Tugas Pengganti Perkuliahan Dasar-Dasar Kurikulum
Drs. Bambang Dwi Sasongko, M.Pd.
Buatlah 10 (sepuluh) pertanyaan berdasarkan ringkasan materi berikut!
Daftar pertanyaan disertai jawaban (tulisan tangan rapi) diserahkan pada perkuliahan Jumat, 19 Oktober 2012. Selamat mengerjakan!
Drs. Bambang Dwi Sasongko, M.Pd.
Buatlah 10 (sepuluh) pertanyaan berdasarkan ringkasan materi berikut!
Daftar pertanyaan disertai jawaban (tulisan tangan rapi) diserahkan pada perkuliahan Jumat, 19 Oktober 2012. Selamat mengerjakan!
n Pendidikan
Formal memiliki rancangan pendidikan / kurikulum tertulis yang tersusun secara
sistematis, jelas, rinci. Dilaksanakan secara formal, terencana, ada yang
mengawasi dan menilai. Diberikan oleh guru/ pendidik yang memiliki ilmu dan
keterampilan khusus dalam bidang pendidikan. Interaksi berlangsung dalam
lingkungan tertentu, fasilitas, alat dan aturan tertentu
n Formal:
Seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran
serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran
untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu (Bab I Ps 1 Ayat 19) UU No. 20
tentang Sisdiknas
n Pengertian
secara tradisional: William B. Ragan dalam buku Modern Elementary Curriculum:
Traditionally, the curriculum has meant the Subject taught in shool, or course
of study Sejumlah pelajaran yang harus ditempuh oleh siswa untuk kenaikan kelas
atau ijazah (Pertengahan abad XX)
n Pengertian
modern: Saylor J. Gallen & William N. Alexander: ‘keseluruhan usaha sekolah
untuk mempengaruhi belajar baik berlangsung di kelas, di halaman maupun di luar
sekolah’ Soedijarto: ‘segala pengalaman dan kegiatan belajar yang direncanakan
dan diorganisir untuk diatasi oleh para siswa/ mahasiswa untuk mencapai tujuan
pendidikan yang telah ditetapkan bagi suatu lembaga pendidikan Association
for Supervision Curriculum Development A Departement of the national Education
Association, dalam buku “Balance in the Curriculum” tahun 1961 mengemukakan
pengertian kurikulum: ‘semua kesempatan belajar yang diberikan oleh sekolah
sebagai bantuan demi pengembangan pelajar yang seimbang’
n Hierarki
tujuan : Tujuan pendidikan nasional, Tujuan institusional, Tujuan kurikuler, Tujuan
instruksional
n Fungsi
Kurikulum: Ikut memberikan bantuan guna memperlancar pelaksanaan program pendidikan
yang membutuhkan kerja sama dengan pihak orang tua / masyarakat. Ikut
memberikan saran yang membangun dalam rangka penyempurnaan program pendidikan
di sekolah
n Pengertian
kurikulum Sempit Kurikulum sebagai mata pelajaran atau bahan ajar. Luas Semua
yang diperoleh siswa karena pengarahan-bimbingan dan tanggung jawab sekolah.
n Tujuan
pendidikan Nasional: Membentuk manusia pembangunan sehat jasmani dan rohaninya,
memiliki pengetahuan dan keterampilan, dapat mengembangkan kreativitas dan
tanggung jawab dapat menyuburkan sikap demokrasi dan penuh tenggang rasa, dapat
mengembangkan kecerdasan yang tinggi dan disertai budi pekerti yang luhur,
mencintai bangsanya dan sesama manusia dengan ketentuan yang termaktub dalam
UUD 1945.
n Tujuan
institusional: tujuan yang hendak dicapai oleh setiap jenjang pendidikan,
misalnya tujuan institusional SD, SMP, SMA, dan seterusnya. Semua tujuan
berorientasi pada pencapaian tujuan nasional, dan agar setiap tujuan tidak
menyimpang maka perlu didahului dengan pengertian pendidikan, dasar pendidikan,
dan tujuan pendidikan nasional.
n Tujuan
kurikuler: Tujuan yang hendak dicapai oleh mata pelajaran tertentu. Berupa
pengalaman-pengalaman belajar siswa sesuai mata pelajaran yang diikuti dan
harus sesuai dengan tujuan institusional dan tujuan nasional. Misal tujuan
pelajaran olahraga dan kesehatan, untuk menjadikan siswa sehat jasmani dan
rohani.
n Tujuan
instruksional: Tujuan yang hendak dicapai pada saat pelajaran berlangsung.
Tujuan ini dibedakan atas tujuan instruksional umum dan tujuan instruksional
khusus.Tujuan instruksional umum (TIU) sudah dirumuskan dan merupakan acuan
dalam perumusan tujuan instruksional khusus.Tujuan instruksional khusus (TIK)
merupakan penanda terjadinya perubahan tingkah laku pada anak setelah mengikuti
pelajaran tertentu.
n Fungsi
kurikulum: Penyesuaian, Pengintegrasian, Pembeda, Persiapan, Pemilihan, Diagnostik.
Masyarakat sosial berkembang sesuai tuntutan kebutuhan (dinamika kehidupan
sosial). Anak didik dituntut untuk bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan dan
kurikulum diciptakan untuk bisa memfasilitasi terjadinya penyesuaian diri
tersebut. Pengintegrasian, anak didik agar dapat mengintegrasikan diri dan alam
dengan pengtahuan, pengalaman, keterampilan, dan cara berpikir yang dimiliki
sehingga dapat berperan dan memberi kontribusi kepada masyarakat secara
integratif. Peranan Kreatif, Kurikulum menciptakan rumusan kebudayaan yang baru
dan bermanfaat bagi kehidupan sekarang dan yang akan datang agar masyarakat
dapat mengembangkan potensinya seoptimal mungkin (contoh Jepang yang
mengawinkan budaya lama dan baru dengan sangat harmonis)
n Prinsip Efisiensi seperti
prinsip ekonomi. Artinya dengan biaya, waktu, dan tenaga yang sedikit diperoleh
hasil yang maksimal, namun dengan pertimbangan yang rasional dan wajar.
n Prinsip Kontinuitas artinya ada keterkaitan antara
tingkat pendidikan, jenis program pendidikan, dan bidang studi. Kesinambungan
antar tingkat pendidikan memungkinkan materi disesuaikan dengan jenjang di
atasnya. Antar bidang studi artinya, materi satu dengan lain harus terpadu
(terkait satu sama lain). Prinsip Fleksibilitas, meliputi keleluasaan dalam memilih program
pendidikan dan keleluasaan dan pengembangan program pengajaran (kesempatan bagi
anak didik dalam mengembangkan ilmu dan keterampilannya dengan tetap betumpu
pada tujuan)Prinsip Orientasi Tujuan , sebelum bahan dan langkah ditentukan,
dirumuskan lebih dulu tujuan yang hendak dicapai. Dengan demikian arah
pembelajaran jelas dan pendidik dapat menentukan metode, alat dan bahan, serta
evaluasi yang sesuai.Prinsip Orientasi Tujuan , sebelum bahan dan langkah
ditentukan, dirumuskan lebih dulu tujuan yang hendak dicapai. Dengan demikian
arah pembelajaran jelas dan pendidik dapat menentukan metode, alat dan bahan,
serta evaluasi yang sesuai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar