFTAR PUSTAKA
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar