Selasa, 06 April 2010

Menyusun Artikel Sepanjang Tujuh Paragraf

Penyusunan artikel sepanjang tujuh paragraf ini dimaksudkan sebagai latihan bagi siswa KELAS X (RSBI) untuk meyusun sebuah artikel secara berkelompok. Langkah-langkah dalam penyusunan artikel meliputi 1) pemilihan topik, 2) perumusan masalah dalam bentuk kalimat pertanyaan atau pernyataan; 3) perumusan latar belakang masalah; 4) perumusan tujuan penulisan; 5) diskusi untuk menyusun faktor penyebab masalah; 6) pembahasan tentang dampak yang ditimbulkan; 7) pembahasan tentang pemecahan masalah; dan 8) perumusan penutup berupa simpulan dan saran/rekomendasi.
Setiap kelompok terdiri atas 5 sampai 7 orang dengan terlebih dahulu menetapkan satu orang sebagai komponen tim pakar penulisan. Topik-topik dipilih berdasarkan pemikiran intensif tentang permasalahan di sekitar siswa yang dipandang cukup hangat dan menarik, antara lain 1) Piala Dunia Sepakbola 2010; 2) Fenomena Balita Perokok; 3) Fatwa Haram Rokok dari Muhammadiyah; 4) Banjir Karawang; 5) Pencalonan Jupe sebagai Wakil Bupati Pacitan; 6) Kecurangan dalam Penyelenggaraan UN 2010; 7) Penyelewengan Pajak oleh Gayus Tambunan; 8) Pernikahan Termahal Abad Ini; 9) Aura Kasih Dituntut 2.3 Milyar; dan 10) Kondisi Psikologis Anak karena Pemaksaan Kehendak Orangtua.
Artikel sepanjang tujuh paragraf ini diharapkan mampu mengungkapkan 3 unsur komponen artikel secara minimal antara lain 1) pembuka berupa latar belakang dan tujuan penulisan, 2) inti/ isi berupa faktor penyebab-dampak yang ditimbulkan-penyelesaian masalah (solusi), serta 3) penutup yang memuat simpulan dan saran.
Selamat berkarya nyata, jangan lupa perhatikan masalah ejaan, tatabahasa, diksi, serta tata penulisan yang baik. SALAM BAHASA!

25 komentar:

Anonim mengatakan...

Kelompok 1 _ X-2
Adinnisa G.I.A (01)
Agnes Audina (02)
Ahmad Rifki A. (03)
Bagas Rangga (09)
Fauziyah A.C. (16)
Kaisa S.P. (23)
Kartika W.S. (24)


Kecurangan Dalam Pelaksanaan UN

Beberapa hari yang lalu, telah dilaksanakan UN di tingkat SMP dan SMA. Seperti yang kita ketahui UN sampai sekarang ini telah menjadi momok bagi para pelajar, karena UN digunakan sebagai tolak ukur kelulusan seorang siswa. Keadaan tersebut membuat para pelajar akan menghalalkan segala cara agar dapat lulus. Mulai dari yang benar-benar belajar keras sampai yang melakukan kecurangan seperti, membeli kunci jawaban dan mencontek.
Maka dari itu dalam wacana ini akan dijabarkan secara singkat mengenai permasalahan para pelajar yang melakukan kecurangan, dengan tujuan agar pembaca mengetahui dan memahami apa yang terjadi saat berlangsungnya Ujian Nasional, serta bagaimana mengatasi problema yang juga menjadi sorotan media tentang kecurangan dalam pelaksanaan UN.
Para pelajar SMP/SMU berani mengambil resiko untuk menyontek dikarenakan keinginan diri sendiri untuk lulus, tetapi ada juga yang mendapat tuntutan keras dari orangtua mereka untuk lulus. Oleh karena itu mereka akan menghalalkan segala cara untuk dapat menempuh tujuan itu. Ketidakpercayadirian adalah salah satu faktor yang menyebabkan mereka menyontek. Ketidakpercayadirian muncul karena didasari oleh rasa malas, yaitu malas belajar. Para pelajar memiliki berbagai macam alasan untuk tidak belajar karena mereka sebenarnya sedang malas belajar. Umumnya ketika mereka masih mempunyai banyak waktu sebelum UN dilaksanakan mereka bermalas-malasan dan belum terlalu memikirkan masa depan mereka. Akibatnya mereka jadi tidak percaya diri saat mengerjakan soal-soal ujian karena merasa kurang dalam belajar.
Supaya hal tersebut tidak terjadi, tindakan yang harus dilakukan adalah pemberian motivasi oleh orang-orang dekat mereka seperti orangtua dan guru pembimbing serta meningkatkan intensitas belajar mereka dalam rangka menghadapi ujian nasional itu. Mereka pun harus menyadari bahwa melakukan kecurangan tidak dapat menjadi tolak ukur kemampuan mereka, sedangkan UN sendiri digunakan sebagai penentu apakah seorang siswa dapat melanjutkan pendidikannya ke tingkat yang lebih tinggi lagi.
Dampak yang dihasilkan dari tindak kecurangan tersebut adalah timbulnya rasa ketergantungan terhadap contekan baik dari bocoran soal maupun dengan bantuan teman yang memberi contekan, sehingga membuat hilangnya keinginan untuk mandiri dan berusaha dengan kemampuan sendiri. Ada juga yang menimbulkan perasaan iri terhadap teman yang mendapat nilai dengan cara tidak murni, seperti hasil contekan atau bocoran soal.
Kebijakan pemerintah terhadap pelaksanaan UN harus mempertimbangkan standar nilai nasional yang ditetapkan agar tidak disamaratakan antara daerah maju dengan daerah belum maju. Sebab banyak daerah yang belum bisa memenuhi standar nilai nasional itu karena fasilitas atau sarana - prasarana yang belum terpenuhi seluruhya.
Seharusnya, penilaian kelulusan dilakukan oleh pihak sekolah atau oleh pendidik yang bersangkutan, karena kelulusan seorang siswa tidak hanya ditentukan oleh nilai UN saja, tetapi juga kepribadian dan proses belajar siswa selama menempuh suatu jenjang pendidikan. Karena yang lebih mengerti siswa adalah pihak sekolah atau pendidik terdekat yang tahu betul bagaimana kemampuan sebenarnya dari seorang siswa.

Anonim mengatakan...

Topik :Fatwa Haram Merokok
Kelompok : 2/X-2
• Anafi Nur 4
• Bimo Adhi 10
• Cyrillus Jodi 11
• Fransisca P.P 17
• Mila Karmila 26
• Pascallia M.A 28
• Rizqi N Asman 30


Fatwa Haram Rokok

Menurut kami, banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahui tentang Fatwa Haram Rokok (FHR). Akan tetapi, banyak pula masyarakat yang tahu namun menolak FHR tersebut, sehingga hal ini menimbulkan banyak kontroversi.
Kami memilih topik ini dengan tujuan supaya MUI bisa memikirkan kembali kebijakan yang telah mereka keluarkan. Hal tersebut demi kebaikan masyarakat, bangsa dan negara Indonesia dan tidak merugikan para petani yang menggantungkan kehidupan ekonominya pada hasil produksi rokok.
Semua ini dikarenakan MUI beranggapan bahwa merokok itu adalah perbuatan dosa dan dianggap menyakiti serta merugikan diri sendiri (menurut agama Islam). Di sisi lain, sebagian masyarakat yang sudah kecanduan merokok sangat tidak setuju dengan dibuatnya FHR.
Dengan diberlakukannya FHR, membuat para pemilik dan pegawai pabrik rokok serta para petani tembakau merasa resah, terlebih lagi para perokok yang sudah kecanduan rokok.
Menurut kami, sebaiknya MUI lebih memikirkan Fatwa yang telah dikeluarkan tersebut. MUI juga harus mempertimbangkan dampak yang terjadi di tengah masyarakat jika FHR benar-benar diterapkan.
Kami menyimpulkan FHR itu tidak realistis karena tidak memberikan solusi dan perkembangan yang baik untuk masyarakat.
Sebaiknya, MUI harus mempertimbangkan dan memikirkan kembali fatwa tersebut karena banyak orang yang berhubungan dengan rokok, dan dampak yang akan menimpa para pemilik dan pekerja pabrik rokok.

Anonim mengatakan...

Kelompok 5
Cahya Timur Naufal X3/08
Fitriah X3/15
Nathaniel Ardy Perdana X3/22
Ravinska Audina X3/29
Stevana Tamariska X3/31

Topik : Banjir Karawang
Rumusan masalah : Banjir besar akibat air sungai meluap melanda Karawang
Latar belakang :
Dewasa ini banjir telah melanda di berbagai daerah. Yang saat ini sedang marak dibicarakan, banjir yang melanda kabupaten Karawang. Sudah lebih dari sepekan banjir menggenangi lebih dari 16000 rumah di 10 kecamatan. Oleh karena itu, pemerintah harus segera turun tangan guna menanggulangi bencana banjir serta dapat menanggulangi dampak yang yang ditimbulkan dari bencana tersebut.

Banjir Karawang
Dewasa ini banjir telah melanda di berbagai daerah yang saat ini sedang marak dibicarakan, banjir yang melanda Kabupaten Karawang. Sudah lebih dari sepekan banjir menggenangi lebih dari 16000 rumah di 10 kecamatan akibat meluapnya air Sungai Citarum. Oleh karena itu, pemerintah harus segera turun tangan guna menangani dampak yang ditimbulkan dari bencana tersebut.
Tujuan dari penulisan artikel ini agar masyarakat tahu informasi mengenai banjir yang saat ini sedang melanda berbagai daerah terutama di Karawang yang sudah lebih dari sepekan dilanda banjir.
Banjir yang melanda Kabupaten Karawang disebabkan karena meluapnya air Sungai Citarum dan jebolnya tanggul akibat hujan deras yang mengguyur daerah Karawang. Dan juga disebabkan kurangnya penghijauan di daerah tersebut.
Dampak yang ditimbulkan oleh banjir diantaranya kurangnya air bersih sehingga korban banyak yang terserang penyakit kulit dan diare di pengungsian. Selin itu rumah-rumah yang terkena banjir menjadi kotor karena lumpur yang terbawa air. Barang-barang banyak yang hanyut dan rusak terbawa air.
Untuk menanggulangi masalah penyebab banjir tersebut, harus ada kerjasama antar masyarakat dan pemerintah. Pemerintah harus memperhatikan daerah-daerah yang rawan banjir sedangkan masyarakat sendiri harus mempunyai kesadaran untuk menjaga lingkungannya.
Bencana banjir tersebut menyebabkan kerugian yang cukup banyak sehingga perlu adanya perhatian dari pemerintah maupun masyarakat untuk mencegah terjadinya banjir.
Dengan adanya banjir di Karawang, masyarakat dapat memetik pelajaran yang berharga. Masyarakat harus leboh waspada, merawat dan memperhatikan lingkungan sekitar serta tidak merusak lingkungan. Seperti dengan membuang sampah pada tempatnya, membangun selokan dan penghijauan lingkungan, agar banjir besar yang melanda Kabupaten Karawang tidak terulang kembali.

Anonim mengatakan...

Kelompok 7 : (X-3)
1. Fahmy Aziz (13)
2. Gravinda Widyaswara (17)
3. Nindhita Karina E.K (23)
4. Rangga Paramayoga (28)
5. Widiayu Apriana (33)

ARTIKEL

Julia Perez dikabarkan akan dicalonkan sebagai wakil bupati Pacitan. Beberapa partai mendukung Julia Perez, tetapi ada juga partai yang tidak mendukungnya, seperti PAN dan PBB. Hal ini dikarenakan, banyak yang meragukan kemampuan Julia Perez di bidang politik, latar belakang pendidikan, serta gaya hidupnya.
Hal ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang pencalonan Julia Perez yang akan menjadi wakil bupati Pacitan serta visi dan misinya dalam menjalankan tugas jika menjadi wakil bupati.
Banyak masyarakat yang memberikan penilaian terhadap pencalonannya. Hal ini disebabkan profesinya sebagai artis dan gaya hidupnya yang tidak sesuai dengan nilai dan norma sosial Indonesia. Selain itu, masyarakat juga meragukan kemampuannya dalam mengemban tugas di bidang polotik.
Dampak dari pencalonan ini selain terjadi kontroversi di kalangan masyarakat, juga terjadi di kalangan partai politik, seperti PAN dan PBB yang akan mundur dari koalisi.
Karena banyak kontroversi tentang pencalonannya, Julia berjanji akan memperbaiki penampilan dan cara bicaranya yang kurang sopan. Selain itu, Julia juga mempelajari dan mendalami tentang kehidupan dunia politik.
Kesimpulannya adalah Julia Perez akan tetap maju sebagai calon wakil bupati Pacitan, meskipun banyak kontraversi dalam pencalonannya.
Seharusnya, Julia Perez dapat menepati janjinya dalam hal memperbaiki penampilannya dan lebih serius dalam mempelajari serta memahami tentang dunia politik.

Anonim mengatakan...

Kelompok 4: (X3)
•Bondan Y (07)
•Dinda Anggun R. (09)
•Elviena N.W (11)
•Minggus Durio Z (21)
•Stella Monika (30)

JEJARING SOSIAL(FACEBOOK)


Facebook merupakan salah satu media sosialisasi untuk komunkasi berbasis internet . Hampir seluruh masyarakat dunia menggunakan aplikasi tersebut dan menjadikan facebook sebagai situs terfavorit mereka.Kita bisa berkomunikasi dengan teman baru , keluarga, bahkan menjalin pertemanan dengan orang baru.Facebook juga kerap kali dimanfaatkan untuk sarana perdagangan , publikasi, informasi, media aspirasi, dan hiburan. Disamping itu facebook juga memiliki dampak negative, seperi kasus penculikan, penipuan, pencemaran nama baik, pembajakan karya cipta, dan kecanduan terhadap facebook.
Pada kesempatan kali ini, kelompok kami akan membahas tentang dampak negative facebook khususnya masalah pembajakan karya cipta beserta kerugiannya. Diharapkan setelah membaca artikel kami ini,anda dapat mengetahui kerugian-kerugian dari facebook dan dapat berhati-hati dalam menggunakannya.
Pada dasarnya peristiwa pemindahtanganan sebuah karya cipta dikarenakan kurangnya kontrol publikasi dari sang pencipta.Artinya, jika sang pencipta ingin mengenalkan , menawarkan, dan mempublikasikan karyanya dalam media umum seperti facebook, sebaiknya melalui tahapan-tahapan yang bersifat keamanan .Baik keamanan proses publikasi dan transaksi maupun keamanan untuk jaminan label dan kualitasnya.Kepuasan sepihak yang melakukan penggandaan ataupun peniruan karya cipta orang lain pun kerap memicu kasus pembajakan itu sendiri.
Dalam kehidupan nyatanya banyak kasus pembajakan karya cipta yang dikarenakan ulah para ognum tidak bertangungjawab. Mereka hanya mengambil keuntungan semata tanpa mempedulikan kerugian-kerugian yang akan dialami oleh si pencipta. Dengan maraknya kasus tersebut, saat ini banyak facebooker yang khawatir untuk mempublikasikan karyanya sehingga akan mematikan kreatifitas mereka untuk membuat suatu karya cipta.
Dari sekilas dampak negatif diatas, kita dapat melakukan pencegahan agar karya cipta kita tidak dibajak orang lain, seperti mencantumkan nama pencipta.Jika karya tersebut merupakan karya yang berharga semestinya karya tersebut harus dipatenkan supaya tidak bisa dibajak oleh oranglain.Namun untuk mengantisipasi adanya pembajakan atau penggandaan karya cipta sebaiknya tidak sembarangan mempublikasikan karya cipta pada media massa tanpa adanya hak paten.
Simpulnya,facebook sekarang ini seperti media massa yang mempermudah seseorang menjiplak karya orang lain.Jadi seseorang haruslah berhati-hati dan berfikir panjang sebelum mempublikasikan karyanya di media massa yang berbasis internet seperti facebook.Sebelum terlambat, setiap orang harus sadar jangan tinggikan gengsi atau mencari muka atas hasil karyanya atau malah sebaliknya ia akan mendapat masalah karena karyanya dibajak orang lain yang tidak bertanggungjawab.
Dari ulasan diatas, tentunya sangat diperlukan antisipasi, pengontrolan atas karya cipta yang telah dipublikasikan ,dan tentu saja pematenan karya cipta akan sangat berguna untuk menekan pembajakan,penggandaan, maupun penjiplakan.

Anonim mengatakan...

Topik :Piala Dunia Sepakbola 2010
ANGGOTA KELOMPOK :
1. Al Antra Adefan (01/X-4)
2. Felik AjiBudianto (11/X-4)
3. Ghandi Surya Kusuma (12/X-4)
4. Ivan Christianto B (16/X-4)
5. Natanael Iyandra W (2O/X-4)

Banyak pengamat sepak bola menunggu dimulainya Piala Dunia 2010,pasalnya ini merupakan Piala Dunia yang pertama kali diadakan di benua hitam julukan dari Benua Afrika.Tepatnya Piala Dunia ini akan diadakan di Afrika Selatan.Tetapi banyak juga yang meragukan Afrika Selatan sebagai tuan rumah Piala Dunia.Ini dikarenakan keamanan di Benua Afrika yang sangat rawan akan aksi teroris.Hal ini diperkuat dengan kejadian Penembakan official Togo oleh teroris pada saat penyelenggaran piala Afrika di Angola kemarin. Sealin masalah tersebut Afrika selatan juga harus memperbaiki infra struktur stadiun pertandingan,hotel penginapan pemain dan juga alat trasportasi yang belum memadai.Tetapi menurut mentri Olahraga Afrika Selatan Pembangunan infra struktur di Afrika selatan sudah selesai sampai 80%.
Maka dalam pembahasan di ini kita akan lebih mengetahui kesiapan Afrika Selatan untuk menyelenggarakan Piala dunia 2010.Selain itu Kita juga mengetahui masalah-masalah apa saja yang harus dihadapi Afrika Seatan sebelum Piala Dunia di gelar.
Banyak masalah yang menimpa Afrika Selatan sebelum penyelenggaraan Piala dunia digelar.Diantaranya adalah masalah kemanan yang belum aman di Benua Afrika.Hal ini di tunjukkan dengan insiden penembakan official Togo oleh teroris pada saat berlangsungnya Piala Afrika di Angola kemarin.Dengan adanya kejadian tersebut maka keaman di Afrika sangat di sorotti oleh FIFA sebagai induk organisasi sepakbola tertinggi diseluh dunia.FIFA mendesek pemerintah Afrika Selatan segera memperbaiki dan meningkatkan sistem keamanan di negara ini sebelum berlangsungnya Piala Dunia.
Dengan adanya masalah diatas banyak masyarakat yang meragukan Benua Afrika sebagai tuan rumah Piala Dunia. Mereka meragukan kemampuan Afrika Selatan untuk menjaga keamanan pada saat penyelenggaran Piala Dunia nanti.Pasalnya pada saat terjadinya penembakan oleh teroris di Piala Afrika kemarin Angola sudah mengerahkan banyak petugas pengamanan dan memperketat sistem keaamannyaTetapi tetap saja terjadi peristiwa penembakan itu.Tidak hanya masyarakat yang mengawatirkan sistem keamanan di Afrika Selatan tetapi tim-tim peserta Piala Dunia juga mengawatirkan keamanan di negara ini.Mereka takut jika insiden yang menimpa Tim Togo pada saat Piala Afrika menimpa tim mereka.
Untuk dapat menyelesaikan masalah keamanan diatas pemerintah Afrika selatan telah bekerja sama dengan FBI untuk menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan teroris.Tetapi selain itu Pemerintah Afrika selatan juga harus menjamin keselamatan tim peserta maupun semua sepoter dari tim-tim tersebut.Dengan adanya hal tersebut pemerintah Afrika Selatan harus memperbanyak petugas keamanan dan sukarelawan untuk menjaga penyelenggaraan Piala Dunia baik pada saat pertandingan maupun sesudah dan sebelum pertandingan.Pemerintah Arika Selatan juga harus meningkatkan sistem keamanannya agar tidak terulang kejadian yang menimpa tim Togo di Piala Afrika.
Pemerintah Afsel (Afrika Selatan) harus segera menyelesaikan permasalahan yang berkaiatan dengan keamanan pada saat penyelenggaraan Piala Dunia.Hal tersebut dikarenakan keadaan di Benua Afrika yang masih rawan akan teroris.Pasalnya pada saat penyelenggaraan piala Afrika saja ada teroris yang menembak mati official Togo yang menyebabkan Togo mengundurkan diri dari turnamen tersebut.Dan menyebabkan pemain Togo troma berat.Sehingga Afrika Selatan harus berusaha dengan keras agar kejadian yang menimpa tim Togo pada saat Piala Afrika tidak terjadi pada tim peserta Piala Dunia.
Sebaiknya pemerintah Afrika Selatan lebih cepat dalam mengambil tindakan untuk menangani permasalahan keamanan sebelum penyelenggaraan Piala Dunia.Mereka harus meningkatkan sistem keamanan dan menambah personil keamanan serta sukarelawan untuk mengamankan jalannya Piala Dunia tersebut.

Anonim mengatakan...

PERSAINGAN PILKADA KOTA SOLO 2010

ANGGOTA KELOMPOK :
Kukuh Samudra (XI Aksel 2-14)
Loresta C.L (XI Aksel 2-15)
Nizam Hawa (XI Aksel 2-20)
Sri Kartika S (XI Aksel 2-24)


Akhir-akhir ini persaingan antar pasangan calon pemimpin Kota Solo menjadi bahan obrolan menarik bagi warga. Joko Widodo (Jokowi) dan FX Hadi Rudyatmoko (Jo-Dy) diusung oleh PDIP yang memang telah dikenal masyarakat karena mereka adalah pasangan incumbent. Sedangkan lawannya dari Partai Demokrat, Eddy Wirabhumi dan Supradi Kertamenawi (Wi-Di) adalah orang baru dalam Pilkada ini. Kampanye terbuka, spanduk-spanduk yang dipasang dimana-mana, pamflet, dan orasi adalah salah satu contoh bentuk para pasangan calon untuk mencari dukungan warga.

Penyampaian visi dan misi masing-masing calon sangat berguna dalam mencari dukungan dan simpati warga. Dengan tahunya mereka tentang visi dan misi masing-masing calon, mereka akan tahu mana yang baik dan tahu siapa yang akan dipilih pada Pilkada Solo yang akan dilangsungkan pada 26 April 2010 nanti. Ini bertujuan untuk memberikan informasi-informasi mengenai calon pemimpin Kota Solo, sehingga kita bisa mengenal dengan baik apa saja yang menjadi visi misinya agar masyarakat semakin makmur sejahtera.

Persaingan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor sebagai berikut, seperti perebutan posisi walikota Solo pada Pilkada 2010 yang ketat, peluang masing-masing calon untuk memenangkan Pilkada 2010, serta basis-basis yang mendukung masing-masing calon walikota Solo.

Pilkada Kota Solo ini juga memiliki dampak yang signifikan bagi warga Solo. Masing-masing calon mencari dukungan dan simpati warga Kota Solo dengan berbagai cara. Namun, ikrar yang diucapkan para calon untuk melakukan kampanye simpatik dan berbudaya belum sepenuhnya mereka penuhi. Hal ini terlihat dari kampanye yang dilakukan salah satu calon pemimpin Kota Solo. Massa pendukung kandidat ini membuat kebisingan suara dengan knalpot yang dilepas dan tidak menggunakan helm saat berkampanye. Polusi tersebut sangat mengganggu jalannya lalu lintas dan pernapasan masyaraklat di sekitar. Spanduk dan pamflet yang ditempel sembarangan juga membuat pemandangan Kota Solo menjadi kotor.

Dampak di atas dapat diselesaikan dengan beberapa cara, antara lain dengan bertindaknya pihak berwenang dalam menanggulangi keributan akibat kampanye yang tidak tertib oleh massa pendukung calon terkait. Pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan beberapa pasangan calon ini harus ditanggapi secara serius oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Solo agar tidak hanya berupa laporan tanpa tindakan yang berarti.

Persaingan antara pasangan Jo-Dy dan Wi-Di semakin terasa dalam Pilkada Solo 2010 ini setelah masa kampanye telah dimulai 9 April lalu. Masing-masing kandidat telah menyampaikan visi dan misi yang berbeda. Pasangan Jo-Dy (incumbent) memiliki peluang yang cukup besar untuk memenangkan Pilkada 2010 ini dengan melanjutkan program-program yang telah dilaksanakan pada periode lalu. Namun, pasangan Wi-Di juga tidak bisa dianggap remeh dengan program-program baru dan mengoreksi pemerintahan Jo-Dy.

Dalam Pilkada 2010 ini, para calon pemimpin Kota Solo harus bersaing secara sehat dan sportif demi mewujudkan Pilkada Solo 2010 yang bersih dan jujur. Warga pun sebaiknya juga aktif dalam Pilkada 2010 ini dan menjalankannya dengan baik. Dengan berjalannya Pilkada dengan baik, semoga warga kota Solo juga mendapatkan pemimpin yang terbaik.

Anonim mengatakan...

Julia Perez Calon Wakil Bupati Pacitan

Saat ini, banyak artis yang terjun dalam dunia politik, contohnya saja Eko Patrio yang menjadi anggota DPR, dan Dedi Yusuf yang menjadi wakil Gubernur Jawa Barat. Kini giliran Julia Perez yang terjun ke dunia politik dengan menjadi calon wakil bupati Pacitan.

Pencalonan Julia Perez sebagai calon wakil bupati Pacitan oleh Partai Hanura ini banyak menuai pro dan kontra. Banyak masyarakat yang meragukan kualitas dan kemampuannya memimpin suatu daerah karena ia masih sangat hijau di dunia politik, serta banyak masyarakat yang risih dengan kehidupan Julia Perez yang penuh dengan kontrofersi, mulai dari foto syur yang tersebar luas di dunia maya dan kehidupan rumah tangganya. Hal ini lah yang menyebabkan masyarakat ragu untuk memilih Julia Perez sebagai wakil bupati Pacitan. Selain itu masyarakat menilai Partai Hanura hanya ingin medongkrak elektabilitasnya saja dengan megajukan artis sebagai perwakilan dari partainya.

Namun, sebelum kita memberi penilaian terhadap Julia Perez, ada baiknya kita mengenal lebih jauh sosok Julia Perez . Julia Perez memanglah artis yang penuh dengan kontrofersi, akan tetapi dibalik cap negatif yang melekat pada dirinya itu, Julia Perez bukanlah orang sembarangan yang dipilih oleh partai Hanura untuk menjadi calon wakil bupati Pacitan. Julia Perez adalah sarjana bahasa Belanda dan Perancis, lulusan dari negeri kincir angin dan negeri menara Eiffel, sehingga kemampuan berbahasa Julia Perez pun tidak diragukan lagi. Jadi bukan tanpa alasan partai Hanura mencalonkan Julia Perez sebagai calon wakil bupati daerah Pacitan.

Oleh karena itu, KPUD Pacitan sebaiknya mengadakan suatu sosialisasi pengenalan calon-calon bupati dan wakil bupati Pacitan, agar masyarakat Pacitan lebih mengenal calon pemimpinnya dan dapat memilih bupati dan wakil bupati yang benar-benar berkualitas


KELAS : XIA-1
ANGGOTA KELOMPOK:
Desi Kurnia Sari
Fitria Khairanisa
Ivan Leonardo H
Nadia Fadhilla
Sifra Kristina H

Anonim mengatakan...

Meskipun menuai kontroversi, dukungan untuk mendorong Julia Perez sebagai calon bupati Pacitan semakin menguat. Beberapa pengamat politik mengatakan munculnya Julia Perez menjadi bukti partai politik di Indonesia tidak punya orang yang cukup mumpuni untuk dicalonkan menjadi pemimpin.
Julia Perez yang dikenal sebagai artis seksi kini mencalonkan diri sebagai bupati. Hal itu mendapat pertanyaan besar dari masyarakat dan para petinggi pemerintah. Mampukah ia menjadi bupati yang baik dan mengayomi masyarakat. Padahal ketika ditanya apa yang menyebabkan rakyat Pacitan miskin dia hanya menjawab saya tidak tahu, tanya saja pada rumput- rumput yang bergoyang. Apakah itu jawaban yang meyakinkan bagi seorang calon wakil rakyat?
Ketika ditanya apa yang membuat dia mau ketika dicalonkan menjadi bupati Pacitan adalah ia ingin perubahan pada dirinya. Selain itu ia ingin mengabdi pada rakyat. Dengan percaya diri ia ingin meninggalkan dunia hiburan yang membesarkan namanya apabila ia terpilih menjadi bupati Pacitan.
Banyak masyarakat yang beranggapan bahwa Jupe dinilai tak pantas dengan karakter masyarakat Pacitan, namun kepopulerannya juga dinilai mampu memajukan Pacitan. Pencalonan Jupe sebagai bupati menimbulkan perpecahan dalam kubu partai pengusungnya sendiri yaitu pada kubu PAN. DPD PAN yang berada di Pacitan mendukung penuh pencalonan Julia Perez sebagai bupati, namun DPP PAN yang berada di Jakarta menolak mentah-mentah keputusan untuk mencalonkan Jupe, karena dianggap tidak memenuhi syarat sebagai seorang pemimpin.
Sebaiknya Jupe membenahi pribadi dan imagenya, lalu menekuni dunia politik dulu agar ia mengerti seluk beluk dunia yang nantinya akan ditekuninya. Ia tak akan bisa membuat Pacita sejahtera hanya dengan nama besarnya. Jupe bisa membuat dunia politik menjadi terancam karena pengaruhnya.
Tidak semua orang setuju atas pencalonan ini. PAN pecah, rakyat demo, dan kontroversi –kontroversi lain akan terus menyertai perjalanannya. Begitupun masyarakat Pacitan, tak semua dari mereka setuju atas pencalonan yang penuh intrik ini.


Kelompok:
XIA-2
1. Cakradenta Y.P
2. Daniswara W.W
3. Febe W
4. Rismarini Asanti

Anonim mengatakan...

XI A 2
Kelompok : - Andreas Restu A ( 03 )
- Cicilia Bule R ( 05 )
- Melani Ratih M ( 18 )
- Nandika W ( 19 )

KSN Selesai, Mubazir atau Harapan Baru

Dunia sepak bola Indonesia dimasa sekarang mengalami kemunduran yang sangat drastis. Pada kompetisi regional saja yaitu SEA GAMES XXV, Timnas Indonesia tak mampu menunjukkan taringnya lagi, bahkan harus tersingkir di babak penyisihan. Kemunduran prestasi sepak bola Indonesia tak luput dari banyaknya masalah intern yang harus dihadapi. Masalah tersebut antara lain krisis pemain berprestasi, supporter, terlalu banyaknya pemain asing, tidak akuntabelnya pengurus, hingga kasus suap menyuap di tubuh PSSI. Masyarakat pecinta sepak bola merasa gusar dengan keadaan seperti ini.
Berita mengenai kemunduran Tim Sepak Bola Indonesia bukan merupakan hal yang baru lagi. Sempat beberapa pihak mendesak supaya Ketua Umum PSSI Nurdin Halid diturunkan dan meminta pergantian pengurus. Adanya masalah di tubuh PSSI ini mendorong diadakannya KSN ( Konggres Sepak Bola Nasional ) yang diharapkan dapat memberikan jalan keluar dari permasalahan yang sedang dihadapi. KSN sempat menjadi harapan baru bagi dunia sepak bola Indonesia. Namun setelah selesai dilaksanakan, rekomendasi yang dihasilkan ternyata kurang memuaskan dan bahkan dianggap mubazir karena tidak bisa merevolusi kepengurusan PSSI yang dinilai gagal.
Penilaian atas kegagalan KSN ini disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor tersebut antara lain rekomendasi yang dihasilkan tidak spesifik, komposisi peserta KSN yang dinilai kuarang proporsional, hingga adanya unsur politik dalam penyelenggaraan KSN yang dianggap sebagai penghambat. Tidak hanya itu saja, bahkan menurut bebrapa sumber ada unsur intimidasi. Hal ini nampak dari adanya bentrok antara pendukung Nurdin Halid dengan orang-orang yang tidak sepaham dengan mereka. Jika terdapat kubu yang mengusulkan adanya reformasi pada tubuh PSSI, para pendukung Ketum PSSI tidak segan- segan untuk mengintimidasi. Hal-hal seperti inilah yang dianggap menyebabkan KSN mubazir karena kuatnya posisi PSSI dalam konggres tersebut. Sehingga hasil rekomendasi KSN tidak maksimal.
KSN yang semula diharapkan membawa perubahan ternyata justru semakin membuat masyarakat pecinta sepak bola tanah air kecewa. Bagaimana tidak, konggres yang menelan biaya hingga tiga miliar rupiah ini tidak bisa merevolusi PSSI yang dianggap gatot alias gagal total membawa nama baik Indonesia dikancah sepak bola.
Saat ini, langkah yang bisa dilakukan adalah tetap mengawal hasil rekomendasi KSN yang meskipun kurang maksimal tetapi setidaknya bisa memberi dukungan bagi Timnas. Kita tetap harus berpikir positif dan jangan menyalahkan KSN, karena birokrasi di negeri ini memang kurang baik. Jangan sampai rekomendasi KSN hanya menjadi angin lalu.
Pada akhirnya, Konggres Sepakbola Nasional bukanlah satu-satunya cara atau harapan untuk memperbaiki dunia sepak bola Indonesia. KSN hanyalah salah satu langkah pemerintah untuk memberi simpati terhadap dunia sepak bola Indonesia.
Harapan saat ini bertumpu pada pemain Timnas beserta ofisial. Kita sebagai masyarakat tentunya hanya bisa mengatakan agar pengurus PSSI sadar diri dan keadaan. PSSI harus segera melakukan reformasi birokrasi di tubuh PSSI sendiri jika tidak ingin dianggap sebagai penyebab mundurnya prestasi sepak bola Indonesia.

Anonim mengatakan...

Anggota kelompok :
Amanda Kusuma Astuti (XSBI4-02)
Bella Kumala Sari (XSBI4-04)
Bening Fiventie PS (XSBI4-05)
Chastiti Mediafira W (XSBI4-06)
Danar Ari W (XSBI4-08)
Putri Devi P (XSBI4-25)

Jejaring Sosial Facebook

Dewasa ini permasalahan yang muncul akibat situs jejaring sosial facebook semakin banyak. Satu diantaranya adalah penculikan anak dibawah umur. Hal ini pasti sangat memprihatinkan sekaligus mencemaskan para pengguna facebook. Penculikan dan tindak kejahatan semakin dekat dengan kita. Oleh karena itu kita harus pandai-pandai menggunakan fasilitas internet ini, mengambil sisi positifnya, serta membatasi anak-anak dalam menggunakan facebook.
Melalui artikel ini, masyarakat dihimbau untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan facebook agar tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang tidak diinginkan.
Dimana ada asap pasti ada api. Permasalahan-permasalahan yang timbul melalui facebook, disebabkan oleh beberapa faktor. Kurangnya perhatian dari orang tua mengakibatkan remaja menjadi bebas dan tidak terpantau dalam bermain di dunia maya, didukung dengan keadaan psikologi remaja yang masih labil dan rasa ingin tahu yang tinggi.

Anonim mengatakan...

Kelompok 3 (X RSBI 4):
1. Cornelia Hema X4 / 7
2. Diah Kristi S. X4 / 10
3. Nurina Pandan W. X4 / 22
4. Priyangga J. X4 / 24
5. Riris Haritya X4 / 26
6. Triviani Arifah X4 / 31

Julia Perez Calon Wakil Bupati Pacitan
Akhir-akhir ini, kabar tentang Julia Perez menjadi calon bupati Pacitan sedang hangat dibicarakan oleh kalangan masyarakat. Namun, kabar tersebut dibantah oleh DPRD Pacitan. Jupe adalah artis yang penuh kontroversi , sehingga banyak pihak yang tidak setuju mencalonkan dirinya sebagai Bupati Pacitan. Jupe mengawali kariernya sebagai model di Perancis dan dia mendapat juara sebagai wanita terseksi. Dapat disimpulkan, untuk menjadi seorang pemimpin kabupaten, dibutuhkan kharisma dalam kepemimpinannya bukan kepopulerannya.
Dengan topik tersebut, kita dapat lebih mengetahui apa syarat yang harus dimiliki untuk menjadi seorang Bupati. Dalam hal ini, kita akan membahas bagaimana Jupe menanggapi hal tersebut. Disini kita juga akan sedikit menyinggung bagaimana sikap masyarakat dalam menanggapi berita miring tersebut. Keputusan dari publiklah yang menjadi penentu apakah Jupe layak menjadi bupati atau tidak.
Pada kenyataannya kalangan artis yang berganti profesi menjadi politikus. Nama Jupe yang sekarang sudah tenar di kalangan masyarakat menjadi sebuah optimisme untuk menjadi politikus yang sebenarnya. Ini salah satu faktor penyebab Jupe memberanikan diri untuk menjadi bupati Pacitan.
Dampak yang di timbulkan saat Jupe mencalonkan dirinya sebagai bupati Pacitan adalah banyak orang mempertanyakan tentang keseriusan Jupe menjadi calon bupati Pacitan. Banyak juga yang berkomentar, ”dunia sudah terbalik”. Tim sukses dari calon bupati lain yang notabene saat ini masih menjabat sebagai bupati Pacitan pun meragukan hal ini. Mereka berkomentar hal ini adalah suatu keseriusan bukan main-main. Dengan ini di ketahui prokontra menghiasi pencalonan Julia menjadi calon bupati Pacitan.
Sebaiknya Jupe memperhatikan penampilannya jika dia ingin menjadi seorang bupati. Dengan penampilan yang erotis, keinginan Jupe menjadi seorang bupati tidak dimungkinkan dapat terwujud. Padahal masyarakat Jawa khususnya Pacitan, sangat menghargai tata krama atau sopan santun dalam berbusana. Salah satu cara yang dapat ditempuh Jupe yaitu dengan memperbaiki penampilannya yang sangat kontroversial tersebut. Mungkin Jupe dapat mengenakan busana yang lebih sopan, sehingga dia layak menjadi seorang calon pemimpin yang disegani oleh masyarakat.
Dari wacana diatas dapat disimpulkan bahwa Jupe memberanikan diri untuk menjadi bupati Pacitan dengan modal ketenarannya. Dia juga membentuk Tim sukses guna menyukseskan Jupe dalam Pemilihan bupati Pacitan tahun ini, banyak masyarakat yang tidak setuju karena Jupe lebih dikenal sebagai artis yang penuh kontroversi dan berpenampilan seronoh.
Seharusnya Jupe memperbaiki image untuk dapat dipilih dalam pemilihan bupati Pacitan tahun ini. Ketenaran bukanlah modal utama uintuk terjun kedunia politik, perlu wawasan yang luas dan pengetahuan lebih tentang politik, karena dalam memimpin suatu daerah butuh seseorang yang mampu memimpin daerah agar lebih maju.

Unknown mengatakan...

Kelompok XIA1 :
Desrina Pungky (05)
Jadug Norach A. P. (11)
Lina Kristanti W. (14)
Putri Istiqomah (19)
Vito Alvandy (24)

Fenomena Mafia Hukum di Indonesia

Selama ini mafia hukum sering dikaitkan dengan korupsi. Mafia sendiri dalam arti luas adalah mereka yang melakukan berbagai kegiatan merugikan pihak lain, misalnya makelar kasus, suap-menyuap, pemerasan, jual beli perkara, mengancam saksi, atau pungutan-pungutan yang tidak semestinya. Kegiatan seperti ini telah merusak rasa keadilan dan kepastian hukum. Mafia tersebut dapat berada di lembaga peradilan, instansi pemerintah, maupun lembaga swadaya masyarakat dan swasta. Mafia juga bisa berkaitan dengan segala bentuk korupsi, termasuk korupsi pajak, bea cukai, dan juga kegiatan-kegiatan sejenis di daerah. Mafia hukum didefinisikan sebagai semua tindakan oleh perorangan atau kelompok secara terencana untuk kepentingan tertentu yang mempengaruhi penegak hukum dan pejabat publik yang menyimpang dari ketentuan hukum yang ada.
Banyak masayarakat yang masih kurang peduli terhadap hukum. Hal ini disebabkan kurangnya pengetahuan masyarakat tentang apa yang terjadi dalam kehidupan hukum Indonesia. Untuk itu, melalui artikel ini diharapkan dapat sedikit memberi pengetahuan tentang bagaimana keadaan Indonesia yang sesungguhnya dan agar masyarakat ikut serta berperan dalam menjaga dan mengawasi kemurnian hukum Indonesia.
Saat ini banyak kita temui mafia berdasi di instansi pemerintahan. Mafia-mafia tersebut adalah pejabat pemerintahan atau lebih dikenal sebagai mafia hukum. Banyak faktor yang menjadi penyebab munculnya mafia hukum, diantaranya adalah kurangnya rasa bersyukur dan keserakahan. Mereka tidak bersyukur atas apa yang mereka dapat, padahal gaji dan fasilitas yang diberikan negara sudah lebih dari cukup. Sifat serakah dan kurang bersyukur tersebut membuat mereka tergiur untuk menjadi mafia hukum karena bisa memperoleh lebih banyak uang dengan lebih mudah.
.. berlanjut

Unknown mengatakan...

Zaman sekarang para mafia hukum sudah memutar otak bagaimana melepaskan diri dari jeratan hukum. Mereka bersembunyi di balik layar panggung. Sementara yang memainkan peranannya adalah anggotanya, rasanya seperti pertunjukan teater saja. Hal ini terjadi karena uang masih menjadi tradisi untuk lepas dari jeratan hukum. “Hukum tidak akan berpihak kepada rakyat kecil” begitulah ungkapan beberapa masyarakat yang pernah tersandung masalah dengan orang berduit. Mereka terpaksa menerima hukum itu karena sebuah paksaan. Sebut saja Polri, mereka adalah penegak hukum, kepercayaan masyarakat dalam memberantas segala bentuk pelanggaran hukum. Sekali saja mereka terlibat dalam terjadinya pelanggaran hukum, misalnya menerima suap, maka masyarakat akan meragukan kinerja mereka. Masyarakat tidak akan menaruh kepercayaan pada pejabat negara begitu saja, jika pihak yang seharusnya dapat dipercaya justru bersekongkol dengan mafia hukum. Akan ada banyak anggapan bahwa tidak ada lagi pihak yang dipercaya menegakkan hukum di Indonesia. Dengan demikian, terjadilah krisis kepercayaan bangsa Indonesia terhadap pejabat negara. Dampak korupsi terhadap masyarakat luas tergantung pada besar kecilnya nilai yang dikorupsi. Semakin besar yang dikorupsi, dampaknya akan semakin luar biasa.
Sebenarnya pemerintah sudah berusaha mengatisipasi serta mencoba memberantas mafia hukum dengan dibentuknya komisi-komisi di institusi penegak hukum, seperti Komisi Kepolisian, Komisi Kejaksaan, Komisi Yudisial, dan KPK. Komisi-komisi tersebut bertugas melakukan pengawasan, penyelidikan dan penyidikan kepada jajaran penegak hukum di masing-masing institusinya jika terdapat dugaan penyimpangan, dan selanjutnya apabila ditemukan ada indikasi kuat terjadi penyimpangan maka Komisi ini akan merekomendasikan kepada atasannya, dan bilamana perlu disampaikan kepada Presiden untuk dilakukan tindakan tegas. Barangkali komisi-komisi tersebut dipandang kurang tegas dalam bersikap, maka dibentuklah lembaga baru yang berdiri beberapa saat yang lalu yang bernama Satgas Hukum. Selain itu, akan lebih baik pula jika dibuat peraturan baru yang lebih ketat mengenai mafia hukum. Kebijakan Presiden yang memprioritaskan pemberantasan mafia hukum menjadi sangat penting dan dibutuhkan dalam memperbaiki presepsi internasional dan masyarakat sendiri mengenai mafia hukum. Mafia hukum ini juga akan terminimalisir apabila banyak pejabat penegak hukum yang tidak memberikan peluang kepada mereka.
...

Unknown mengatakan...

Dengan adanya informasi yang beredar, kita dapat mengetahui bahwa pimpinan Polri tetap berkonsentrasi dalam penanganan dan memberikan gambaran tentang proses markus. Kita tidak bisa menuduh siapa yang bersalah, karena tidak semua Polisi memiliki nilai negative, tetapi masih banyak pula yang bernilai positif. Kasus ini harus tetap diselidiki, karena data dari Bareskrim telah menunjukan adanya penyelewengan. Usaha yang dilakukan tidak hanya menyelidiki pihak-pihak yang berjabatan tinggi, tetapi juga dari pihak-pihak kecil yang juga memungkinkan adanya informasi untuk penyelesaian kasus ini. Kita tidak boleh langsung percaya bahwa pihak yang terduga benar-benar bersalah. Dengan menunggu sistematika yang dilaporkan, kita bisa memprediksi tanpa menuduh dahulu. Baik masyarakat maupun pemerintah telah menyadari bahwa mafia hukum adalah masalah yang harus segera diselesaikan, jika ingin menjadi negara yang adil dan makmur. Karena dalam Negara Hukum, hukum dianggap sebagai “Panglima”. Maka jangan biarkan mafia terus menggerogoti “Panglima” kita.
Kita ketahui bahwa mafia hukum di lakukan oleh oknum terutama penegak hukum. Dengan terbentuknya Satgas hukum, diharapkan kinerjanya bisa memberantas mafia-mafia yang berada di peradilan. Selain di sisi hukum, Satgas juga mampu berkordinasi dengan aparat penegak hukum lainnya seperti KPK, komisi kepolisian, komisi kejaksaan, komisi yudisial, dan lain-lain. Meskipun baru tebentuk, Satgas harus bisa secara cepat beradaptasi dengan situasi yang sedang melilit negara. Satgas mafia hukum juga harus mampu meyelesaikan masalah dengan tepat dan pasti. Jangan menunda-nunda apabila bukti sudah jelas dan nyata, dan jangan memandang terlalu jauh karena dapat menimbulkan banyak testimonial yang terkadang dilontarkan oleh oknum yang ikut campur dalam kasus ini sehingga menambah rumitnya markus.

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

Horornya Perfilman Indonesia.

Anggota Kelompok:
Handal Prima A.(11)
Inna Y.K (12)
Jefri Mars S. (13)
Sheila Monica (23)
XIA-2

Film berjudul Loetoeng Kasaroeng yang muncul pertama kali pada tahun 1926, diprakarsai oleh sutradara asal belanda, G. Kruger dan L. Heuveldorp merupakan film bisu yang menjadi motor penggerak perfilman Indonesia. Hingga saat ini, lebih dari 2.200 film telah diproduksi di Indonesia dengan berbagai macam genre, mulai dari romance, komedi, tragedy, hingga horror. Namun, film-film Indonesia yang kini beredar justru mayoritas bertema horor dan dibumbui adegan seks.
Film horor yang menyerempet pornografi ini sedang menjadi topik serius di kalangan masyarakat karena cerita-cerita yang sensasional dan tidak mendidik. Jika film ini dibiarkan terus beredar, akan berdampak buruk bagi perkembangan perfilman Indonesia.
Permasalahan ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain kurangnya kreatifitas dalam memunculkan ide yang inspiratif. Sutradara seringkali membuat film asal-asalan dengan alur cerita yang monoton, tidak masuk akal, dan cenderung mengutamakan unsur pornografi. Adanya salah presepsi tentang jenis film yang disukai masyarakat juga menjadi penyebab munculnya film horor porno. Si pembuat film mengira bahwa masyarakat lebih menyukai horor yang disertai adegan porno. Penyebab lain yaitu terbatasnya modal untuk membuat film. Dalam pembuatan film yang berkualitas diperlukan biaya yang besar, hal ini sangat kontras dengan pembuatan film horor yang mungkin hanya memerlukan sedikit biaya.
Turunnya minat masyarakat untuk menonton film-film dalam negeri, rusaknya masa depan generasi muda, dan jatuhnya citra perfilman Indonesia di mata dunia adalah beberapa dampak yang dapat muncul apabila film-film horror porno dibiarkan terus beredar. Masyarakat Indonesia tidak lagi segan untuk menyaksikan adegan-adegan yang seronok di layar bioskop, dan itu akan mendorong terjadinya tindak kejahatan seksual.

Anonim mengatakan...

Sebenarnya, ada banyak cara untuk mengatasi permasalahan ini. Salah satunya dengan mengadakan survei mengenai genre favorit pemirsa. Para pengamat film dapat melakukan survei tersebut, jika memang kualitas perfilman Indonesia semakin turun. Para Sutradara muda saat ini juga dapat mencermati perfilman Indonesia yang memang selalu mengikuti pola naik-turun, mempelajari bagian-bagian yang sangat digemari tanpa harus berpijak pada keuntungan semata, serta menyadari arti penting perfilman Indonesia yang bisa mengangkat citra positif bagi negri ini.
Bukan hal yang mudah, jika kita berharap banyak pada sutradara muda saat ini untuk menyuguhkan hiburan yang mendidik dan berkualitas tinggi. Dorongan untuk memperoleh pemasukan sekian kali lipat dari modal yang dikeluarkan sangatlah wajar, karena biaya atau anggaran untuk memakai bintang yang sedang popular sangatlah besar. Belum lagi kebutuhan primer lainnya yang berkaitan dengan uang itu sangat menganggu pikiran murni untuk menjaga kualitas film nasional. Sebenarnya kita dapat melihat, bahwa masyarakat kita mudah sekali terkecoh dan terpengaruh dengan satu kalimat saja, “Tonton film si A, kamu akan lihat hebatnya film tersebut. Aku sudah melihat bahkan lebih dari dua kali.” Alhasil, jika kita tiupkan rumor tersebut, maka akan berduyun-duyunlah orang akan mengantri tiket. Wajar pula, jika promo tersebut kita sebarkan secara luas. Namun satu pula yang harus ditanyakan, “Jujurkah kita dengan pola yang bertolak belakang dengan kenyataan. Jujurkah kita pada hasil yang dicapai tersebut tidak untuk mengeruk segudang uang?”

Anonim mengatakan...

Untuk itulah, kita harus mencermati setiap bingkisan film yang akan ditayangkan. Tenaga ahli perfilman dalam negri dapat diminta untuk menyeleksi setiap film sebelum masa pembuatan film dilakukan. Entah dengan membuat satu Badan Penyaring atau Lembaga Perfilman yang khusus diprakarsai oleh ahli film, baik dalam negri ataupun luar negri.
Saran utama yang mendasari tulisan ini adalah sebuah himbauan, ataupun tanggapan atas “Bagaimana kita harus bersikap adil dengan hati nurani. Bagaimana kita harus sadar bahwa generasi muda saat ini butuh banyak hal guna menyadarkan mereka, apa arti negri ini bagi diri mereka?” Dan dengan meningkatkan kualitas film yang tengah diminati masyarakat tanpa harus dibumbui pornografi sangatlah mudah. Film dengan sarat pendidikan, dengan memutar ulang sejarah lama untuk bisa diketahui generasi saat ini bisa dapat mendatangkan keuntungan besar jika kita memakai pola pikir generasi saat ini di dalam pembuatannya.

Anonim mengatakan...

Saat ini Negara Indonesia diperhadapkan pada berbagai masalah dalam segala sapek kehidupan. Masalah-masalah ini semakin memperburuk citra bangsa yang dinilai oleh masyarakat dalam negeri maupun luar negeri. Masalah yang sedang marak terjadi adalah korupsi dan segala tindakan penyelewengan dana Negara. Seorang pegawai kantor pajak golongan IIIA yang bernama Gayus Tambunan saat ini banyak disorot oleh masyarakat dan berbagai media massa. Dia telah menyelewengkan dana negara sebesar ±2,8 M.
Bahasan kali ini mengupas tentang bagaimana bisa seorang yang berpendidikan tinggi dapat melakukan tindakan tidak baik, bahkan dapat mempermalukan dirinya sendiri. Maka dari itu pada kesempatan ini kita juga memberikan sebuah ulasan untuk kalangan pelajar atau pun masyarakat agar kedepannya lebih baik bagi dirinya dan Indonesia.
Faktor ekonomi merupakan faktor utama Gayus melakukan korupsi. Hal ini disebabkan karena ia kurang puas atas penghasilan yang hanya 1,6 – 1,8 juta. Sehingga ia melakukan korupsi untuk mendapat rumah dan mobil mewah.
Dari masalah Gayus tersebut dapat menimbulkan dampak positif maupun dampak negatif. Salah satu dampak positif adalah tertangkapnya koruptor-koruptor dan mafia pajak selain Gayus yang meraja di Indonesia. Sedangkan dampak negatifnya adalah banyak masyarakat sekarang menjadi takut membayar pajak, karena uang pajak dari rakyat dikorupsi oleh para pejabat maupun pegawai pajak.
Dengan mencari bukti-bukti kuat untuk memberikan hukuman berat dan menyita semua harta Gayus mungkin dapat menjadi salah satu solusi permasalahan Gayus. Sehingga Gayus dapat merasakan akibat dari perbuatannya.
Dari ulasan diatas kita dapat menyimpulkan bahwa pendidikan tidak menjamin orang memiliki etika baik. Tidak semua orang berpendidikan tinggi beretika baik. Ternyata ada juga orang berpendidikan tinggi namun memiliki etika yang buruk bahkan merugikan dirinya sendiri, masyarakat, dan negara.
Karena itu sebaiknya pemerintah dan pihak berwajib lebih ketat dan sergap dalam menghadapi para koruptor yang neraja di Indonesia. Agar rakyat tidak takut dan cemas dengan tindakan koruptor. Untuk masyarakat lebih waspada dan dapat percaya dengan semua tindakan pemerintah dan pihak berwenang. Dan pada akhirnya agar terwujud Indonesia yang bersih dari KORUPSI dan semua masyarakat melakukan kewajibannya dengan baik.





Kelas X-4
Kelompok 5 :

 Irma Valentina (15)
 Nikolas Hermawan (21)
 Rosiana K (28)
 Vidi Rahman A (32)
 Yanuar Halim (34)

Anonim mengatakan...

KELOMPOK 2 - X SBI 3

ANGGOTA:
1. AGNIE Y. W. ( 01 )
2. ANDHIKA H. N. ( 04 )
3. FERAWATI R. ( 14 )
4. HANA ARIA A. ( 18 )
5. OKTAVIANA H. ( 25 )

Jupe Mencalonkan Diri Sebagai Wakil Bupati Pacitan

Jupe mencalonkan diri sebagai calon Wakil Bupati Pacitan. Berita itu sudah tersiar dalam acara infotainment sebuah stasiun televisi swasta. Secara jelas Jupe mengungkapkan keinginannya untuk memimpin daerah kelahiran SBY tersebut. Sejumlah masyarakat memberikan penilaian beragam. Intinya setiap warga negara mempunyai hak dan kewajiban yang sama dalam mencalonkan diri sebagai wakil bupati maupun bupati. Namun, semua ini kembali pada masyarakat pemilih.

Penulisan artikel ini bertujuan untuk mempublikasikan berbagai tanggapan masyarakat terhadap tindakan Jupe. Ada yang mendukung tindakan Jupe, namun banyak pula yng menolak tindakan Jupe tersebut. Penulisan artikel ini juga bertujuan untuk memberikan pengertian pada masyarakat bahwa setiap warga negara mempunyai hak dan kesempatan yang sama dalam mencalonkan diri sebagai pejabat negara.

Faktor yang menyebabkan Jupe mencalonkan diri sebagai Wakil Bupati Pacitan adalah ingin mengenal dunia politik, memimpin rapat para kepala dinas serta memimpin daerah kelahiran Presiden SBY. Menurut kami, Jupe ingin meraih popularitas yang lebih dan membuat sensasi di daerah Pacitan melalui tindakan tersebut. Selain itu, dari sisi politik penyeleksian calon wakil bupati masih minim. Hal tersebut menyebabkan seseorang yang belum berpengalaman dalam dunia politik dapat mencalonkan diri sebagai wakil bupati tanpa hambatan.

Tindakan pencalonan diri Jupe sebagai wakil bupati menimbulkan berbagai pendapat dari masyarakat. Ada pihak yang menolak tindakan Jupe. Hal ini disebabkan karena pandangan masyarakat terhadap Jupe yang memiliki image kurang sopan dalam berpakaian dan tindakan (tidak senonoh). Di samping itu ada pula pihak yang mendukung tindakan Jupe tersebut. Hal ini disebabkan karena anggapan masyarakat, bahwa dengan mendukung Jupe daerah mereka menjadi terkenal. Selain itu masyarakat menginginkan daerah mereka dipimpin seorang artis Ibukota yang terkenal.

Solusi dari tindakan pencalonan diri Jupe sebagai wakil bupati adalah diadakan debat politik. Debat politik antara Jupe dengan politikus yang disiarkan dalam acara politik sebuah stasiun televisi secara langsung (live). Hal ini bertujuan untuk mengetahui seberapa mengertikah Jupe terhadap dunia politik terutama di Indonesia. Sehingga masyarakat dapat menilai Jupe lebih spesifik. Dengan demikian masyarakat tidak salah memilih dalam pemilu kepala daerah dan wakil kepala daerah.

Jadi, Jupe dengan percaya diri tetap mencalonkan diri sebagai Wakil Bupati Pacitan walaupun terdapat beragam pendapat masyarakat. Tindakan Jupe ini tidak dapat kita larang secara sepihak karena setiap warga negara mempunyai hak dan kesempatan dalam pengambilan status sosial yang lebih tinggi.

Oleh karena itu, anggota partai politik harus bersikap tegas dalam memilih calon bupati beserta wakil bupati. Pencalonan diri seseorang sebagai calon bupati maupun wakil bupati sebaiknya memiliki pengetahuan tentang politik, pengalaman yang matang serta skill dalam dunia politik. Bukan hanya minat dan percaya diri yang tinggi saja.

Anonim mengatakan...

Kecurangan Dalam Pelaksanaan Ujian Nasional


Keinginan pelajar untuk bisa lulus dari bangku sekolah sangat kuat. Mereka berusaha sebisa mungkin, mulai dari mengikuti bimbingan belajar sampai mengerjakan latihan-latihan soal serta mengikuti Try Out. Namun tidak semua siswa seperti itu, mereka justru santai-santai saat duduk di kelas IX atau XII. Hal tersebut membuat mereka melakukan cara yang curang, salah satunya membeli kunci jawaban yang tidak jelas sumbernya.
Sebagai seorang siswa SMA hendaknya kita peduli dengan permasalahan ini, agar nantinya kita tidak terjerumus pada hal yang sama. Selain itu dengan mempelajari persoalan ini diharapkan kita bisa meminamalisir kecurangan dalam pelaksanaan UN.
Salah satu faktor yang menyebabkan munculnya persoalan ini adalah, ketidakpercayaan diri seorang siswa. Sebenarnya mereka telah melakukan persiapan. Mulai dari pihak sekolah yang telah memberikan jam tambahan untuk mata pelajaran yang diujikan. Hal ini sangatlah bermanfaat untuk siswa-siswi, mereka tidak perlu mengeluarkan banyak biaya dibandingkan dengan mengikuti les-les di lembaga bimbingan belajar. Namun bagi mereka yang mampu, siswa-siswi ini masih mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah. Di bimbingan belajar ini siswa juga leluasa menanyakan materi yang belum paham, selain itu mereka juga di berikan cara-cara atau trik yang mudah dalam memecahkan soal. Sebisa mungkin lembaga bimbingan belajar mengusahakan agar siswanya lulus UN, bahkan ada yang memberi jaminan jika tidak lulus uang kembali 100%.
Beberapa hal tersebut di atas cukup membuktikan bahwa kepercayadirian siswa belum terbangun kuat, sehingga mereka merasa takut dalam menghadapi UN, padahal sebenarnya mereka mampu. Selain itu, siswa-siswi kurang mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa. Akibatnya hati mereka tidak tenang dan bisa terjerumus dalam kecurangan pelaksanaan UN. Kecurangan dalam UN bukan semata-mata pihak siswa saja, adapun oknum-oknum tertentu yang memanfaatkan kesempatan ini untuk mengeruk keuntungan, diantaranya dengan menjual kunci jawaban. Cara lain yang lebih menyakinkan adalah cara manual. Mereka ikut mengerjakan soal UN pada saat yang bersamaan, kemudian dalam beberapa menit sebelum bel ujian selesai berbunyi, kunci jawaban sudah dikirimkan melalui pesan pendek atau sms. Dengan uang puluh ribuan sampai ratusan ribu sudah bisa mendapatkan kunci jawaban ini. Bahkan dalam sebuah kesaksian, hanya dengan Rp.13000,00 saja bisa mendapatkan kunci jawaban semua mata pelajaraan yang di ujikan. Meskipun harga ini tidak menyakinkan namun banyak pula yang membelinya karena yang mengerjakan soalnya adalah siswi peserta olympiade yang saat itu juga sebagai peserta UN, jadi keakuratan jawabannya sudah bisa dipastikan. Fakta lain seorang guru membantu mengerjakan soal muridnya, kemudian disebarkan lewat sms atau kertas yang disalurkan dari meja ke meja, hal ini dilakukan oleh guru yang sedang mengawasi jalannya UN tersebut.
Banyak dampak yang ditimbulkan kecurangan ini. Seorang guru bisa di pecat dari jabatannya sebagai PNS jika terbukti bersalah, bisa juga dipidanakan, begitu pula dengan oknum-oknum yang terkait jika tertangkap. Dampak bagi siswa yang paling merugikan adalah tidak luus, karena tertipu oleh kunci jawaban yang salah atau palsu.
Untuk menghindari semua kemungkinan kecurangan dalam UN, pihak kepolisian sudah melakukan penjagaan secara ketat, dari penggandaan soal sampai dengan pendistribusian soal.
Dari wacana di atas kita bisa mengetahui sejauh mana sebenarnya kualitas pendidikan kita. Ujian Nasional adalah salah satu cara untuk mengetahui kualitas pendidikan di Indonesia. Namun hasil menjadi tidak valid jika terjadi banyak kecurangan seperti ini. Untuk itu, marilah kita berlaku jujur. Bekerjalah sesuai kemampuan kita, berusaha maksimal serta tak lupa memohon kepada Tuhan.

kelompok:
Astri Dyas P. ( 03 )
Kholiffatul B. ( 17 )
Megarista ( 19 )
Onesimus T. ( 23 )
Sekar Zulfa A. ( 29 )
Yonathan S. ( 34 )
X RSBI 4

Anonim mengatakan...

Kelompok 5
X-2

Arni Susanti (08)
Ellena Rachma K (14)
Ign. Indra (19)
Jaqueline S (22)
Shinta M (31)
Windya P (33)

Tema: Tugas via Blog


Pada era globalisasi ini, internet sudah menjadi salah satu kebutuhan hidup manusia. Beberapa situs

jejaring sosial seperti facebook, plurk, blogspot, dan ning terus bermunculan. Situs tersebut

menyediakan fitur istimewa bagi penggunanya, salah satunya adalah blogspot.com yang menyediakan

fitur blog sebagai layanannya.

Tujuan blog adalah memudahkan seseorang untuk memposting, mengirim, menambahkan gambar

atau tulisan. Di kalangan pendidikan, blog dimanfaatkan untuk pengiriman tugas sekolah. Dengan

menggunakan blog, siswa diharapkan mampu menggunakan teknologi jaringan internet.

Adanya blog disebabkan oleh beberapa faktor pendukung. Faktor tersebut adalah kemajuan teknologi

dan perkembangan jaman. Kedua faktor pendukung itu cenderung berkembang pesat, sehingga

menyebabkan seseorang selalu ingin menciptakan sesuatu yang lebih modern atau canggih. Orang

berpikir, dengan menggunakan blog, segala informasi dapat diakses dengan mudah dan cepat.

Penggunaan blog sebagai sarana kelangsungan pendidikan, memberikan dampak positif dan negatif.

Dampak positif dari kegiatan tersebut adalah adanya kemudahan bagi guru pengajar untuk

memberikan tugas bagi para siswa, meskipun pada hari libur. Sedangkan dampak negatif saat

menggunakan blog adalah tidak terkirimnya suatu tugas dikarenakan kesalahan pada jaringan internet.

Mencari situs blog lain yang tidak terlalu banyak memiliki pengguna, merupakan suatu solusi untuk

mengatasi adanya kemungkinan terjadi suatu kesalahan pada situs yang digunakan.

Jadi, pada era globalisasi ini banyak orang yang ingin menggunakan hal baru yang lebih modern,

seperti blog. Seseorang membuat blog untuk berbagai kegiatan sesuai dengan kebutuhan.

Sebaiknya dilakukan pembatasan kuota oleh server blog. Pembatasan tersebut dapat dilakukan dengan

membatasi jumlah pengguna blog, yaitu hanya mencapai jumlah tertentu, seperti hanya menyediakan

1200 blog. Hal itu dilakukan untuk menghindari dampak negatif yang tidak diinginkan.

Anonim mengatakan...

Kelas X SBI-4

Nama kelompok:
1. Dendisa Ageng (09)
2. Gloria Putri (13)
3. Hardian Lasena (14)
4. Kristi Yosia (18)
5. Risna Ainun (27)
6. Thio Dimas (30)


Fatwa Haram Rokok

Dewasa ini banyak orang yang meninggal akibat mengonsumsi rokok. Rokok menyebabkan mereka menjadi pecandu berat. Kondisi ini diperburuk dengan semakin meningkatnya angka pengguna rokok mulai dari anak-anak sampai dewasa, disamping itu rokok mempunyai banyak kerugian. Hal ini menyebabkan Muhammadiyah mengeluarkan fatwa haram rokok.
Ada banyak faktor yang menyebabkan rokok diharamkan, salah satunya adalah dalam agama yang sudah diajarkan bahwa kita tidak boleh merusak hidup kita. Sedangkan rokok bersifat merusak tubuh karena kandungan nikotin yang dapat menyebabkan kecanduan. Rokok juga dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti kanker, paru-paru, dan gangguan pernafasan.
Dampak yang ditimbulkan dari pengharaman rokok pun tidak sedikit. Misalnya, timbul keresahan dari masyarakat yang menjadi perokok aktif, pengangguran pun semakin bertambah dengan adanya pemutusan hubungan kerja yang dilakukan oleh perusahaan rokok.
Menurut kami penyelesaian yang tepat sebaiknya Muhammadiyah melakukan sosialisasi tentang bahaya merokok kepada masyarakat. Selain itu, dapat juga dengan cara melakukan terapi perokok. Terapi ini dilakukan agar perokok dapat berhenti merokok sedikit demi sedikit. Dengan terapi rokok diharapkan perokok yang seharinya mengonsumsi 5 bungkus rokok, setelah diterapi intensitasnya akan berkurang dan akhirnya terbebas dari rokok.
Kesimpulan dari permasalahan tersebut, rokok memang sebaiknya diharamkan karena terbukti mempunyai banyak kerugian. Dengan adanya fatwa tersebut, diharapkan mampu mengurangi angka kematian akibat mengonsumsi rokok.
berdasarkan wacana diatas tembakau yang digunakan sebagai bahan pembuat rokok dapat diubah menjadi inovasi baru yang tidak merugikan masyarakat. Seperti tembakau kering yang dapat diubah menjadi vas bunga, bingkai foto, karpet, dll. Dengan demikian, perusahaan pembuat rokok tidak terancam gulung tikar dan melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap pegawainya.

Anonim mengatakan...

Kelas : XSBI2
Anggota Kelompok :
1. Anastasia Intan K. (05)
2. Andromeda F.A. (06)
3. Eka Nurul Azizah (12)
4. Faisal Yanuar A. (15)
5. Intan Saraswati R.S. (20)
6. Muhammad Arief Ichwani (27)
7. Yusuf Sutan Deo (34)



JEJARING SOSIAL FACEBOOK

Facebook mempunyai banyak peminat, mulai dari kalangan anak-anak, remaja, bahkan sampai orang tua pun memakainya. Dari kejadian ini menimbulkan banyak pendapat pro dan kontra mengenai facebook.
Dalam penyusunan artikel ini bertujuan untuk menjelaskan manfaat dan kerugian facebook di kaangan masyarakat luas yang memakainya.
Selain memiliki banyak fungsi yang positif, facebook juga di manfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan tindakan kriminal, misalnya : penculikan dan penipuan. Disamping itu facebook juga membuat para pelajar melupakan tugas utamanya.
Dampak yang ditimbulkan dari jejaring sosial ini tidak hanya dalam hal positif seperti mencari teman, berbisnis, atau menyebarkan informasi. Tetapi dampak yang lebih ditimbulkan oleh situs pertemanan yang sedang ramai ini adalah kerugian penggunanya akibat penipuan, hilangnya orang-orang yang disayangi karena kekurang hati-hatian terhadap orang yang baru saja dikenal,dan juga banyak pelajar yang lebih mengutamakan facebooknya dari pada meluangkan waktunya untuk belajar.
Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti pada dampak-dampak diatas, maka perhatian dan pengawasan orang-orang terdekat seperti orang tua sangat diperlukan. Penyuluhan tentang manfaat dan akibat penggunaan facebook juga penting untuk disampaikan. Di samping itu, sebaiknya kita tidak mudah mempercayai orang yang baru kita kenal.
Kesimpulanya, facebook mempunyai banyak manfaat dan kerugian. Maka dari itu, kita sebagai pengguna facebook diharapkan lebih hati-hati dalam pengoperasiannya.
Oleh karena itu, sebaiknya kita mengurangi waktu untuk bermain facebook.Lebih baik kita memanfaatkan waktu luang untuk melakukan hal-hal positif lainya seperti belajar, tidur/istirahat, olahraga atau menyalurkan hobi yang lebih bermanfaat.